cokro.tvAvatar border
TS
cokro.tv
KCIC Jual Rugi Tiket Kereta Cepat, Tarif Rp250.000 Selama 3 Tahun



Bisnis.com, JAKARTA - Tiket Kereta Cepat Jakarta–Bandung akan dijual Rp250.000 untuk jarak terjauh terlebih dahulu selama 3 tahun pertama. Padahal, harga normalnya adalah Rp350.000 untuk jarak terjauh, dan Rp150.000 untuk jarak terdekat.


Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan tarif Rp250.000 untuk 3 tahun pertama merupakan permintaan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Tujuannya, untuk menarik minat masyarakat pada periode awal pengoperasian kereta.


"Di tiga tahun pertama itu tarif Rp250.000. Tentunya, kami harapkan ini bisa menarik lagi, dan tidak ada subsidi. Jadi jual rugi selama tiga tahun," ujar Dwiyana pada Rapat bersama Komisi VI DPR, Rabu (23/11/2022).


Dwiyana menjelaskan bahwa penentuan tarif menggunakan dasar asumsi yang dihasilkan oleh Tim Polar Universitas Indonesia (UI) terkait dengan survei willingness to pay (WTP) penumpang.


"WTP itu tiket Rp350.000 stasiun terjauh, dan terpendek Rp150.000," terangnya.


Sebelumnya, Dwiyana sempat mengungkap bahwa Kereta Cepat baru akan bisa balik modal setelah 38 tahun dengan tarif Rp350.000 untuk jarak terjauh.


"Jadi sesuai perhitungan FS [feasibility study] itu [bisa balik modal] di 38 tahun," kata Dwiyana pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Rabu (9/11/2022).


Di sisi lain, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo meyakini nantinya volume penumpang Kereta Cepat akan meningkat ke depannya, kendati pasti akan menghadapi tantangan pada periode awal.


Dia mencontohkan studi lalu lintas (traffic) Tol Trans Jawa yang meningkat secara bertahap. Baca Juga : Jasa Marga (JSMR) Setor Rp1,29 Triliun Buat Proyek Kereta Cepat


"Pattern Tol Trans Jawa itu, begitu jadi [volume traffic] semua tol Trans Jawa melebihi dari target awal," terang Tiko.


Nantinya, Kereta Cepat Jakarta–Bandung akan dioperasikan dengan frekuensi 68 perjalanan sehari. Operasional kereta mulai dari pagi pukul 05.30 WIB sampai dengan 22.00 WIB.


Satu rangkaian kereta terdiri dari delapan gerbong dan terbagi tiga kelas yakni VIP (kelas 1 dan 2) serta kelas reguler.


Adapun Kereta Cepat Jakarta–Bandung ditargetkan beroperasi pada Juni 2023. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mencatat progres proyek sudah mencapai 80,4 persen.


https://ekonomi.bisnis.com/read/2022...selama-3-tahun
Author: Dany Saputra

Editor : Rio Sandy Pradana

Jual rugi 3 tahun, balik modal 38 tahun
dompetjadipeci
viniest
sc5
sc5 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.8K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
ArdaleneDanverAvatar border
ArdaleneDanver
#4
gw sih yakin potensi kereta cepat ini bakal prospek...

biarpun banyak yg mencibir harganya mihil atau mencibir mendingan ngetoll jkt bandung 2 jam juga nyampe...

alasannya harga bbm itu semakin naik bre cadangan migas makin langka, pada zamannya dulu travel jakarta - bandung itu cuma 45 ribu (mungkin 2012 kebawah) sekarang udah di 130 ribuan, bis primajasa soetta - bandung dulu cuma 70 ribu sekarang sudah 180 ribu lebih... dalam 10 tahun naik 2 kali lipat... itulah fakta migas

dan 2011 harga pertamax kisaran 7500 sementara 2022 udah di 14000, gw sih gak heran harga bbm pertamax di 2035 bisa aja di rate 30000 seliter, nanti 10 tahun lagi bisa saja travel jkt bandung di 300 ribuan...

sekarang bandingkan dengan krl jabodetabek, dari dulu harganya relatif stabil di kisaran harga 10 ribu rupiah...

trus yang bilang jakarta bdg cuma 2 jam ngetoll itu cuma buat orang masih sekolah atau belom kerja, kalo orang kerja atau udah family kebanyakan cuma bisa pas weekend, jkt bandung pas weekend bisa 5 jam

Diubah oleh ArdaleneDanver 23-11-2022 15:53
toa.sakti666
mang.tap
remium
remium dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Tutup