mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Gereja di Papua Sepakat Bantu Bebaskan Pilot Susi Air, Buka Dialog Bukan Kekerasan
Tokoh Gereja di Papua Sepakat Bantu Bebaskan Pilot Susi Air, Benny Giay: Buka Dialog Bukan Kekerasan

Tribun-Papua.com/Istimewa
Tampak pasukan KKB bersama Pilot Pesawat Susi Air Philips Mark Methrtens di Hutan Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, saat ini.
TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Unsur persekutuan gereja menginginkan semua permasalahan yang ada di Tanah Papua tidak lagi diselesaikan menggunakan senjata.

Demikian hasil pertemuan sejumlah tokoh gereja dengan Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri di Jayapura, Papua, Rabu (10/5/2023).

Adapun pertemuan untuk membahas soal penyanderaan Pilot Susi Air Philip Mark Merthens oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) [pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga.

Pendeta Benny Giay berposisi moderator dalam pertemuan tdersebut.

"Kami sudah sepakat untuk meminta kepada pemerintah untuk mengedepankan dialog perdamaian, pendekatan kemanusiaan."

"Itu tidak lepas yang Panglima TNI (Jenderal Andika Perkasa) katakan pada 19 Desember lalu, beliau akan kedepankan pendekatan kemanusiaan," ujarnya, Rabu (10/5/2023).

Mengenai penyanderaan pilot Susi Air, Benny mengungkapkan, sudah ada kesepakatan tentang keterlibatan pihak gereja untuk menjadi mediator bagi semua pihak dari hasil pertemuan itu.

"Kami akan bentuk tim untuk coba mulai komunikasi dengan semua pihak," cetusnya.

Masyarakat disebut jadi korban

Sementara Uskup Jayapura Monsinyur Yanuarius Theofilus Matopai You menekankan pentingnya dialog untuk mengatasi seluruh permasalahan yang ada di Tanah Papua.

Ia memandang sejauh ini, antara KKB dan aparat keamanan masih terus terlibat dalam kontak senjata yang berdampak pada terganggunya aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat.

"Saya secara pribadi, kalau misal (korban) dari mereka sendiri, TPNPB dengan TNI-Polri, silakan saja, tapi akibatnya selalu pada masyarakat sipil," kata dia.

"Mama-mama tidak bisa jualan, mama-mama tidak bisa kerja dengan aman, mereka tidak menyusui anak dengan baik, anak sekolah tidak bisa sekolah, pegawai tidak bisa masuk kantor, jadi tetap (masyarakat) terganggu karena ada kekerasan dari pertikaian ini," lanjutnya.

Pihak gereja, sambung Yanuarius, bersedia menjadi mediator bagi kasus penyanderaan pilot Susi Air.

Namun mereka meminta jaminan keamanan agar bisa berkomunikasi dengan baik.

"Kalau bisa ada jeda kemanusiaan untuk beberapa saat, lalu kedua belah pihak ini mesti hentikan kekerasan. Lalu militer yang berlebihan (non-organik) supaya ditarik dulu, dengan itu ciptakan suasana yang baik agar negosiasi itu bisa jalan," katanya.

Menurut dia, ada kemungkinan pihak gereja akan lebih diterima oleh KKB untuk mencari jalan tengah persoalan itu.

"Pimpinan gereja mungkin lebih dipercaya oleh umat di sana, oleh Egainus dan juga tokoh-tokoh di sana yang bisa dipercaya, bersama pihak pemerintah supaya ada tim untuk melakukan negosiasi dengan pihak Egianus, supaya pilot bisa dibebaskan," tuturnya.

Tanggapan Kapolda

Sementara Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri menyambut baik respons pihak gereja yang bersedia terlibat langsung dalam upaya pembebasan pilot Susi Air.

Ia pun memastikan akan ada pertemuan lebih lanjut untuk mematangkan hal tersebut dalam waktu yang tidak lama lagi.

"Tentu harapan kita semua, saya selaku Kapolda berharap dari gereja bisa memainkan peran (mediator) itu," ucapnya.

Mengenai keinginan pihak gereja agar tidak ada lagi aksi bersenjata, baik oleh KKB atau aparat keamanan dalam melakukan penindakan hukum, Fakhiri setuju dengan konsep tersebut.

Dia menginginkan agar pihak gereja bisa lebih aktif menjadi penyambung aspirasi bagi semua pihak.

"Untuk pencegahan kita harus mendengar apa yang disampaikan para hamba Tuhan, saya berharap ini bisa menjadi bagian yang baik untuk Papua hari ini dan ke depan."

"Kita bersepakat bahwa kekerasan apa pun di Tanah Papua harus ditekan, kalau bisa dihilangkan, supaya bisa tumbuh generasi muda Papua yang dia bisa melupakan sejarah kelam itu dan bisa membangun Papua," kata Fakhiri. (*

https://papua.tribunnews.com/2023/05...asan?page=all.
Polda setuju buat tarik pasukan non organik (non Kodam Cendrawasih), tapi TNI setuju nggak tarik pasukan non Kodam Cendrawasih dari daerah KKB?



Tokoh agama sepakat bantu TNI-Polri bebaskan sandera dari KKB

Rabu, 10 Mei 2023 18:32 WIB

Pdt Benny Giay dan Uskup Jayapura Mrg Yanuarius Theofilus Matopai You (kemeja batik). (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Pdt Benny Giay dan Uskup Jayapura Mrg Yanuarius Theofilus Matopai You menyatakan, tokoh agama sepakat membantu TNI-Polri membebaskan sandera yang hingga kini masih ditawan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Memang benar dalam pertemuan antara Dewan Gereja Papua dengan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri terungkap tokoh agama akan membentuk tim yang akan diterjunkan melakukan negosiasi guna membebaskan sandera berkebangsaan Selandia Baru, " kata Pdt Benny Giay yang didampingi Uskup Jayapura Mrg Yanuarius Theofilus Matopai You di Padang Bulan, Kota Jayapura, Rabu.

Dikatakan, bantuan yang diberikan tokoh agama itu agar sandera dapat segera dibebaskan karena sudah cukup lama berada bersama kelompok tersebut.

"Kasihan sandera sehingga kami akan membantu agar proses negosiasi dan pembebasan sandera dapat segera dilakukan," kata Pdt Giay berharap.

Sementara itu Uskup Jayapura Mrg Yanuarius Theofilus Matopai You menambahkan, menjadi keprihatinan kami pimpinan gereja karena warga sipil yang menjadi korban.

Sebelumnya para pimpinan gereja sudah melakukan pertemuan terkait konflik yang terjadi agar pembebasan sandera dapat dilakukan.

Secara pribadi bila terjadi kontak tembak antara TNI-Polri dengan KKB atau TPNPB itu tidak masalah karena mereka memiliki senjata namun yang menjadi korban adalah masyarakat sipil, dimana mereka tidak bisa beraktivitas dengan normal karena diliputi ketakutan.

Pimpinan gereja tidak ingin adanya kekerasan dan pertumpahan darah terkait upaya penyelamatan pilot Philip.

"Kami minta kedepankan pendekatan kemanusiaan, pendekatan dialog, sehingga diharapkan ada jeda kemanusiaan dan kedua belah pihak baik TNI-Polri maupun KKB menghentikan kekerasan, termasuk baku tembak hingga tercipta suasana yang baik agar negoisasi bisa berjalan, " ucap Uskup Jayapura.

Pertemuan dengan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dihadiri moderator Dewan Gereja Papua, Pdt. Benny Giay, Sekretaris Sinode Gereja KINGMI, Pdt. Dominggus Pigai, Uskup Jayapura, Mgr.Yanuarius Teofilus Matopai You, Presiden Baptis West Papua Socrates Sofyan Yoman, Presiden Gereja GIDI Pdt. Dorman Wandikbo, Ketua Departemen Perempuan GIDI, Rode Wanimbo, Ketua Sinode KINGMI di Tanah Papua, Pdt. Tilas Mom, anggota GKI di Tanah Papua, Fransina Yoteni dan Ketua API Provinsi Papua, Jimmy Koirewoa, S.Th.

Pilot Philip ditawan KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak tanggal 7 Pebruari sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.
\
https://www.antaranews.com/berita/35...ndera-dari-kkb
Beberapa pihak gereja ada yang terkenal karena membela seperatisme Papua dan Lukas Enembe seperti Pdt.Socrates emoticon-Big Grin
scorpiolama
sorken
nomorelies
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3
526
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan