yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Rekening Baim Wong Dibobol Via Whatsapp, Begini Modusnya!

Jumat, 03 Nov 2023 15:50 WIB

Ilyas Fadilah - detikFinance

Jakarta - Baim Wong menjadi korban phising melalui aplikasi WhatsApp berkedok kurir paket. Rekening Baim Wong dikuras penipu setelah ia mengklik file yang dikirim.

Terkait ini Pengamat Keamanan Siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan cara kerja penipu mencuri uang Baim Wong. Menurutnya, pelaku mencuri SMS OTP mobile banking lewat semacam aplikasi yang dikirim lewat WhatsApp.

"Dia (Baim Wong) terkena penipuan yang memalsukan sebagai kurir online. Jadi dia mengira ada paket yang dikirimkan dan mengklik APK pencuri SMS yang memalsukan diri sebagai APK kurir online. Lalu SMS OTP mobile banking-nya berhasil di curi dan di forward-kan ke aplikasi Telegram penipu. SMS OTP ini kemudian digunakan untuk melakukan transaksi mobile banking," ujarnya kepada detikcom, Jumat (3/11/2023).

Alfons mengatakan, jika masyarakat terlanjur mengklik APK tersebut ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama adalah dengan mengaktifkan mode pesawat.

"Jika barusan mengklik dan tersadar, katakan kurang dari 1 menit mengklik APK dan menginstal APK tersebut, langsung airplane mode," terang dia.

Lalu jika mengklik dan menjalankan APK tanpa sadar maka bisa segera menghubungi pihak bank yang melindungi m-banking. Menurutnya jika bank melakukan pengamanan yang baik, m-banking mungkin masih aman.

"Karena ketika diakses dari ponsel atau nomor ponsel yang berbeda harus ada verifikasi tambahan. Tetapi kalau bank hanya mengandalkan OTP dan mengizinkan ponsel lain mengakses akun m-banking anda tanpa verifikasi/pengamanan tambahan yang baik, maka kemungkinan besar dana anda akan berhasil diambil alih," bebernya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi menyebut para penipu memiliki banyak cara untuk mencuri data-data perbankan yang tersimpan di ponsel. Apalagi saat ini ponsel juga berfungsi sebagai e-wallet, akun e-commerce, maupun akun rekening perbankan.

"Karena fungsi itu, maka penjahat siber mencoba masuk ke ponsel kita, mengambil alih ponsel, masuk ke akun perbankan, e-wallet maupun e-commerce, kemudian akun kita terutama mobile banking dikuras," jelasnya.

Menurut Heru, cara penipu menjalankan aksinya adalah mengirimkan file yang seolah-olah perlu dilihat dulu. Tapi ketika aplikasi file tersebut dibuka, data-data di ponsel akan diambil alih.

Oleh karena itu ia mengingatkan jangan sekali-kali mengklik file dengan instruksi lihat atau view dari pesan mencurigakan. Hal tersebut berpotensi membuat akun perbankan, e-commerce, atau e-wallet diretas.

"Kemudian, dalam transaksi perbankan, e-wallet atau e-commerce pastikan tidak menggunakan password yang umum, gunakan double verification dan jangan save password atau PIN transaksi di ponsel kita secara otomatis. Lakukan secara manual," ujar dia.

Sementara itu Alfons menyarankan untuk memastikan pengaturan 'Install unknown apps' atau 'instal aplikasi dari luar playstore' semuanya off. Sehingga ketika tidak sengaja klik APK penipuan yang mayoritas dari luar Play Store maka akan muncul notifikasi peringatan.

"Dan ingat, kalau ada muncul pop up peringatan 'Apakah anda ingin menginstal aplikasi dari luar Play Store' ya jangan sekali-sekali diperbolehkan," tutupnya.

(ily/kil)

Sumber

Quote:


Minggu lalu TS hampir terkena phising modus yang sama.

Bermula dari melihat ada produk di marketplace yang dijual dengan harga amat sangat miring dengan tingkat kecuraman 225°.

Setelah selesai proses pembayaran selang satu hari kemudian ada pesan masuk ke Whatsapp mengaku dari ekspedisi bilang ada kendala lalu memberi link untuk prosedur pengalihan kurir.

TS lalu teringat pesan orang tua yang mengatakan 'jangan sering menawar, hargailah jerih payah orang, mereka juga butuh makan'.

TS lalu segera membatalkan pesanan itu lalu membeli ulang di toko lain dengan harga yang lebih mahal namun tetap jauh lebih murah dari depo bangunan.

Diubah oleh yellowmarker 05-11-2023 07:18
jiresh
muhamad.hanif.2
ddddudutzzz
ddddudutzzz dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.1K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan