Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nanajsptAvatar border
TS
nanajspt
Pengalaman pribadi dengan Vixion Home Solution
Pertama-tama saya ingin menginformasikan bahwa, saya sama sekali tidak kenal dan tidak tau siapa orang di balik nama toko tersebut.
Saya pun membagikan pengalaman ini ke agan-agan karena dari hati, bukan karena perintah, perjanjian, maupun sebagainya.

Saya mulai cerita pengalaman saya. Tidak tau apakah ini pengalaman baik atau buruk, karena semua campur aduk menjadi satu.

Tujuan saya membagikan pengalaman ini, karena bagi saya ini sangat berharga, dan bisa menjadi pertimbangan buat agan-agan sekalian untuk memilih tempat maupun produk elektronik yang kebelet agan inginkan.

Pada tanggal 07 Januari 2019,
Saya membeli TV LED DIGITAL 50inch merk X di toko tersebut, melalui ecommerce yang iconnya berwarna merah dengan text berwarna putih.

Saya sangat tidak puas dengan QC (Quality Control) pabrikan tersebut. Ya, pabrikan! Karena toko tidak mungkin melakukan QC, sebab dus tersegel dengan segel pabrikan.

Saya mendapati layar/panel LED tv baru saya tersebut menampilkan "Led Bright Bleeding" atau yang lebih dikenal dengan "Backlight Bleed" oleh penikmat TV LED berukuran besar.
Sangat banyak, ada 5 bagian di bawah, 1 di samping kiri, 1 di atas.

Saya pun mengeluh atas produk ini kepada CS pabrikan dan toko di hari berikutnya (08 Jan 19). Sangat gesit melebihi gesitnya respon CS pabrikan, toko memberikan solusi utk mengganti unit dengan unit baru, tanpa dikenakan biaya ongkir.

Besoknya, tanggal 09 Jan 19, unit baru pun datang. Unit baru, merk dan ukuran yg sama. Wow, kecewa saya menjadi beranak, di unit baru pun terjadi masalah yang sama. Hanya saja areanya tidak sebanyak yang ada di unit sebelumnya. Dan parahnya lagi, di unit baru ini saya dapati 3 lobang baut yang tidak terisi. Bagaimana bisa TV LED ini lolos QC dengan kekurangan 3 buah baut pada bodi? Sungguh malpraktek jabatan untuk petugas QC yang bersangkutan.

Saya tidak komplain ke toko lagi, tapi hanya ke CS pabrikan. Kemarin (14 Jan 19) teknisi pabrikan datang, membongkar, merakit ulang. (Awalnya seperti memberikan kode untuk menolak, karena dia sempat bilang ini normal tidak rusak. Setelah kalimat menjadi paragraf, baru kemudian dia blg klo ini lalai dalam perakitan. Ya, itu maksud saya. Karena beberapa x ganti tv, sy tidak pernah mengalami hal ini. Dan akhirnya pun dibongkar).
Jreng jrenggg Backlight Bleed berkurang drastis. Banyak yang hilang sempurna, tapi ada bagian yang tidak hilang, hanya saja menipis. Saya cukup puas.

Namun ketika saya teliti ulang, kecewa saya beranak untuk kesekian kalinya. Setelah dilakukan perbaikan oleh teknisi pabrikan, di panel led muncul 3 buah titik dead pixel (hitam) dan 1 buah titik stuck pixel (merah). Stres, pusing, kecewa dan marah. Malam itu sy kontek kembali teknisinya. Karena sebelum pergi, dia ada meninggalkan nomor hp dan bilang : kalau ada apa2, kontek saya aja.

Saya hubungi melalui wa malam itu, 2 checklist biru sampai pagi. Lalu saya hubungi kembali CS pabrikan.

14 Jan 19 (malam) sampai 15 Jan 19 pagi, Saya komplain lagi ke CS pabrikan. Dan saya terpaksa juga komplain lagi ke toko vixion dengan hati tidak enak karena banyak komplain.

Toko memberikan solusi untuk tukar unit lagi. Sedangkan CS pabrikan banyak bolak balik kata. Bahkan seolah menyudutkan saya karena tidak memiliki form detail kerusakan sebelumnya yg seharusnya diberikan oleh teknisi.

Namun, ketika saya bilang kepada CS "loh itukan standarisasi internal perusahaan kalian. Saya sebagai konsumen tidak tau SOP seperti apa yg kalian berikan. Dan sekarang bapak menginformasikan bahwa SOP nya ada yang seperti itu, kalau dari awal saya tau, pasti saya minta, tanpa perlu dikasih duluan. Gimana bisa konsumen tau SOP internal?"

CS pun terdiam.

Saya lanjutkan bahas permasalahan ini dengan toko. Dari awal toko sudah memberikan solusi terbaik (untuk ganti unit LAGI, tanpa dikenakan ongkir).

Untuk mencegah hal ini terjadi kembali, saya mengajukan tukar merk ke toko.
Dan untungnya, ketika saya mengajukan pergantain merk untuk unit baru, toko memperbolehkan saya untuk mengganti pilihan merk. Saya tidak ingin merk dan tipe yg sama karena saya sudah jera dengan merk tersebut. Akhirnya saya deal menambah dana sekian ratus ribu untuk berganti ke merk dan tipe yg lain. (Merk tsb emang harganya lebih mahal ketimbang merk sebelumnya, saya pun telah melakukan cek harga).

Hari ini 15 Jan 19, belum ada 1x24jam, unit tv baru dengan ukuran sama, namun dengan merk yg berbeda telah sampai ke saya sekitar jam 14.30.

Gesit sekali. Sangat berada jauh di luar ekspektasi saya sebagai end user, melebihi harapan saya. Bagaimana bisa toko lebih bertanggung jawab ketimbang CS pabrikan? Pagi bahas, siang langsung diantar. Padahal posisi toko di Jakarta Utara, saya di Jakarta Barat. Sungguh menyita waktu untuk menjadwalkan pengantaran barang apalagi mendadak.

Alhasil, unit baru saya terima dan nikmati tanpa masalah. Merk lokal negara kita, dengan harga lebih mahal beberapa ratus ribu dibanding merk sebelumnya. Walaupun lebih mahal, tapi kualitas FULL HD nya tidak sebagus merk sebelumnya. Kalah tajam, kalah jernih.

Tapi tidak mengapa untuk saya. Karena saya sudah sangat puas barang ini sy terima tanpa kendala, ditambah lagi dengan garansi nya 5x lebih lama ketimbang merk sebelumnya. Mungkin harus kita akui, kualitas FULL HD buatan lokal dari sananya tidak sebagus buatan negeri seberang.

Dari awal saya membeli unit tv pertama di Vixion Home Solution, bukannya saya tidak cek harga, dan bukannya saya tidak cek reputasi. Saya cek semuanya, karena itu penting buat saya untuk menetapkan hati dalam memilih toko.

Untuk merk unit pertama, di e-commerce merah tersebut, saya akui, di daerah jakbar pun ada yg lebih murah 200rb dari harga yg dijual oleh Vixion Home Solution. Tapi reputasi tak se-menjanjikan Vixion. Karena reputasi, saya akhirnya memilih yang jauh (jakut) dan lebih mahal 200rb.

Awalnya saya cukup berpikir, 200rb bisa untuk kepentingan lain.

Tapi ternyata, 200ribu tidak sebanding dengan pelayanan yang diberikan, sangat murah dan tidak berarti apa2 jika dibandingkan dengan/untuk pelayanan yang super mewah, super siaga dan ramah dalam merespon, super menyamankan konsumen, super memberikan rasa aman pada konsumen, super bertanggung jawab. Pelayanan sangat memuaskan.

Tapi untuk merk unit baru dengan merk berbeda yang baru saya terima tadi sore, harga di Vixion hanya lebih mahal 50-75rb ketimbang lapak sebelahnya.

Ketika unit baru datang diantar sopir, kemudian saya menginformasikan kepada Vixion melalui ecommerce. Pihak Vixion pun sempat mengucapkan kata "terima kasih ya gan, dan maaf gan atas ketidaknyamanan nya kemarin".
Ini sih gila loh.. justru sy yang harus minta maaf banyak2 karena sudah merepotkan berkali2. Dan seharusnya sy yg harus berterima kasih banyak2 karena kendala2 ini mau ditangani sampai selesai dengan SOLUSI TERBAIK oleh Vixion Home Solution.
Sungguh profesional, bahkan menurut saya lebih profesional ketimbangan pelayanan yang diberikan pabrikan.

Di penghujung kisah pengalaman saya ini, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada toko Vixion Home Solution, maaf saya tidak menyebut nama, bukan karena sengaja atau takut dikira promosi, tapi saya pun tidak tau namanya siapa.

Dan ingin menyampaikan kepada kaskuser bahwa :
Pengalaman saya ini sangat2 epic, super rare. Toko mana yang mau menangani hal yang seperti ini berulang kali dengan orang yang sama, produk yang sama? Toko mana yg memberikan gratis ongkir antar jemput utk me-replace unit? Toko mana yg masih respon dengan ramah di tengah malam atas keluhan2 dari kendala yang konsumen hadapi? Toko mana yg memberikan pelayanan segesit ini? Seumur-umur saya membeli barang eletronik apapun bentuknya, baru Vixion Home Solution yang sangat memberikan kepuasan. Benar2 home solution!
Pernah saya membeli suatu barang elektronik di toko X, ada kendala, malah toko X memutar2 kata seakan memberi kode keras bahwa "itu urusan lu, gw untung ga seberapa, itu resiko lu, lu komplain lah sendiri, kan ada garansi". Dan semua rata2 toko seperti itu kan? Kaskuser pasti sering atau pernah mengalami nya. Makanya saya bilang, pengalaman saya ini, super rare.

Melalui sharing pengalaman ini saya juga merekomendasikan toko vixion home solution buat agan2 yg kebelet untuk membeli elektronik dengan pelayanan memuaskan yang terjamin. Toko sepertinya ada di Lodan Raya, Jak-Ut. Tapi saya tidak tau letaknya dimana, jarang ke daerah sana. Tapi bisa cek toko tersebut di ecommerce merah, hijau, dan orange. Kebetulan saya beli di ecommerce merah.

Kita sebagai konsumen, seolah diberikan janji jiwa. Diberikan keamanan. Jiwa tenang, pikiran tenang, tanpa perlu khawatir. Saya adalah wujud saksi hidup dari pelayanan Toko Vixion Home Solution.

Saya juga ga dibayar sepeserpun untuk sharing ini, tapi ini bentuk terima kasih saya kepada mereka.

Ohya, tadinya andai dari toko dan pabrikan tidak memberikan solusi ganti unit (krn utk kasus ini, harus ganti unit, sebab penyakitnya sudah berupa dead pixel di panel, yang artinya sudah tidak ada obatnya), saya sudah berencana mau meneruskan cerita ini dengan bukti2 terkait ke ombudsman RI. Agar QC pabrik perakitan merk tsb di investigasi. Tapi karena sudah diberikan solusi terbaik dari toko, WALAUPUN bukan dari pabrikan, saya sudah sangat terobati. Toko lebih bertanggung jawab, ketimbang pabrikan yg tidak memberikan solusi terbaik. Kata terakhir dari pabrikan adalah "nanti kami infokan lagi".
Sangat jauhhhhhhhhhhhh berbeda dengan pelayanan toko.




Info buat kaskuser :
Backlight bleeding / led bright bleed adalah keluarnya cahaya dari sinar Led Strip yg berada di belakang panel melalui celah-celah bodi. Hal ini bisa disebabkan karena ada baut di dalam maupun di badan bodi yang terlalu kencang dan yg terlalu kendor. Jd daya tutup bodi tidak maksimal. Serta daya tekan bodi ke panel menjadi lebih tertekan di beberapa bagian. Hal ini bukan kerusakan, hanya saja QUALITY CONTROL yang buruk dalam perakitan dan final test and checking.

Deadpixel adalah ..... Semua sudah tau ya pasti.

Stuck pixel adalah ketidakmampuan/matinya satu atau beberapa pixel di area tertentu, warna yang dihasilkan stuck pixel biasanya merah, hijau, atau sejenisnya. Berbeda dengan bright pixel yg berupa bercak. Dan stuck pixel tidak akan menyebar.

Diubah oleh nanajspt 15-01-2019 16:32
0
2K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan