harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Penyakit Yang Akan Muncul Jika Kita Terlalu Stres! Wajib Tahu Nih!

Sumber Gambar

Stres seakan sudah menjadi bagian hidup manusia. Kadang kalanya dalam kehidupan, kita pasti menemui berbagai rintangan dan cobaan. Ada yang sudah siap, dan ada yang belum. Jika belum maka biasanya kita akan shock dan akhirnya stress.

Stres yang berkepanjangan jelas tidak baik bagi tubuh. Hewan ternak TS saja bisa mati karena stress. Akan muncul, banyak penyakit dan gangguan kesehatan ketika kita stress dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, sayangilah diri sendiri dan jangan stress-stres gansis.

Berikut ini penyakit yang bisa saja datang saat kita dilanda stress berkepanjangan!emoticon-Ngacir



1. Penyakit Kardiovaskular


Sumber Gambar

Detak jantung meningkat tak beraturan, pembuluh darah yang melebar adalah salah satu gangguan yang muncul saat kita stres. Pembuluh darah yang melebar akan menyebabkan meningkatan tekanan darah ke jantung.

Aliran darah pada tubuh juga akan semakin cepat ketika kita stres kronis. Hal ini dapat meningkatkan resiko hipertensi, serangan jantung hingga stroke.

2. Sakit Kepala


Sumber Gambar

Jelas stress dapat menyebabkan sakit kepala. Karena pada saat kita stress, otot-otot dan syaraf di kepala kita akan menenang. Alhasil, akan muncul sakit kepala seperti migrain hingga sakit di kedua sisi kepala yang akan sangat mengganggu aktivitas.

Durasinya pun beragam, bisa jadi sebentar. Juga bisa jadi lama. Untuk itu, janganlah stres dan keep calm dengan dunia ini.

3. Alzheimer


Sumber Gambar

Stres juga meningkatkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Selain karena faktor usia, rupanya stress juga bisa menjadi dalang dari penyakit ini. Karena kenaikan kadar kortisol dalam darah ketika kita stress dapat menyebabkan kerusakan pada hipokampus.

Hipokampus sendiri adalah bagian pada otak yang berfungsi untuk menyimpan ingatan dan memori kita.

4. Sembelit atau Gangguan Pencernaan


Sumber Gambar

Yang satu ini TS pernah merasakannya sendiri. Ketika TS stress, TS jadi kesulitan buang air besar. Kalau pun bisa, pasti selalu keras dan perlu usaha ekstra. Mau tak mau harus minum obat pencahar supaya bisa BAB dengan lancar.

Efek dari hormon stress yang diduga jadi penyebab gangguan pencernaan. Selain itu juga, stress membuat TS lupa minum air.

5. Tubuh Semakin Kurus


Sumber Gambar

Yang ini sebenarnya bukan penyakit, tapi tetap TS masukkan karena TS pun pernah mengalaminya. TS menyadari semakin lama TS stress, tubuh semakin terlihat kurus. Tangan pun mengecil, bahkan berat badan TS pernah sampai 48kg.

Hal ini terjadi karena stress menyebabkan peningkatan pembakaran kalori dan mengubah kerja usus dalam mencerna makanan. Yang berujung pada penurunan berat badan.

emoticon-Takutemoticon-Takut

Jadi, masih mau stress? Jika sudah merasa burnout atau sudah penat, healing sebetar tidak apa-apalah. Janganlah hidup dibuat stress, santai saja. Pekerjaan, ekonomi dan masih banyak lagi penyebab seseorang menjadi stress. Jalani saja apa yang ada sekarang tanpa takut dengan masa depan. Atau paling tidak, carilah hal positif yang bisa menjauhkanmu dari stress. Lakukan hal menyenangkan!

Kalian biasa stres karena apa nih gan? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
provocator3301
arsenalkufc
fathroni
fathroni dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.7K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan