a70n98Avatar border
TS
a70n98
Berhenti Langganan IndiHome, Telepon Rumah Juga Dicabut?
Berhenti Langganan IndiHome, Telepon Rumah Juga Dicabut?



KOMPAS.com —Layanan Indihome Telkom kini seolah menjadi bumerang bagi pengguna yang ingin berhenti berlangganan. Pasalnya, jika ingin berhenti layanan internetnya, maka semua produk Telkom yang ada akan dicabut, termasuk telepon rumah.

Keluhan ini mulai muncul setelah pelanggan Indihome ingin berhenti berlangganan paket internet, menyusul pemblokiran Netflix dan penerapan kebijakan FUP atau afir usage policy) yang dikeluarkan Telkom baru-baru ini.

"Berhenti langganan Telkom Indonesia Indihome = Berhenti internet, berhenti tv, dan.. Cabut line telepon, dan no telepon 20 tahun lebih hangus gitu aja.." tulis Ridwan Fariz di jejaring sosial Facebook pada Senin (1/2/2016) malam.

Dengan demikian, jika ingin berhenti berlangganan internet, maka pelanggan Telkom Indihome dipaksa untuk melepas layanan lain, seperti TV kabel dan sambungan telepon.

Padahal, telepon rumah masih dibutuhkan oleh pelanggan, dan nomor telepon itu telah dimiliki selama puluhan tahun. Tak hanya pelanggan rumahan, pelanggan perkantoran pun juga mengalami hal yang sama.

Kepada KompasTekno, Fariz menjelaskan, ia telah menghubungi Telkom di nomor 147. Customer service mengatakan, jika pelanggan ingin berhenti berlangganan Indihome, maka semua layanan Telkom akan dicabut, berikut pengambilan barang yang dipinjamkan.

"Yang parah adalah nomor telepon juga akan dinonaktifkan dengan alasan semua sudah terintegrasi," kata Ridwan kepada KompasTekno melalui pesan WhatsApp, Selasa (2/2/2016) pagi.

Bumerang Triple Play

Blunder Telkom ini muncul akibat paket Triple Play yang ditawarkan Telkom. Triple Play adalah paket yang memberikan koneksi internet, TV kabel, dan sambungan telepon menjadi satu.

Seperti diketahui, Telkom telah memigrasikan jaringan teleponnya dari kabel telepon pada umumnya ke jaringan kabel fiber optic sepanjang 2015 lalu.

Kabel fiber itu juga yang dipakai untuk menyalurkan layanan internet dan TV kabel.

Pelanggan yang komplain karena sambungan telepon juga akan diputus saat ingin berhenti berlangganan internet merasa ditipu karena sejak awal tidak ada penjelasan dari tenaga pemasaran Indihome.

"Pihak marketing tidak menginformasikan hal ini, iming-iming promo saja," kata Ridwan.

Operator 147 Telkom dikatakan Ridwan juga tidak bisa membantu karena peraturannya memang demikian, dan terkesan menyalahkan pihak marketing di lapangan.

Anehnya, Ridwan mengaku telah mengajukan komplain ke kantor Telkom, dan ternyata petugas di kantor tersebut menjelaskan bahwa pengguna nomor lama masih bisa berhenti berlangganan Indihome tanpa pencabutan sambungan telepon.

Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada komunikasi yang jelas antara pihak Telkom pusat dan Telkom di daerah karena memberikan keterangan yang berbeda.

KompasTekno telah mencoba menghubungi pihak Telkom, tetapi belum mendapat balasan hingga tulisan ini dinaikkan.

Namun, di FAQ Indihome, tepatnya di nomor 33, Telkom menulis bahwa bila pelanggan memutuskan untuk berhenti berlangganan, maka otomatis layanan akan berhenti, termasuk layanan Triple Play, seperti internet, interactive TV, dan telepon.

"Seluruh perangkat Telkom yang terdapat di pelanggan akan diambil kembali oleh pihak Telkom," demikian dituliskan pihak Telkom.

Sumber :
http://tekno.kompas.com/read/2016/02....Juga.Dicabut.

FAQ IndiHome 33 :
33. Apakah saya bisa berhenti berlangganan IndiHome? Apa saja syarat dan ketentuannya?

  • Pelanggan dapat berhenti berlangganan dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada Telkom, untuk selanjutnya dilakukan proses administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Pelanggan (eks pelangan) tetap bertanggungjawab untuk melunasi tagihan IndiHome yang menjadi kewajiban pelanggan kepada Telkom.
  • Bila pelanggan memutuskan berhenti berlangganan, maka otomatis layanan akan berhenti (layanan Triple Play seperti internet, interactive TV dan phone serta add on/fitur IndiHome otomatis tidak bisa digunakan) dan seluruh perangkat Telkom yang terdapat di pelanggan akan diambil kembali oleh pihak Telkom.
  • Untuk pelanggan non IndiHome (telepon dan atau internet) dapat berhenti berlangganan sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi 147 atau Plasa Telkom terdekat.

Sumber:
http://www.indihome.co.id/faq

Sebelumnya yang juga ada perubahan FAQ 32 :
32. Apakah ada Fair Usage Policy pada layanan IndiHome?

Telkom memperhatikan dan peduli terhadap penggunaan layanan Internet secara tidak wajar (fair usage) sehingga Telkom berhak mengelola penggunaan bandwidth pelanggan agar tetap berkualitas, serta berhak mengurangi kecepatan atau menghentikan layanan IndiHome untuk pelanggan yang penggunaannya tidak wajar. Salah satu contoh penggunaan tidak wajar adalah semua bentuk reselling dari layanan IndiHome.

Keterangan:
1. Bila batas Fair Usage belum tercapai maka kecepatan yang dinikmati adalah 100% sesuai paket yg dipilih.
2. Untuk perbandingan, 300 GB setara dengan menonton film kualitas SD selama 1800 jam atau 1200 film. Atau setara dengan nonton film kualitas HD setara 300 jam.
3. Ketentuan Fair Usage ini berlaku bagi seluruh pelanggan IndiHome.

Pengaturan Fair Usage paket 10 Mbps, 20 Mbps, 30 Mbps, 40 Mbps, 50 Mbps dan 100 Mbps.



Sumber:
http://www.indihome.co.id/faq

Artikel yang berkatitan :
Kecepatan IndiHome Berkurang Jika Kuota Lebihi Fair Usage Policy. Menguntungkan atau Merugikan Pelanggan ?
http://www.kaskus.co.id/thread/56ace...r-usage-policy


Harus hati-hati Gan klo berlanggganan IndiHome, sebaiknya gunakan line telp baru, jangan gunakan fix line rumah atau kantor yang sudah lama digunakan, agar nanti klo sudah stop langganan nomor telpnya tidak ikut tercabut.
Diubah oleh a70n98 02-02-2016 11:09
0
16.1K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan