si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Worst Days: 4 Pesawat Militer Rusia Ditembak Jatuh dalam Sehari di Wilayahnya Sendiri
Quote:


Sampai saat ini detail kejadiannya masih belum jelas Gan, tapi 4 pesawat militer Rusia terkonfirmasi ditembak jatuh di Bryansk Oblast pada Sabtu, 13 Mei 2023. Wilayah ini merupakan wilayah teritorial Rusia yang berjarak 50 km dari perbatasan Ukraina. CNNyang mengutip media Rusia Kommersant menyebutkan bahwa, 4 pesawat militer yang ditembak jatuh terdiri dari satu Su-35, satu Su-34 serta dua helikopter Mi-8. Dalam insiden Sabtu kemarin, total 9 orang personel meninggal dunia.

Kommersant melaporkan bahwa, pesawat tempur Su-34 akan melakukan serangan ke sasaran di Wilayah Chernihiv Ukraina, pesawat Su-35 bertugas mengawal pesawat tersebut. Sementara satu helikopter Mi-8 akan melakukan evakuasi pilot jika pesawat ditembak jatuh. Sementara itu satu unit Mi-8MTPR-1 membawa peralatan Rychag Electronic Warfare. Heli ini bertugas untuk melakukan jamming atau mengganggu sistem deteksi radar pertahanan udara Ukraian.

Mirisnya, Mi-8 MTPR-1 juga ditembak jatuh pada Sabtu kemarin Gan. Padahal Rusia hanya memiliki dua unit helikopter ini dalam inventarisnya. Dikemnangkan dari Mi-8MTV-5-1, Mi-8MTPR-1 dibuat khusus untuk misi peperangan elektronik. Tugasnya adalah untuk mengacaukan radar pertahanan udara lawan. Artikel TheDrive.com menyebutkan bahwa, Su-34, Su-35 dan Mi-8 dilaporkan jatuh di dekat desa Istrovka, sekitar 30 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Quote:


Sejauh ini tidak diketahui rudal apa yang telah digunakan untuk menembak jatuh keempat pesawat militer tersebut Gan, selain itu pelaku penembakan juga tidak jelas. Ukraina sendiri seperti biasa tidak bertanggung jawab atas jatuhnya 4 pesawat pada Sabtu kemarin.

Di sisi lain intensitas perang terus meningkat, di mana Rusia telah menghancurkan beberapa gudang amunisi Ukraina dengan rudal jelajah Kinzhal. Di sisi lain, Ukraian yang memakai rudal jelajah Storm Shadow donasi Inggris telah menyerang pabrik kimia dan makanan di Luhansk yang diduduki Rusia pada 12 Mei 2023.


Opini Pribadi: Siapa Pelakunya ?


Menarik untuk dibahas Gan, siapa pelaku penembakan 4 pesawat Rusia ? Apakah ditembak teman sendiri (friendly fire)? Atau ditembak oleh Ukraina ? Berikut ini sedikit opini TS tentang ditembak jatuhnya pesawat Rusia.

1. Ditembak MANPADS Pasukan Khusus Ukraina

Ada beberapa laporan di media sosial yang menyebutkan jika kejadian pada hari Sabtu kemarin melibatkan rudal MANPADS. Pasukan Khusus Ukraina bisa jadi telah masuk ke perbatasan dilengkapi dengan MANPADS untuk menembak jatuh pesawat Rusia. Dalam beberapa bulan terakhir, pesawat-pesawat Rusia sering melakukan serangan jarak jauh dari wilayahnya sendiri, pesawat juga sering terbang rendah. Pola ini kemungkinan dipelajari oleh Ukraina, yang kemudian melakukan serangan memakai MANPADS. Serangan memakai MANPADS efektiv untuk menghajar pesawat/helikopter yang terbang rendah.



2. Ditembak Sistem Hanud Ukraina

Ukraina telah mendapat beberapa sistem pertahanan udara (hanud) mulai dari Patriot, Aspide sampai IRIS-T SLM. Bisa jadi Ukraina memindahkan beberapa sistem hanud tersebut ke perbatasan. Tetapi memindahkan sistem ini sangat berisiko. Sementara saat ini sistem hanud Ukraina dikerahkan untuk melindungi tempat vital di seluruh negeri. Meski berisiko, tetapi tetap ada kemungkinan sistem hanud Ukraian telah mendekat ke perbatasan untuk mengurangi intensitas serangan udara Rusia.


3. Ditembak Teman Sendiri (Friendly Fire)

Yang ketiga memang beberapa kali pernah dialami Rusia Gan, bisa jadi telah terjadi friendly fireterhadap 4 pesawat Rusia. Kurangnya koordinasi dan komunikasi bisa jadi membuat kru di darat salah mengira jika 4 pesawat yang masuk perbatasan adalah pesawat milik lawan, sehingga dilakukan penembakan.


Meski belum jelas penyebabnya, insiden pada hari Sabtu kemarin adalah kerugian yang sangat besar bagi Angkatan Udara Rusia. Mengingat 9 personel yang meninggal dunia tidak akan bisa diganti dengan cepat. Sementara itu, untuk mencetak pilot yang handal memerlukan waktu yang lama. Di sisi lain wilayah sendiri yang dianggap aman kini telah jadi zona berbahaya, Rusia harus segera mengatur ulang strateginya agar meminimalkan korban jiwa dari para pilot pesawat militernya.



---------------------





Referensi Tulisan: CNN& TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 19-05-2023 03:43
MasterSims
black.robo
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.4K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan