Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Dinas Pendidikan DKI Larang Kegiatan Perpisahan Sekolah Ke Luar Kota ?


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo. Foto: instagram Berita Jakarta

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta resmi melarang sekolah-sekolah buat ngadain kegiatan perpisahan ke luar kota. Ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kepala Dinas Pendidikan DKI Nomor e-0017/SE/2024 yang berlaku sejak 30 April 2024.

Kebijakan ini diambil gara-gara ada kecelakaan maut yang melibatkan bus pariwisata bawa pelajar SMK dari Depok di Ciater, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (11/5). Kecelakaan itu bikin khawatir soal keselamatan siswa dalam kegiatan perpisahan sekolah di luar kota.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo, bilang kalau Surat Edaran ini ngatur berbagai aspek terkait kelulusan peserta didik. Mulai dari pengumuman kelulusan sampai kegiatan pasca kelulusan, semuanya harus ikut pedoman yang udah ditetapkan biar keselamatan dan kesejahteraan siswa terjamin.

“Surat Edaran ini ngatur mekanisme kelulusan peserta didik mulai dari pengumuman kelulusan sampai pasca atau setelahnya,” ujar Purwosusilo. Jadi, semua kegiatan perpisahan sekolah sekarang harus lebih aman.

Nah, dengan adanya larangan ini, diharapkan sekolah-sekolah bisa cari alternatif kegiatan perpisahan yang tetap aman dan bermakna buat siswa, tanpa harus keluar kota. Ini juga jadi kesempatan buat sekolah lebih kreatif merancang acara yang bisa mempererat hubungan siswa dan kasih kenangan indah tanpa ngorbanin keselamatan.

Misalnya, sekolah bisa ngadain acara di dalam kota seperti piknik di taman kota, acara games di sekolah, atau nonton bareng di bioskop. Banyak cara seru kok yang bisa dilakukan tanpa harus keluar kota.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta berharap semua pihak bisa patuhi aturan ini demi kebaikan bersama dan mencegah kejadian tragis serupa di masa depan. Keselamatan siswa harus jadi prioritas utama.



Jadi, buat kamu yang mau lulus, gak perlu sedih. Masih banyak cara buat ngerayain kelulusan dengan seru dan aman. Yuk, kita patuhi aturan ini biar semua bisa lulus dengan selamat dan bahagia.




maniacok99
maniacok99 memberi reputasi
1
206
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan