Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Viral Ceramah Gus Ali Sebut Anies Cerdas, Prabowo Menang, Muhaimin Mbulet






Sidoarjo - Viral video ceramah Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo KH Agoes Ali Masyhuri atau yang akrab dipanggil Gus Ali. Seperti diketahui Ponpes Progresif Bumi Sholawat selama ini bagian keluarga besar PKB.

Video yang telah dipotong itu berisi ceramah Gus Ali saat membahas tentang sosok capres dan cawapres.
Potongan video berdurasi 1 menit 4 detik itu diduga diambil saat Gus Ali mengisi pengajian rutin. Video menyebar di berbagai media sosial dan grup-grup WhatsApp. Dalam pengajian tersebut, Gus Ali sedang duduk di kursi lengkap dengan meja dan sebuah laptop. Sementara di hadapannya duduk berjejer puluhan jemaah.

Awalnya, Gus Ali bertanya kepada para jemaah. "Sampean eruh iki wong sing nyalokno presiden? (Anda tahu orang yang mencalonkan presiden?)" tanya Gus Ali.

Kemudian, terdengar jawaban dari jemaah yang kompak mengaku sudah tahu.

Baca juga:
5 Hal soal Khofifah All Out Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024
"Piro? Telu. Aku duduk kampanye ini (Berapa? Tiga. Aku bukan kampanye ini)," imbuhnya.

Kemudian, Gus Ali mengomentari kapasitas dari calon presiden Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, serta cawapres Muhaimin Iskandar.

"Sing paling cerdas itu Anies Baswedan, cerdas wong e, cak cek cak cek (yang paling cerdas itu Anies Baswedan, pintar orangnya, cak cek cak cek)," kata Gus Ali sambil mengangkat tangan kiri ke atas menandai kecerdasan capres nomor urut 01 itu.

"Njago iku a? Ya kalah iku (Dukung itu? ya kalah itu)," lanjut Gus Ali yang disambut gelak tawa dari jamaahnya.

"Sing menang Prabowo. Ojok rame-rame, sing menang Prabowo (yang menang Prabowo. Jangan ramai-ramai, yang menang Prabowo)," kata Gus Ali melanjutkan ceramahnya.

Selain mengomentari Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, Gus Ali juga menilai Cawapres Nomor Urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang juga Ketum DPP PKB.

"Sing mbulet Muhaimin. Ditakoni A jawabe Z, mbulet. Seumpama kulo panelise (panelis debat Capres-Cawapres) wes, lereno Min lereno Min (Yang ribet Muhaimin. Ditanya A jawabnya Z, ribet. Semisal saya panelisnya, sudah, berhenti saja Min berhenti Min," kata Gus Ali dalam ceramahnya.

Soal beredarnya video tersebut di media sosial, putra Gus Ali, Syaikhul Islam membenarkan bahwa video yang viral tersebut direkam saat acara pengajian rutin pada Senin. Dia menyebut video itu direkam pada 25 Desember 2023 atau tiga hari setelah debat cawapres.

"Seingat saya itu acara pengajian itu rutin yang digelar pada hari Senin (25/12/2023). Setelah acara debat Cawapres yang digelar pada Jumat (22/12/2023)," kata Syaikhul ditemui detikJatim di kediamannya, Kamis (11/1/2024).

https://www.detik.com/jatim/berita/d...uhaimin-mbulet


Konten Sensitif


pecakmujahir
antiketek
voorvendetta
voorvendetta dan 5 lainnya memberi reputasi
6
429
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan