Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Murid Beli CILOR Seharga 30 Ribu, Netizen Heboh! Benarkah Terlalu Mahal?

Sumber Gambar

Jajanan SD merupakan makanan atau minuman yang dijual di sekitar sekolah dasar. Jajanan SD identik dengan harganya yang murah dan bahan-bahan yang sederhana agar bisa dijual dengan harga murah. Karena targetnya adalah anak-anak SD yang uang sakunya terbatas. Jajanan SD bisa sangat menguntungkan jika kita sabar menjualnya.

Salah satu jajanan SD yang populer adalah cilor. Cilor adalah jajanan khas dari Bandung yang saat ini populer dikalangan remaja. Makanan ini terbuat dari campuran tepung kanji yang dibuat kenyal dan dicampur dengan telur serta bumbu penyedap berbagai rasa. Cilor merupakan akronim dari aci dan telor, yang artinya tepung kanji dan telur.

Cilor sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu dan menjadi makanan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini. Namun, dengan perkembangan zaman, cilor juga mengalami inovasi dalam varian rasa dan tampilan. Ada banyak variasi cilor yang bisa kita temui sekarang, seperti cilor isi otak-otak atau cilor balado yang agak pedas.


Sumber Gambar

Cara membuat cilor pun cukup sederhana. Telur dikocok terlebih dahulu, lalu tepung kanji yang telah dibuat kenyal dicampurkan dengan telur tersebut. Selanjutnya, ditambahkan bumbu sesuai selera, seperti cabai bubuk atau bumbu balado. Campuran tersebut kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan direbus hingga matang.

Dengan pembuatannya sederhana dan bahan-bahannya yang tidak sulit, maka harusnya cilor menjadi jajanan dengan harga terjangkau. Akan tetapi tidak dengan yang dialami oleh anak SD berikut ini. Jika biasanya Cilor dihargai dengan harga 5-10 ribu, maka anak SD yang ada dalam berita ini membeli cilor dengan harga 30 ribu.

Melalui video yang diviralkan oleh seorang guru di TikTok, tampak ada seorang bocah berseragam sekolah tengah memakan cilor. Saat sang guru bertanya berapa harga dari cilor yang dibelinya itu, sang murid menjawab bahwa ia membeli cilor itu dengan harga 30 ribu. Hal ini pun viral dan banyak direpost oleh pengguna sosial media.


Sumber Gambar

Banyak yang menilai bahwa cilor untuk ukuran yang kecil itu tidak sepatutnya dibanderol dengan harga 30 ribu. Terlampau mahal dan isinya pun sama seperti cilor pada umumnya. Padahal para netizen menyebut bahwa mereka saja membeli cilor biasanya kisaran 2-5 ribu rupiah. Lantas mengapa anak sekolah itu bisa sampai habis 30 ribu?

Rupanya cilor tersebut dibeli melalui aplikasi ojek online. Dan kemungkinan yang membuat mahalnya adalah pemakaian keju mozarella pada cilor tersebut. Entah apa lagi yang membuat cilor itu mahal. Karena kalau dari tampilannya, sama sekali tidak terlihat mewah atau mahal. Lebih mirip cilor 5 ribu pada umumnya.


Sumber Gambar

Cilor juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Bandung. Keunikan dan kelezatan cilor menjadikannya sebagai salah satu makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. Selain itu, cilor juga merupakan pilihan yang baik sebagai oleh-oleh khas Bandung. Cukup direkomendasikan oleh banyak orang di luar sana.

Dengan keberagaman variasi rasa dan kelezatannya yang tak terbantahkan, cilor terus menjadi pilihan favorit masyarakat, terutama bagi mereka yang menyukai makanan tradisional dengan sentuhan modern. Jadi, jika Anda sedang berada di Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba jajanan yang satu ini.
Mungkin bisa dicoba sendiri bagaimana rasanya cilor 30 ribu dengan tambahan keju mozarella.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, apakah cilor dengan tambahan keju mozarella layak dihargai 30 ribu? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
honinbo
jagoannenon2023
bakwan.kemaren
bakwan.kemaren dan 10 lainnya memberi reputasi
9
1.9K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan