Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

beacuka1Avatar border
TS
beacuka1
Stafsus Sri Mulyani Ungkap Penelusuran Tas Enzy Bukan Disimpan Bea Cukai


Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengungkap hasil penelusuran terkait tas milik selebriti Enzy Storia yang tertahan. Tas yang berasal dari luar negeri itu tidak ditebus oleh Enzy karena nilai pajaknya disebut lebih tinggi dari harga barang.

Prastowo mengatakan Enzy telah memberikan keterangan lengkap terkait barangnya tertahan tersebut. Hasil penelusuran Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, barang berupa tas itu merupakan kompensasi atas kekeliruan barang atas pengiriman sebelumnya ke Enzy. Harga yang tercantum dituliskan di bawah sebenarnya.

"Karena merupakan hadiah, pengirim mendeklarasikan harga di bawah yang sebenarnya. Hal ini menimbulkan tambah bayar," kata Prastowo dalam cuitannya di X, dikutip Sabtu (18/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karena nilai barang yang tercantum lebih murah, maka petugas melakukan koreksi sesuai ketentuan dan referensi harga ritel. Karena pajaknya jadi lebih tinggi, Enzy meminta jasa pengiriman mengembalikan barang tersebut ke pengirim.

Prastowo menegaskan tas milik Enzy Storia tidak tertahan di Bea dan Cukai, melainkan berada di Perusahaan Jasa Titipan (PJT).

"Namun mengingat tidak ada mekanisme tersebut, maka barang tersebut sampai saat ini masih tersimpan dengan baik di gudang PJT, bukan dikuasai Bea Cukai," ungkapnya.

Terhadap kejadian ini, Prastowo mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak PJT untuk mempertanggungjawabkan atas tambah bayar yang ditimbulkan dan setuju melanjutkan penyelesaian barang kepada pengirim.

"Demikian penjelasan yang dapat disampaikan. Terima kasih teman2 Bea Cukai yang membantu dengan baik dan cepat. Terima kasih Kak Enzy yang menjelaskan kronologi kejadian dengan detil dan komunikasi yang baik," pungkasnya.

Sebelumnya, Enzy Storia mengunggah persoalan barangnya di media sosial X. Ia mempertanyakan nasib tasnya yang tidak ditebus karena pajak yang mesti dibayar lebih mahal dari harga tas itu sendiri. Ia pun mempertanyakan apakah tas tersebut sudah dikirim balik ke pengirim.

"Penasaran tas yang nggak gue tebus karenamahalanharga pajak daripada harga tasnya udah dikirim balik belum ya ke pengirim," tulis Enzy seperti dikutip Jumat (17/5).

Cuitan itu pun juga dibalas Prastowo. Prastowo mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bea Cukai dan saat ini dikoordinasikan dengan jasa pengiriman.

"Kak @EnzyStoria terima kasih informasinya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami sudah berkoordinasi dengan teman2 Bea Cukai dan saat ini sedang dikoordinasikan dg pihak jasa pengiriman," katanya.

https://finance.detik.com/berita-eko...mpan-bea-cukai

Semakin jelas ya

Bukan di bea cukai

#beacukaiterbaik

Quote:
Diubah oleh beacuka1 20-05-2024 11:37
BALI999
Zedcool
Zedcool dan BALI999 memberi reputasi
0
813
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan