harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Bahaya Sleep Call Bagi Kesehatan! Waspada, Romantis Tapi Berdampak Buruk!

Sumber Gambar

Istilah sleep call mungkin sudah taka sing lagi di telinga para anak muda. Kegiatan ini biasa dilakukan pada malam hari, di saat semua orang tidur. Alih-alih tidur, para penggemar sleep call justru malah menelepon pacar mereka dalam jangka waktu lama.

Di tengah kamar yang gelap dan balutan selimut, mereke mengobrol melalui sambungan video call atau telepon suara sampai akhirnya tertidur hingga pagi. Bahkan terkadang mereka tidur dengan kondisi video call yang masih menyala. Inilah yang kemudian disebut sleep call.

Sleep call memang bermanfaat bagi para pasangan yang LDR atau berpacaran jarak jauh. Bermanfaat juga bagi pasangan yang memiliki banyak kesibukan sehingga tak sempat bertemu. Maka sleep call jadi alternatif bagi mereka dalam membuat momen bersama. Selain manfaat, rupanya sleep call juga memiliki dampak buruk lho! Terutama yang pakai video call.

Hayo, baru tahu, kan?


Sumber Gambar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gadget seperti smartphone memiliki radiasi yang berasal dari layarnya. Salah satu resiko dari paparan radiasi berlebih dari smartphone adalah kerusakan otak. Radiasi yang smartphone keluarkan memiliki gelombang kuat yang bisa masuk hingga ke ruang hampa pada otak kita bahkan sampai membuat timbulnya penyakit neuroma akustik.

Sel Aksutik Neuroma sendiri adalah suatu tumor non-kanker yang biasanya muncul di saraf vestibular atau saraf yang menghubungkan bagian dalam otak hingga ke telinga. Sehingga penyakit ini bisa mengganggu fungsi pendengaran kita.

Gangguan fungsi pendengaran bisa bertambah parah jika kalian tak punya earphone sehingga harus menempelkan layar smartphone ke telinga dalam waktu yang lama. Efek panas pada smartphone yang menempel di telinga ini yang kemudian membahayakan fungsi pendengaran kita.

Bagaimana kalau pakai earphone?emoticon-Bingung (S)


Sumber Gambar

Sama saja, ada juga resikonya. Tahu kan bahayanya pakai earphone dalam waktu lama? Apalagi ini bisa pakai earphone hingga ketiduran. Selain dapat membuat pendengaran terganggu (Jika volume berlebih), earphone juga bisa menyebabkan infeksi telinga apalagi kalau kita sembarangan menaruh benda ini.

Jika bicara di luar smartphone pun, sebenarnya masih ada beberapa kerugian akibat sleep call ini. Salah satunya adalah kurangnya jam tidur. Kurang jam tidur bisa mengganggu kegiatan kita karena mengantuk. Hal ini jelas akan berdampak kepada produktivitas kita nantinya.

Kegiatan ini memang memiliki resiko, jadi apabila ingin tetap dilakukan pun sah-sah saja sebenarnya. Tapi bila sayang dengan diri sendiri dan juga pasangan, ada baiknya dikurangi lalu perlahan-lahan dihentikan. Begitu lebih bagus, kan?

Konten Sensitif

Sumber Gambar

Jadi untuk telepon atau video call mungkin boleh-boleh saja, tapi perhatikan situasi dan cara kita dalam menggunakannya. Pastikan tahu waktu yang tepat untuk melakukan video call atau telepon biasa. Tentu akan sangat bahagia apabila kedua pasangan sama-sama sehat.

emoticon-2 Jempol

Jadi, kalian apakah suka sleep call?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jiresh
arsenalkufc
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.8K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan