Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganjar2029Avatar border
TS
ganjar2029
Memunculkan Solusi, Gaya Komunikasi Ganjar Dinilai yang Dibutuhkan Masyarakat


SURYAMALANG.COM, SEMARANG – Sudah menjadi kebiasaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak awal menjabat untuk berkeliling hingga ke desa-desa. Melaksanakan program Ngopi Bareng Gubernur, mengecek langsung pelaksanaan program dan bantuan, hingga nginep di rumah warga.

Ganjar, terus memastikan apa yang sudah menjadi programnya terlaksana dengan baik dan bantuan benar-benar tersalurkan. Bukan hanya itu, Ganjar menyampaikan jika dengan bertemu masyarakat, ia akan mendapat banyak masukan, akan tahu masalah apa yang sebenarnya terjadi sehingga bisa mengambil keputusan dengan cepat.

“Dengan ngopi dan ngobrol santai di rumah warga, kita bisa lebih detail mendengar keluhan dan persoalan yang mereka hadapi. Karena dengan ngobrol santai, kita bisa bicara lebih terbuka, tanpa tedeng aling-aling. Sehingga, apa-apa yang perlu kita kerjakan juga dapat dipetakan secara terperinci,” tuturnya.

Seperti halnya saat mengecek bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) untuk penanganan kemiskinan ekstrem di Desa Gumingsir, Kecamatan Peganten, Kabupaten Banjarnegara pada Senin (25/7/2023) lalu. Di salah satu rumah penerima bantuan, ternyata Ganjar menemukan ada anak usia 15 tahun yang putus sekolah.

Mengetahui hal tersebut, tentu Ganjar langsung memberikan solusi agar anak itu bisa sekolah lagi. Ganjar meminta Pemkab dan dinas terkait untuk mencarikan sekolah dan memastikan sekolahnya gratis serta mengawal pelaksanaannya. “Sekolahnya kita carikan, Pemda kita minta membantu kalau bisa minggu ini bisa mumpung tahun ajaran baru agar bisa langsung sekolah,” tandasnya.

Sementara itu, Dosen Departemen Psikologi Universitas Brawijaya Sukma Nurmala mengatakan, apa yang dilakukan Ganjar itu adalah yang dibutuhkan masyarakat. Bukan hanya sekedar komunikasi yang enak dan terbuka, namun solusi yang dihadirkan adalah sesuatu yang dinanti dari seorang pemimpin.

Menurut Sukma, cara komunikasi Ganjar yang luwes dan berempati serta lugas, membuat masyarakat yang diajak ngobrol merasa nyaman. Sehingga, warga tak sungkan untuk menumpahkan segala unek-unek yang ada di benak mereka.

“Karena merasa dekat, warga tak sungkan untuk mengutarakan secara gamblang apa yang menjadi problem mereka, persoalan yang dihadapi sehari-hari,” kata Sukma saat dihubungi, Jumat (28/7/2023).

Di sisi lain, dengan gaya komunikasi yang ‘semanak’, membuat Ganjar bisa merasakan langsung apa yang dirasakan warganya. Sehingga, terjadi jalinan komunikasi dua arah yang positif dan saling menumbuhkan empati hingga muncullah solusi.

“Masyarakat akhirnya bisa menilai, ini lho pimpinanku. Orang ‘atas’ yang saya hormati, tapi ternyata rendah hati dan mau hadir di tengah-tengah masyarakat kecil tanpa merasa ada sekat. Bukan pemimpin yang berjarak, yang hanya berada di awang-awang, melainkan sosok pemimpin yang mengayomi dan mau turun langsung dan mendengarkan, setelah itu mencarikan solusi dan selesai," katanya.
Sumber: Surya Malang

https://suryamalang.tribunnews.com/a...kan-masyarakat

komunikasi ga jelas wowo si penculik itu ga bagus
komunikasi muter2 penuh retorika wan abud apalagi

komunikasi humanis dan penuh solusi dari ganjar lah yang baik. karena ganjar adalah capres terbaik.emoticon-I Love Indonesia
daratmpv
nomorelies
bukan.bomat
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
0
536
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan