mnotorious19150Avatar border
TS
mnotorious19150
Terungkap Maksud Kunjungan Gibran ke Inggris, Gerak Cepat 'Mas Wapres'


Suara.com - Teka-teki agenda kunjungan Gibran Rakabuming Raka ke Inggris akhirnya terungkap.

Gibran selaku Wali Kota Solo berkunjung ke salah satu perusahaan teknologi milik Dr Fauzan Adziman bernama Alloyed Ltd.

Meski kedatangan ke Inggris berstatus wali kota, namun Gibran diketahui menyiapkan program ke depan saat menjabat sebagai wakil presiden.

Gibran mengatakan kunjungan tersebut terkait erat dengan upaya pengembangan ekonomi berbasis inovasi.

"Indonesia perlu membangun ekosistem komersialisasi riset dan ekonomi berbasis inovasi digital," kata dia, Rabu (6/3/2024).

Menurutnya, langkah itu perlu dimulai dari daerah dengan sinergi berbagai pihak, seperti industri, universitas, modal ventura, bisnis dan pemerintah pusat.

"Dalam hal ini, Solo Technopark telah merintis ke arah sana," jelas dia.

Gibran menambahkan, secara umum Indonesia memiliki potensi besar untuk menggarap sumber daya alam, termasuk mineral tanah jarang.

"Melalui kunjungan ini, saya melihat peluang besar bagi Indonesia untuk mengoptimalkan hilirisasi mineral kritis hingga menghasilkan produk bernilai tinggi. Ke depannya, hilirisasi di Indonesia harus bisa sampai ke ujung, end to end," paparnya.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh perusahaan tersebut sangat memungkinkan untuk dikembangkan di Indonesia.

"Dengan demikian diharapkan bisa menjadi bagian dari global supply chain material baru dan produk bernilai tinggi. Ini juga sejalan dengan pengembangan berbagai science and technopark yang sedang didorong Kemdikbudristek di beberapa perguruan tinggi," tegas dia.

Sementara itu, Fauzan Adziman yang merupakan seorang diaspora technopreneur Indonesia di Oxford, Inggris menyampaikan gagasan membentuk Global Forum for Indonesian Technopreneurs (Global FIT) untuk mendorong lahirnya Innovation-Driven Economic Acceleration Strategy (IDEAS) untuk Indonesia.

"Kami siap menjembatani ekosistem inovasi Indonesia ke dunia global untuk mendorong akselerasi ekonomi Indonesia," katanya. (ANTARA)

suara.com
ushirota
simsol...
33th.
33th. dan 3 lainnya memberi reputasi
4
711
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan