Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

auroraborealis.Avatar border
TS
auroraborealis.
Wajib Teliti! Gini Lho Modus Penipuan Pakai File PDF Palsu!


Halo, GanSis! Apa kabarnya, nih? Ane harap, semua dalam keadaan sehat, yes. Kali ini, ane mau kasih tau sebuah modus penipuan yang juga marak di kalangan masyarakat, yaitu modus penipuan yang menjebak korbannya dengan menggunakan file PDF palsu, dan biasanya, penipuan ini beredar via Whatsapp. 

Sama seperti modus pendahulunya, yaitu modus penipuan dengan menggunakan file dengan ekstensi APK palsu, para pelaku yang melakukan modus penipuan PDF palsu ini biasanya bakalan berpura-pura sebagai seorang pembeli, yang mengirimkan list pesanan barang-barang yang mau dibeli dari si penjual. 

Nah, pas mengirimkan list ‘pesanan’ itu, pelaku bakalan kirim sebuah file palsu yang bentuknya mirip dokumen PDF. Sebagai penjual, pasti dong GanSis pengen tahu apa aja sih pesanannya? 

Disinilah jebakannya. Kalo misalnya nih, si korban langsung klik ‘file PDF’ tadi, maka perangkat milik si korban bisa terinfeksi malware! Karena, si pelaku sebenarnya cuma mengubah format aplikasi dengan ekstensi file APK, ke ekstensi PDF. Aplikasi ini tuh bahaya banget, soalnya memang dibuat bukan cuma untuk mencuri data pribadi korban-korbannya, tapi juga menjadikan si pelaku bisa menguras rekening milik si korban.

Terus, gimana dong cara menghindari modus ini? Sini, ane kasih tahu caranya!

1. Sebenarnya, file PDF palsu dan yang asli tuh bisa dibedakan dengan mudah. Soalnya, kalo file PDF-nya asli, ketika dikirim via Whatsapp, itu udah pasti ada previewisi filenya. Sementara yang palsu udah pasti gak ada, yak. 



2. File PDF yang asli tuh punya logo, dan logo PDF itu sudah pasti warna merah ya, GanSis. Kalo kalian terima file PDF tapi logonya bukan warna merah, atau malah tampilannya warna abu-abu, jangan sekali-kali diklik!



3. File PDF yang asli juga biasanya punya deskripsi khusus saat dikirim. Informasi yang biasanya muncul di file PDF yang belum dibuka itu adalah jumlah halaman dokumennya (pages) dan ukuran filenya. Sementara file PDF yang palsu ini cuma mencantumkan ukuran file. Jadi, mari kita teliti ya, GanSis!



Jadi, sebagai pencegahan nih, GanSis. Yuk, sama-sama kita ingat! Jangan sampai asal klik jika menerima tautan atau link yang mencurigakan, apalagi dari nomor-nomor tidak dikenal. Supaya kita bisa terhindar dari modus-modus semacam ini, yes.

Biar Agan dan Sista terhindar dari modus-modus macam ini, yuk pelajari lebih lanjut soal modus PDF di sini!








maroonia
dewimetal
jhon_fc
jhon_fc dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.6K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan