menurut hemat saya sih ga usah diapa2in udah keren. duitnya ditabung buat maintenance & repair seperti upgrade ban, persiapan ganti gearset, kampas rem, ganti oli mesin, kuras minyak rem, ganti oli shock, pake oli samping yang bagus, peremajaan bearing & oil/dust seal. ga usah main variasi a
kalo dibaca dari ceritanya sih RR ada yang problem di jalur sebelum koil. entah CDI atau spul. atau malah koilnya sendiri yang bermasalah. cara paling simpel sih tuker pasang kalau ga mau ribet ukur2. CMIIW
kondisi normalnya seperti ini kontak ON posisi N yang nyala OIL FUEL & N kontak ON posisi masuk gigi indikator di atas mati semua JIKA bahan bakar & oli samping terisi penuh JIKA bahan bakar berada di low maka indikator FUEL nyala walaupun masuk gigi JIKA oli samping berada di low maka indi
cek urutan pemasangan bidang kontak lubang exhaust dengan bibir knalpot kerataan clamp kerataan gasket keseimbangan torsi mur klem knalpot
berdasarkan referensi pribadi saya dengan base daily use riding mode normal semi synthetic 2t oil JASO FC RON 90 fuel ring piston sudah mengalami kerenggangan celah 0.2 mm di kilometer 6000 - 8000 konversi waktu dengan jarak tempuh rata-rata per hari 50 km hasilnya antara 5-6 bulan sekali lagi in...
camelbalap umur karet manifold berapa lama? clamp manifold kondisi bagaimana? ada kebocoran kecil di situ. bisa jadi karena karet sudah menua sehingga tidak lentur lagi, pemasangan karbu miring, atau clamp yang kurang sempurna CMIIW
murder reed cage bodi dari almu cor dengan lapisan karet pada bagian reed valve nya. karetnya itu yang aging bisa retak bisa gempil silakan dicermati masing-masing. output pompa oli ada 2 selang : 1 ke manifold. 1 lagi ke crankcase kiri tembus ke bearing seat kiri untuk melumasi bearing kruk as &
murder mekanismenya kurang lebih seperti itu. oli dari pompa bisa mengalir keluar tapi tidak bisa ke arah sebaliknya. letaknya di ujung selang yang keluar dari pompa oli. problemnya biasanya pegas lemah atau kotor. kalo beli spare part set selang karena ga dijual check valve nya doang. kode part...
murder halo Om :genits 1. agak ribet sih kalo cek one way valve. lepas selang dari manifold karbu, wrap kantong plastik kecil di ujungnya, diamkan seminggu. kalo per lemah oli pasti turun ke kantong plastik. selang satunya lagi mesti lepas magnet kalo mau cek. 2. reed cage ya rumah reed valve nya.
venividiwhisky 1. IMHO ada beberapa faktor yang menjadi variabel: berapa lama fuel disimpan di tangki SPBU, weather (temperature & humidity) di penyimpanan. Mabil angka aman 1-2 bulan. 2. so far paling efektif ya ultrasonic cleaner, paling mudah ya carb cleaner & wire cleaner
Halo Om Ganteng :betty CMIIW coba share beberapa kasus yang pernah nubie temui 1. bensin basi 2. PJ/MJ kotor 3. one way valve selang olsam sudah bocor 4. jarum pelampung aus 5. perubahan cuaca - minta jetting lagi 6. iridium punya fokus elektrode yang lebih kecil relatif lebih mudah engine start ...
selama tidak ada keluhan dengan powerband tidak perlu upgrade. Super KIPS lebih banyak komponen, lebih kompleks.
camelbalap 1.lebih amannya sih turun heat range dulu aja. test run sampe bisa kebaca businya. kalo masih kurang baru turun MJ. 2. ini parameternya sama persis semua kah? dari temperatur udara humidity dsb dsb. cuma busa filter doang? CMIIW
camelbalap yesss... dari beberapa kasus yg saya alami seperti itu. selisihnya 56°C cukup untuk merubah karakter BBM yg ikut ke mix. CMIIW
sesuai referensi masing2 aja. kalau menurut referensi oil makernya kan premix tapi yang namanya orang Indonesia suka bereksperimen akhirnya jadi injector via oil pump. udah berani pake Motul 800 via oil pump ya harusnya berani pake A747 juga sih IMHO :ngakak
dilihat dari kacamata siapa dulu ngeliatnya. dari kacamata pedagang BPJS sudah pasti jelas unggul blok OB kok. :ngakaks plusnya : *bisa dipakai berkali-kali dengan ganti liner *biaya pengerjaan untuk 1 kali ganti liner relatif murah (vs beli blok baru) *bisa pakai piston OS *diameter piston naik se