iskrimAvatar border
TS
iskrim
ATM Ini Lagi Banyak Dicari dan Viral? Padahal Nasabahnya Pilih E-Wallet!


Anjungan Tunai Mandiri (ATM) era 90an menjadi alat transaksi nasabah dengan bank yang populer dimasyarakat. Tanpa harus pergi ke bank untuk mengambil uang atau setor uang dengan mesin ATM semua nasabah terbantu karena hadirnya ATM ditengah masyarakat.

Namun sejak era digital semakin masuk dalam sendi kehidupan masyarakat dan penghematan kertas termasuk biaya perawatan dan pemeliharaan ATM mulai ditinggalkan. Transaksi pun semakin praktis dan aman melalui smartphone dimanapun nasabah berada.

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) memang semakin ditinggalkan tapi ATM yang satu ini menjadi dasar penting dalam membangun usaha atau melanjutkan suatu usaha agar usahanya semakin hidup dan berkembang. ATM sekarang seolah bertransformasi pelayanan menjadi bidang lain namun masih dalam lingkup bisnis dan ekonomi.

Istilah ATM yang sekarang ini semakin diburu dan dicari oleh pebisnis terutama pemula yang ingin selangkah lebih cepat berkembang usahanya yaitu dengan menerapkan stategi marketing yang disebut sebagai Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM), istilah ini sebetulnya sudah cukup lama tapi semenjak bisnis online merajalela banyak orang berbondong-bondong menjadi pengusaha online karena kemudahan dalam berbisnisnya.



Berbisnis di online pun sebenarnya tidak beda dengan bisnis konvensional, harus ada lokasi usaha, stok barang, pelayanan. Namun jika tidak dikelola dengan baik dan pelayanan yang kurang memuaskan cepat atau lambat akan ditinggalkan konsumen.

Pelaku usaha yang sadar biasanya mereka segera bangkit dengan menerapkan pola ATM tadi, mereka mencoba untuk mengamati, meniru, lalu memodifikasi usahanya seperti usaha sejenis yang lebih dulu sukses. Tidak ada yang salah ketika pelaku usaha menerapkan ATM ini selama bukan menjiplak produknya, nanti dibilang barang palsu!

Ya, ATM disini lebih kepada mengembangkan usaha dan strategi marketingnya, lebih luas dan secara umum lalu diambil bagian terpentingnya untuk diaplikasikan dibisnis kita. Contoh misalkan membuat produk turunannya, membuat harga lebih murah tapi dengan kualitas yang sama, membuat pelayanan lebih singkat tapi efektif dan lain sebagainya.

Sumber yang saya baca, ATM dalam berbisnis online itu harus bisa mengedukasi (membuat penasaran), membuat kontent tips dan trik yang menarik, membuat konten yang inspiratif, dan informatif.



Bukan itu saja, agar usaha atau produkmu lebih mudah ditemukan konsumen dilayar smartphonenya maka wajib menguasai Keyword yang sedang populer, foto produk lengkap dan sejelas mungkin, video produknya lengkap, copywriting dalam penulisan caption yang harus menarik calon pembeli, aktif dalam kegiatan promosi di marketplace adalah wajib dilakukan.

Banyak hal bisa dilakukan dengan menerapkan strategi ATM ini, intinya jika kamu menjalani satu usaha coba lihat kompetitormu yang sudah lebih dulu ada dan sukses dimata masyarakat, cari tahu kelebihan dan kekurangan mereka, langkah apa yang membuat pesaing kita mudah ditemukan konsumen, lalu buatlah produk lebih 'memuaskan' dan lebih efektif melalui pengamatan dan actionATM tadi. Semoga berhasil dan sukses, Aamiin.




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 23-07-2022 01:32
black.03
ran4urlife
makola
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
5
5K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
provocator3301Avatar border
provocator3301
#2
Sudah lama tidak pergi ke ATM
emoticon-Stick Out Tongueencet
iskrim
black.03
makola
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup