Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Taka Makassar, Gosong nan Cantik di Labuan Bajo


Salah satu destinasi unik di Labuan Bajo adalah gosong Taka Makassar. Pasir bersih dikelilingi air laut toska menjadi pesona utamanya.
Kawasan Taman Nasional Komodo memang kaya akan wisata alam nan cantik. Selain Pulau Komodo dan Pulau Padar, ada juga gundukan pasir menyerupai pulau yang pemandangannya begitu indah. Namanya Taka Makassar.
detikTravel bersama rombongan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Garuda Indonesia berkesempatan untuk menengok langsung keindahan Taka Makassar yang kini mulai kembali dikunjungi wisatawan.

Taka Makassar disebut sebagai gosong yakni gundukan memanjang yang muncul di tengah laut yang hanya muncul ketika kondisi air laut surut.
Gosong sendiri terbentuk akibat pergerakan ombak yang menghanyutkan pasir dari bibir pantai. Pasir-pasir itu kemudian berkumpul dan tersedimentasi hingga menjadi gundukan.

[table][tr][td]Baca juga: Serunya Liburan di Labuan Bajo Naik Kapal Pinisi Sea Safari[/td]
[/tr]
[/table]
Taka Makassar merupakan salah satu gosong terindah di Indonesia karena pasirnya bersih dan air laut di sekitarnya jernih. Traveler juga akan dibuat takjub ketika datang ke sana sebab warna lautnya adalah toska.
Bila dilihat dari kejauhan, traveler akan melihat gradasi warna yang indah antara biru tua, toska, dan putih dan gundukan pasir.

[table][tr][td]
Air laut toska di Taka Makassar. (Foto: Putu Intan/detikcom)

[/td]
[/tr]
[/table]
Ngomong-ngomong soal warna toska, hal ini mengindikasikan bahwa perairan di sekitar Taka Makassar ini tergolong dangkal sehingga traveler bisa berenang atau snorkeling di sana. Namun traveler harus tetap waspada jika arus tiba-tiba berubah kencang.
Bila traveler tak ingin bermain air, bisa kok sekadar duduk santai atau berfoto. Pemandangannya yang indah memang sayang bila tak diabadikan dalam foto atau video.
Tips mengunjungi Taka Makassar, bawalah topi sebab kondisi di sana amat terik terutama saat siang hari. Gosong ini tak memiliki pepohonan atau tempat lain untuk berteduh.
Di samping itu, bawalah perbekalan yang cukup sebab tak ada orang berjualan di sana. Tapi ingat, jangan meninggalkan sampah ya di sana.
Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, traveler juga diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak selama berwisata.


https://travel.detik.com/domestic-de...di-labuan-bajo
0
367
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan