:hammer: KLM ma PAN AM nya sama2 ngantri mau take off.. Si KLM minta izin take off, semula diizinkan, tapi keburu dibatalin ma tower, suruh nunggu karena si Pan Am kasih tau tower dia belum selesai taxi.. Nah, perintah nunggu nya ga kedengar kali ma KLM, jadi dia ngebut aja mau take off..
Ga bisa disalahin gan, soalnya Pan Am kasih tau dia lagi taxy, ATC nyuruh KLM tunggu dulu, entah kenapa kurang tersampaikan. Lagipula saat itu belum diterapkan ground radar. = Jadi ingat tragedi Garuda di sumatra tahun 97. Pas kabut tebal, ATC "keliru" kasih instruksi. Belok kiri dan k...
Salah satu faktor yang menimbulkan bencana ini adalah KLM yang ngisi bahan bakar sampai penuh (akibat penerbangan yang di tunda), jadinya pesawat lebih lambat naik dalam take off.. Klo ga, ada kemungkinan KLM dah di atas PAN AM pas di titik temu.. Namanya takdir gan, sebab akibatnya adaaa aja..