pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Satelit SATRIA-1 Berhasil Ngorbit, Bersiap Kasih Internet Gratis


Jakarta, CNN Indonesia --

Satelit Republik Indonesia atau SATRIA-1 berhasil memasuki orbitnya di luar angkasa pada Senin (30/10). Sejumlah warga di wilayah pelosok bersiap mendapatkan layanan internet gratis.

Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), Adi Rahman Adiwoso, mengatakan SATRIA-1 telah berhasil melalui proses Electrical Orbit Raising (EOR).

"Di mana satelit melakukan pergerakan secara berkala menggunakan sistem pendorongnya untuk menuju ke orbit yang ditentukan dan satelit dinyatakan telah sampai di orbitnya dengan sukses," kata dia dalam keterangannya, Selasa (31/10).

Sesuai dengan perencanaan, satelit ini memasuki orbit Geostasioner dan mengorbit di 146 derajat Bujur Timur atau berada tepat di atas Pulau Papua dengan ketinggian lebih dari 36,000 kilometer di atas permukaan bumi.

SATRIA-1 sampai dengan sukses di orbit 146° Bujur Timur setelah diluncurkan pada 18 Juni 2023 dan setelah itu berhasil melakukan EOR menuju posisi orbitnya.

"Deployment ketiga antena satelit sebagai salah satu tahapan kritis telah juga dilalui dengan baik. Saat ini ujicoba komunikasi (communication payload) akan segera dimulai dan targetnya pada akhir November selesai, lalu akan dilanjutkan dengan ujicoba secara keseluruhan untuk dapat beroperasi penuh pada Desember 2023," tutur Adi.

Dengan demikian, kata Adi, jaringan SATRIA-1 bisa segera menghadirkan koneksi internet yang menjangkau seluruh Nusantara.

Direktur Operasional PSN Heru Dwikartono menjelaskan SATRIA-1 akan menjalani tahapan pra-operasional lainnya yang secara intensif akan masuk pada sesi integrasi dan pengujian segmen satelit dan segmen ruas bumi.

"Pada segmen satelit, SNT harus memastikan terlebih dahulu hasil pengetesan akhir untuk menyatakan bahwa satelit berada dalam kondisi nominal setelah fase orbit raising," kata Heru.

Setelah memasuki fase Final Insertion dan Electrical Station Keeping (ESK) pertama, satelit akan menjalani tahapan In-Orbit Testing (IOT) pada 6 November untuk memeriksa performa satelit terutama untuk subsistem payload.

"Setelah berakhirnya IOT, SNT akan menjalani proses integrasi dengan sistem ground dan ujicoba End-to-End agar siap beroperasi," ujar Heru.

Di samping itu Heru menjelaskan PSN Group menyiapkan setidaknya ada 11 Stasiun Bumi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sebanyak 11 Stasiun Bumi difungsikan untuk memantau sekaligus mengontrol satelit dengan Stasiun Bumi yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat menjadi stasiun kontrol satelit utama dan pusat operasi jaringan (Network Operation Center).

Kemudian stasiun kontrol satelit cadangan (Back-Up Satellite Control Center) berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Stasiun Bumi lainnya akan difungsikan sebagai gateway antara lain berlokasi di Batam, Pontianak, Tarakan, Manado, Kupang, Ambon, Manokwari, Timika, dan Jayapura.

Seluruh pengujian pada infrastruktur pendukung ruas bumi seperti pengujian stasiun bumi (gateway), jaringan komunikasi dianggap sebagai tahapan penting yang dapat memastikan beroperasinya Stasiun Bumi dengan baik dan terhubung dengan satelit.

Adapun seluruh rangkaian pengujian terkait infrastruktur pendukung ruas bumi telah dilalui dengan hasil baik dan siap untuk mendukung beroperasinya SATRIA-1.

Adi menambahkan SATRIA-1 adalah satelit dengan teknologi mutakhir Very High-Throughput Satellite (VHTS) pertama di Indonesia dengan total kapasitas 150 Gbps yang diproyeksikan menjadi satelit yang dapat membantu program transformasi digital di Indonesia.

"Setelah dipastikan semuanya berfungsi dengan baik, satelit SATRIA-1 akan digunakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI Kominfo) untuk memberikan layanan internet bagi daerah-daerah di seluruh penjuru Indonesia," tutup Adi.

(can/dmi)

cnnindonesia.com
itkgid
jiresh
pandawa5arjuna
pandawa5arjuna dan 7 lainnya memberi reputasi
8
933
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan