Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Duit dari QRIS Palsu Masuk Rekening Iman Mahlil, Bukan 'Restorasi Masjid


Jakarta - Iman Mahlil Lubis (39), menghimpun dana dari masyarakat dengan cara menempelkan stiker QRIS palsu di sejumlah bank dan masjid di Jakarta hingga Tangerang Selatan. Dana yang masuk ke QRIS palsu dengan nama merchant 'Restorasi Masjid' itu ternyata mengalir ke rekening pribadi tersangka.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa (11/4) mengatakan M Iman mendaftarkan tiga rekening pribadinya melalui aplikasi Youtap dan Pulsabayar untuk mendapatkan QRIS. QRIS tersebut diberi nama merchant 'Restorasi Masjid', seolah-olah untuk kepentingan masjid.

"QRIS yang sudah didapatkan atau dibuat melalui aplikasi Youtap dan Pulsabayar yang dilakukan oleh MIML kemudian dicetak dalam bentuk stiker," kata Auliansyah.

Setelahnya, QRIS tersebut dia cetak untuk kemudian ditempel di beberapa masjid yang terbesar di wilayah Jakarta. Tujuannya, lanjut Auliansyah, agar uang masyarakat yang niatnya hendak beramal ke masjid masuk ke rekening pribadinya.

"Cara MIML menempelkan QRIS miliknya yang seolah-olah QRIS tersebut milik masjid itu sendiri, yaitu dengan cara meniban dengan QRIS yang sudah ada, menempel di samping QRIS yang sudah ada, menempel pada tembok yang berjauh-jauhan," ujarnya.

Dana Terkumpul Rp 13 Juta
Iman Mahlil Lubis telah melancarkan aksi tersebut pada 1-9 April 2023 di 38 masjid dan bank di Jakarta dan Tangerang Selatan. Selama sepekan lebih beraksi, dia telah menghimpun dana Rp 13 juta dari para jemaah.

"Total dana yang terkumpul Rp 13.060.000," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis kepada wartawan, Selasa (11/4).

Berdasarkan pengakuan sementara, pelaku sudah beraksi di 38 masjid yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, hingga Tangerang. Iman juga diduga menempelkan QRIS di beberapa bank hingga di masjid atau musala yang berlokasi di pusat belanja.

"Dari beberapa tempat yang sudah ditempel oleh yang bersangkutan ada 38 titik. Ada di beberapa tempat lain di Pondok Indah Mall dan Grand Indonesia," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Auliansyah, kepolisian tidak serta-merta mempercayai pengakuan tersangka. Pihaknya akan terus mendalami kasus tersebut.

"Untuk sekarang yang bisa kami dapat data itu di tanggal 1 April (2023) ini masih kita melakukan pendalaman terus apakah sebelum 1 April dia sudah melakukan penempelan penempelan di tempat lain dan ini baru 38 yang kami temukan dan mungkin bisa jadi lebih banyak," jelasnya.

https://news.detik.com/berita/d-6668...storasi-masjid
areszzjay
.bindexee.
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan