masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sedang Trend di Tik Tok, Ini Dia Sekilas Tentang Permainan Tradisional Lato Lato
Viral dan heboh di Tik Tok dan media sosial yang lain, ini dia sekilas tentang permainan tradisional Lato Lato


Lato Lato, mungkin Agan Sista di sebagian daerah dan wilayah di Indonesia tidak begitu paham dengan jenis permainan tradisional yang sedang viral dan heboh dimainkan semenjak menjadi trend di aplikasi video Tik Tok ini, tetapi untuk warga daerah Makassar tentu permainan tradisional tersebut sudah tidak asing karena pada zaman dulu anak-anak Makassar banyak yang memainkan permainan tersebut.

Perlu Agan Sista ketahui, sejak beberapa waktu yang lalu di aplikasi video Tik Tok tengah heboh netizen membagikan video bermain permainan tradisional Lato Lato.

Belum jelas secara pasti siapa yang kembali mengangkat permainan ini sehingga menjadi trend dan banyak yang mencoba untuk memainkannya, hanya saja saat ini telah banyak video-video baru mulai dari anak-anak sampai orang dewasa belajar bermain Lato Lato, bahkan ada video yang menunjukkan adanya pertandingan atau turnamen Lato Lato.

Trend permainan tradisional Lato Lato ini tentu membuat warganet yang belum tahu tentang permainan tradisional tersebut merasa penasaran GanSis, tentang apa itu Lato Lato dan bagaimana cara memainkannya.

Jujur TS pribadi belum pernah bermain Lato Lato sehingga merasa penasaran tentang asal muasal dari permainan Lato Lato itu sendiri.

Berikut sekilas informasi tentang Lato Lato yang berhasil TS rangkum dari berbagai sumber.




Bukan asli permainan tradisional Indonesia, Lato Latosebenarnya adalah permainan tradisional asal Amerika Serikat yang mulai dikenal dan dimainkan oleh anak-anak daerah Sulawesi Selatan khususnya Makassar dan juga beberapa daerah di Pulau Jawa sejak era tahun 90-an.

Lato Lato sendiri merupakan permainan menyeimbangkan dua bola berbahan dasar kayu atau plastik dengan bantuan benang dimana pemain harus membenturkan kedua bola dengan menggunakan tangan untuk dapat bergerak naik turun secara seimbang dan terus berbenturan berulang-ulang.

Di zamannya permainan ini cukup terkenal dan banyak dimainkan oleh anak-anak GanSis, hanya saja setelah gempuran modernnya teknologi dan muncul banyak permainan atau games digital, anak-anak lebih memilih games digital dibandingkan permainan tradisional yang dinilai ketinggalan zaman.

Permainan Lato Lato viral di media sosial setelah ada beberapa konten kreator Tik Tok yang memperkenalkan kembali permainan tradisional ini, yang kemudian banyak anak-anak tertarik untuk mencoba bermain dan Lato Lato kembali menjadi permainan tradisional yang naik trendnya.

Permainan Lato Lato meskipun terlihat sangat sederhana tetapi memiliki manfaat GanSis, yaitu untuk melatih keseimbangan gerak otot tangan, ketenangan pikiran, dan juga kesabaran, karena memang untuk dapat bermain Lato Lato butuh banyak latihan dan bisa dibilang tidak mudah.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang permainan tradisional Lato Lato yang sedang viral dan menjadi trend di media sosial banyak dimainkan oleh anak-anak kecil dan juga orang-orang dewasa.

Membahas tentang permainan tradisional memang tidak akan pernah asa habisnya GanSis. Memiliki kenangan tersendiri terkhusus bagi anak-anak zaman dulu yang saat ini sudah menjadi dewasa dan jarang melihat permainan tradisional dimainkan oleh anak-anak generasi muda.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menjawab penasaran dari Agan Sista semua terkait tentang permainan Lato Lato.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
bruno95
lutfigilang01
screamo37
screamo37 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.9K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan