iskrimAvatar border
TS
iskrim
Makan Kepedasan Sambil Garuk Kepala? Baca Ini Biar Nggak Menyesal Kemudian, Gan


2 hari ini cuaca di Jakarta khususnya daerah Selatan terasa panas setelah beberapa waktu lalu sering di guyur hujan sampai menyebabkan banjir di beberapa wilayah membuat warga bingung dan cemas karena cuaca sekarang ini memang sulit diprediksi keadaannya.

Mumpung lagi panas-panasnya di jam istirahat saya dan beberapa teman kerja memesan rujak pak Sholeh yang cukup dikenal dilingkungan kantin kantor karena bumbu rujak kacangnya terkenal enak. "Pak, rawitnya 2 yak..,"kata Bram teman saya.

Tak lama rujak pesanan kami datang, saya dengan pedas standar makan dengan santainya, tapi si Bram terasa kepedasan sambil garuk-garuk kepala, wajahnya memerah dan terlihat berkeringat sampai sebiji jagung. "Gilaaa..., pedes banget," katanya.

Saya dan 2 teman lain cuma bisa ketawa melihat si Bram mirip 'uwak' di Ragunan.. haha! Setelah kita selesai makan saya jadi kefikiran kenapa ya seseorang yang sedang kepedasaan ada yang sampai garuk kepala segala, apakah ini bagian dari ekspresi pedas sesungguhnya atau bagaimana?



Seperti kita tahu, reaksi garuk kepala saat seseorang sedang kepedasan tidak selalu dilakukan oleh setiap orang. Setelah pedasnya hilang biasanya 'ritual menggaruk kepala" pun hilang. Mengapa bisa demikian, mengapa harus kepala yang digaruk, bukan bagian kaki atau pantatnya saja misalnya, heuheu emoticon-Big Grin

Diwaktu yang senggang diantara kesibukan saya bekerja, saya coba gugling dan kemudian menemukan sebuah jawaban yang meyakinkan. Menurut sumber yang saya baca kepala terasa gatal dan harus digaruk ketika seseorang sedang kepedasan. Ini karena makanannya didominasi oleh rasa pedas yang kemudian bagian tubuh terutama dibawah kulit kepala mengalami perubahan suhu.



Di proses ini tubuh berusaha mengeluarkan suhu panas akibat kepedasan tadi, kemudian sisa metabolisme yang menghasilkan keringat berlebih di sekitar kepala tadi itulah yang menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala.

Menurut sumber yang saya baca, reaksi ini adalah wajar bisa dirasakan oleh siapa saja dan bukan sebuah penyakit. Untuk menghindari rasa gatal dikepala saat akan makan rasa pedas adalah hindari kepala terpapar matahari langsung karena semakin meningkatkan suhu panas pada tubuh.

Selanjutnya jika rasa gatal kepala sudah menghilang ketika mandi sebaiknya langsung keramas karena keringat (juga mengikat debu) yang menempel pada permukaan kulit kepala tadi jika tidak segera dibilas bisa menimbulkan jamur yang tumbuh subur atau malah muncul ketombe.



Tuuh, gan buat kamu atau teman yang hobi makan pedas sangat kemudian sering gatal pada bagian kepala sebaiknya juga menjaga kebersihan kepala supaya kondisi kepalamu tetap sehat dan indah seindah iklan shampoo.. wkwk emoticon-Ngakak (S)




Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 07-01-2023 15:32
Pathela
rubah007
screamo37
screamo37 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan