d3r1ramoAvatar border
TS
d3r1ramo
Waspadai Bahaya Blindspot Ketika Berkendara Motor, Tips Berkendara Aman


Sering denger istilah Blindspot?

Blindspot dalam bahasa Indonesia yang berarti area titik buta saat berkendara. Seperti dikutip dari Wikipedia titik buta, titik buta dalam berkendara atau titik buta kendaraan adalah bagian dari sekeliling kita yang tidak bisa kelihatan pada saat mengemudikan kendaraan, karena beberapa alasan seperti jangkauan pandangan yang terbatas cermin, terhalang oleh muatan yang dibawa.




BlindSpot



Titik buta mobil penumpang adalah di sebelah kiri dan kanan pengemudi seperti ditunjukkan dalam gambar.

Untuk kendaraan box, truk dan truk peti kemas, pandangan melalui cermin tengah tidak ada jadi mereka tergantung kepada cermin pintu. Kendaraan yang tinggi seperti bus, truk, kereta api tidak bisa melihat di sekitar mereka yang rendah.

Meskipun sering mendengar istilah Blindspot, namun area ini kerap dilupakan oleh pengendara. Padahal, memastikan keberadaan blindspot sangatlah penting untuk keselamatan berkendara.

Setiap jenis kendaraan akan memiliki area pandangan yang tidak tertangkap pandangan pengemudi, area itulah yang disebut titik buta. Abai pada blindspot jadi penyebab kecelakaan karena tidak memperhatikan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya.

Meskipun sering didengar, namun area ini kerap dilupakan oleh pengendara mobil. Padahal, memastikan keberadaan blindspot sangatlah penting untuk keselamatan berkendara. Setiap jenis kendaraan akan memiliki area pandangan yang tidak tertangkap pandangan pengemudi, area itulah yang disebut titik buta. Abai pada blindspot jadi penyebab kecelakaan karena tidak memperhatikan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya.


Tips Antisipasi Saat Blindspot
Seperti dikutip dari kanal tips & trik GilaMotor.com, Untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat “titik buta” tersebut, berikut tips untuk mengantisipasinya:


1. Pahami dan ketahui areablind spot kendaraan kita dan juga kendaraan lain dengan mengikuti pelatihan safety riding agar mampu memprediksi bahaya apa saja yang dapat terjadi ketika bekendara. Salah satu tempat pelatihan safety riding yang tersedia saat ini bisa ditemui di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang.
2. Pastikan areablind spot kita secara visual dengan melihat ke kanan atau ke kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan. Alternatif lainnya, dapat juga memasang spion tambahan untuk meminimasi area blind spot kita.
3. Fokus mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan kita terhadap lalu lintas jalan. Untuk itu, hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara serta hindari menggunakan knalpot tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan kita saat berkendara.
4. Selalu memposisikan di area luarblind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain.
5. Bunyikan klakson atau lampu untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain bahwa apabila kita berada pada areablind spot-nya dan segera keluar dari area blind spot tersebut.
6. Menggunakan pelengkapan berkendara yang terlihat, sehingga tidak mudah terabaikan oleh kendaraan lain.
7. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain saat berkendara.

Tambahan dari penulis, selain tips diatas, pastikan kita semua membaca doa sebelum berkendara agar selamat dari faktor apapun.

Sumber referensi konten:
[1] Wikipedia.org: Titik_Buta
[2] Kompas.com: Bahaya Blind Spot Saat Berkendara Mobil
[3] GilaMotor.com: Waspadai Bahaya Blind Spot Ketika Berkendara Motor
sc5
jlamp
jlamp dan sc5 memberi reputasi
2
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan