Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asbenashoyAvatar border
TS
asbenashoy
4 Alasan Ane Mengapa HokBen Menjadi Produk Asli Indonesia Yang Inspiratif


Halo agan sista semuanya, apa kabarnya nih. Ane Asbenashoy kembali lagi disini. Hari ini ane juga datang dengan thread terbaru nih gansist. Nah, kali ini ane akan membahas soal hal hal keren dari Indonesia yang pastinya TASTETHELOCAL. Bukan soal alamnya yang keren ataupun kelakuan netizennya yang naudzubillah, ane akan membahas soal INSPIRING PRODUCT asli Indonesia. Yap Produk / Brand ini merupakan salah satu brand besar asli Indonesia yang bisa berjaya di dunia kuliner nih gan. Brand ini adalah Hokben. Hokben banyak dikira sebagai brand Jepang karena menjual berbagai makanan khas Jepang dengan rasa yang bisa dibilang "mirip" makanan jepang asli. Padahal brand ini adalah brand asli Indonesia. So, ane hari ini akan membahas soal 4 Alasan Ane Mengapa HokBen Menjadi Produk Asli Indonesia Yang Inspiratif. Dalam thread MLDSPOTKONTENHUNT yang merupakan event kolaborasi KASKUSXMLDSPOT.

1. Menjadi Trend Setter Dan Pionir Di Dunia Dunia Kuliner Indonesia



Pertama, soal awal pendirian dari restoran hokben ini. Kini, sangat banyak tersedia restoran fast food di Indonesia. Mau yang bernuansa amerika, jepang, dan korea juga ada. Nah, dulu restoran restoran fast food itu kebanyakan datang langsung dari luar negeri yang melebarkan sayap ke Indonesia. Namun beda dengan hokben. Saat itu, hampir belum ada restoran fast food dengan makanan ala ala Jepang. Dan di tahun yang sama sekali belum modern di Indonesia yaitu tahun 1985, seorang Pria Indonesia bernama Pak Hendra Arifin memulai bisnis kuliner fast food dengan makanan Jepang. Dari awal pak Hendra mendirikan restorannya, Hokben selalu menjual makanan ala jepang dengan rasa yang bisa dikatakan cukup mirip dengan makanan jepang asli terutama bento dengan harga yang murah. Selain menjadi pionir di ranah kuliner jepang, Hokben juga menjadi pioner "delivery" makanan di Indonesia.

2. Menjadi Brand Besar Melalui Proses Yang Sangat Panjang



Selanjutnya di nomor dua ini ane akan membahas soal salah satu hal yang ane sempat ane mention di point pertama. Yap, soal tahun pendirian Hokben. 1985. Bisa dibilang tahun 80an menjadi tahun yang belum terlalu mudah untuk mendirikan bisnis, apalagi untuk soal promosi. Karena internet maupun tv belum semaju sekarang. Namun mulai dari kecil, pak Hendra terus kerja keras untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk melebarkan sayap pun, Hokben memerlukan waktu yang cukup panjang. Setelah 5 Tahun, barulah Hokben berhasil membuat outlet di luar Jakarta yaitu di Bandung, dan kini Hokben memiliki 150 Outlet di seluruh Indonesia. Dengan ini ane belajar, kalau kita setia sama proses yang panjang maka kita akan berhasil menuai hasil yang luar biasa. Ketekunan ini yang bisa banget diteladani oleh para pemula bisnis lokal.

3. Gak Kalah Saing Sama Restoran Asing Yang Datang Ke Indonesia



Berikutnya, soal eksistensi dan kekuasaan HokBen dipasar Indonesia. Dan Hokben juga bisa menjadi gambaran dari "berkuasa di tanah sendiri". Bediri sejak 1985, Hokben tentunya sudah memiliki fondasi yang kuat dalam memiliki bisnis di pasaran. Namun, sebagai Brand Besar, Hokben pun didatangi oleh saingan yang cukup berat, yap Yoshinoya. Bisa dibilang Yoshinoya adalah brand yang baru datang beberapa tahun ke Indonesia. Namun, Yoshinoya adalah brand yang sudah memiliki nama besar karena merupakan salah satu restoran bento asli Jepang tertua di dunia. Namun, Hokben sebagai brand lokal tak kehilangan tempat. Mereka masih bisa bersaing dengan ketat dengan Yoshinoya dan bahkan peminatnya lebih banyak, karena cita rasa makanan di Hokben lebih cocok dengan lidah orang Indonesia tanpa menghilangkan "khas jepangnya". 

4. Bisa Bertahan Dan Terus Berkembang Pasca Krisis Moneter



Dan point terakhir, ane akan membahas soal perjuangan yang dijalani hokben. Setiap perusahaan raksasa mempunya cerita jatuh bangunnya masing masing, tak terkecuali Hokben. Sebagai brand yang lahir sebelum krismon, Hokben juga menjadi perusahan yang kena imbas dari krisis besar yang melanda negara kita. Berbagai perusahaan besar mengalami kejatuhan besar hingga krisis karena terjadinya masalah ekonomi ini. Alhasil banyak sekali yang sampai mengurangi tenaga kerja bahkan bangkrut. Namun, Hokben tidak mengambil langkah yang sama, karena mereka yakin kalau mengurangi jumlah tenaga kerja lewat PHK tentu akan menambah masalah. Mereka pun berusha untuk mempertahankan tenaga kerja mereka tanpa melakukan perampingan di tahun 1998. Berjalan di kondisi yang cukup sulit, ditambah jumlah pengunjung yang berkurang gak membuat hokben mati. Karena perjuangan itu, Hokben bisa melewati masa yang sulit ini dengan hasil yang manis. Kini, pasca krismon Hokben selalu mengalami pertumbuhan sekitar 5% - 10%.

Sumber :

Opini Pribadi

Google Images



sebelahblogAvatar border
Stephen.cauAvatar border
Stephen.cau dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.1K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan