mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Pakar Asing Prediksi Nasib Papua di Bawah Pemerintahan Prabowo



Capres Prabowo Subianto disorot pakar asing. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia -- Profesor ilmu politik Asia Tenggara dan masalah keamanan di National War College, Washington DC, Zachary Abuza, memprediksi nasib Papua jika Prabowo Subianto menang pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dan memerintah Indonesia.
Dalam artikel CNN berjudul "Once banned from the US, this fiery ex-army general is poised to lead Indonesia. What to expect", Abuza mengatakan calon presiden nomor urut 2 itu kemungkinan besar akan menitikberatkan fokusnya pada masalah Papua.

"Papua akan menjadi titik mula bagi banyak kebijakan Prabowo," kata Abuza.

Papua adalah provinsi Indonesia yang hingga kini bergolak. Konflik di Papua umumnya akibat kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang belum selesai hingga diskriminasi terhadap orang-orang Papua.


Situasi di Papua pun kian panas dengan kehadiran pasukan TNI dan Polri guna melawan kelompok kriminal bersenjata.

Menurut Abuza, kondisi di Papua ini bakal semakin parah karena rekam jejak Prabowo yang diduga pernah memerintahkan militer untuk menindas masyarakat Papua.

"Dia pernah menyarankan respons militer untuk menghancurkan masyarakat Papua dan saya rasa dia tidak akan menjadi orang yang akan mencari solusi politik," ucap Abuza.

Abuza menilai Prabowo tidak akan berusaha melakukan negosiasi untuk menyelesaikan permasalahan di Papua, termasuk memberikan otonomi bagi wilayah tersebut.

"Jika ada, Prabowo justru akan meningkatkan kontrol negara," tutur Abuza.

Suara Prabowo dan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, unggul dalam real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pilpres 2024.

Berdasarkan data KPU per Senin pukul 19.00 WIB, Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 56.373.413 suara alias 58,58 persen. Data yang masuk yaitu 588.890 dari 823.236 suara.


Sementara itu, pasangan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 23.349.647 suara atau 24,26 persen.

Sedangkan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya mengantongi 16.512.329 suara atau 17,16 persen. Ganjar-Mahfud menduduki posisi paling rendah.

(blq/bac)

https://www.cnnindonesia.com/interna...tahan-prabowo.

Potensi masifnya pelanggaran HAM di Papua menurut pakar asing

Warga Suku Komoro Coblos Prabowo-Gibran, Ternyata Ini Kesan Hangat Terhadap Eks Jenderal Kopassus

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Prabowo Subianto merupakan colon Presiden Republik Indonesia berpasangan dengan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka di Pemilu 2024.

Pencalonan Prabowo sebagai presiden menjadi perbincangan hangat dari semua kalangan masyarakat, baik  pusat hingga ke pelosok daerah termasuk di Kabupaten Mimika.

Masyarakat asli Mimika yang mendiami wilayah pesisir ternyata sangat mengidolakan mantan Danjen Kopassus itu sejak dulu hingga saat ini.

Bagi masyarakat asli Mimika, Prabowo merupakan sosok istimewa.

Dalam lawatannya ke Mimika pada, 10 November 2023 lalu, di mana Prabowo meresmikan Rumah Sakit Tk IV Kesdam XVII/Cenderawasih.

Kedatanngannya sontak menjadi momen nyata masyarakat Suku Kamoro untuk mendukung Prabowo.

Prabowo saat itu pun mengapresiasi masyarakat Suku Kamoro, karena telah menghibahkan tanah untuk pembangunan rumah sakit.

Tak kala menarik, Prabowo juga menyumbangkan uang tunai secara sukarela kepada masyarakat suku Kamoro sebesar Rp 5 miliar.


Tokoh Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko), Marianus Maknaipeku kepada Tribun-Papua.com, menyampaikan terima ksih kepada masyarakat karena telah memilih paslon nomor 2 pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Kami telah menginstruksikan kepada masyarakat agar memilih Prabowo-Gibran jadi presiden 5 tahun kedepan," kata Marianus.

Menurut Marianus, sosok Prabowo menjadi pilihan masyarakat karena, bangsa ini perlu diamankan terutama di Papua, dan melanjutkan program Jokowi.

"Ada sejarah di mana masyarakat memilih Prabowo karena Kabupaten Mimika juga terbentuk berkat inisiasi Prabowo. Di mana waktu itu Prabowo tanya ke orang Kamoro bahwa orang kalian minta apa. Saat itu masyarakat menjawab, kami minta Mimika jadi kabupaten, dan dan yang jelas bahwa, Prabowo berjasa untuk suku Kamoro," tandasnya. (*)



https://papua.tribunnews.com/2024/02...eral-kopassus.
Kata orang Papua dari suku Kamoro (suku kawasan Freeport) mengenai Prabowo
0
424
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan