Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Sisi Gelap Jasa Kurir Ekspedisi yang Jarang Kita Sadari (Benci Tapi Rindu)


[ HT# 941 ]

Ibarat sayur tanpa garam, bisnis online yang kian diakui keberadaannya sebagai pasar modern bagi market dan pelanggan membuat jasa ekspedisi pengiriman seolah ketiban durian runtuh, usaha mereka pun kian tumbuh dan kian banyak persaingan.

Ekspedisi bertanggung jawab menangani barang pelanggan sampai tujuan sesuai alamat dengan pilihan jenis pengirimannya; mau pengiriman versi reguler, secepat kilat, dan sampai pengiriman dihari libur pun tetap ada ini demi kepuasan pelanggan dan memenangkan bisnis ekspedisi.



Kerja para ekspedisi mulai dari hulu sampai hilir sang kurir akan semakin overload ketika ada momen tertentu seperti harbolnas dan hari besar tiba. Semua sibuk memilah, mendistribusikan sesuai wilayah, mengepak hingga sering kerja lembur agar kiriman tepat waktu diterima pelanggan.

Namanya juga manusia ada saja paket salah masuk kategori wilayah, tercecer, dan sebagainya. Tugas mereka memang cukup berat karena dibutuhkan kosentrasi tinggi dan tenaga harus selalu prima. Kalau sampai drop kerja jadi tidak maksimal dan mendapat nilai jelek dimata pelanggan. Pelanggan tahunya barang sampai tujuan tanpa kendala, itulah gunanya ada jasa ini.



Kita sebagai pelanggan tentu sangat terbantu kehadiran mereka, barang bisa diterima meski jarak yang sangat jauh. Kita memang patut berterimakasih atas usaha dan keprofesionalan kerja mereka. Tapi sekali lagi, mereka juga manusia, bisa jadi ada 1 - 2 orang yang mungkin sedang 'lelah' dan kerjanya tidak sesuai standar kerja perusahaan akibatnya ada masalah saat pengiriman, ujung-ujungnya pelanggan dirugikan.

Beberapa kasus seperti segelan paket jadi rusak, paket diterima pelanggan rusak, barang hilang dalam pengiriman, tidak tepat waktu, isi paket di buka, kurir tidak ramah adalah hal yang pernah terjadi dan pernah dialami pelanggan.

Kerja mereka memang harus sesuai target, dalam 1 wilayah kerjanya seorang kurir harus bisa menyelesaikan semua pengiriman sampai ditangan pelanggan, banyak resiko yang mereka hadapi mulai saat pengepakan, resiko pengiriman di jalan, pengantaran paket tidak ada asisten yang menjaganya (barang hilang), tercecer jatuh di jalan, kesulitan menyerahkan paket ke rumah pelanggan karena mungkin ada hewan buasnya atau belnya rusak, rumah pelanggan sedang kosong, salah alamat sampai dimarahi pelanggan yang tidak mengenal apa itu fitur COD.



Ya, sisi gelap usaha ekspedisi ini memang lebih kemanusiawian selain pekerjaan mereka menguras tenaga mereka juga harus selalu ramah, teliti, cekatan, jujur dan bertanggung jawab meski setiap harinya para kurir harus bermacetan, kehujanan, kepanasan atau kendaraan mogok saat pengiriman. Pantang pulang sebelum barang di terima. Mereka adalah 'pahlawan amanah' tanpa tanda jasa. Tetap sehat dan semangat terus para pekerja dan kurirnya!




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 09-02-2022 13:50
embelgedess
screamo37
asamboigan
asamboigan dan 40 lainnya memberi reputasi
41
11.7K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
lunar1980Avatar border
lunar1980
#8
beberapa abad lalu saya memakai jasa ekspedisi. cukup ternama sebenarnya.
singkat cerita barang dari Batam ke Surabaya.
200 unit robot vacuum cleaner. dipacking oleh seller nya dengan baik.
dan sampai di tangan saya dalam wujud >8 unit dalam kondisi basah kuyup (bahkan di dalam mesin ada airnya).
Saya bingung ini SOP prosedurnya bawa barang gimana ya...untungnya ada asuransi dari marketplace, walau proses klaimnya dari pihak ekspedisi nanya bolak balik (kenapa ga cek history reportnya brader), sampai capek saya jelasinnya. akhirnya hampir 2 bulan proses asuransi kelar.

dan berikutnya pakai ekspedisi yang sama. kirim jam digital. sudah pakai pallet kayu (+asuransi). dan sampai di tangan saya agak curiga, kok pallet kayunya retak. Saya videokan unboxingnya dan ternyata benar kekhawatiran saya jamnya retak. proses asuransi dah.

heran...pallet kayu bisa retak....paket bisa basah kuyup kena hujan...apakah tidak ada tempat teduhkah ?

sekarang ogah pakai ekspedisi itu. coret dari daftar langganan kantor. hindari sebisanya, kecuali kepepet sekali.
jiresh
muhamad.hanif.2
EriksaRizkiM
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup