Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rnaufana827Avatar border
TS
rnaufana827
PMM UMM Kelompok 50 Gelombang 10: Mengajar TPQ Hingga Serukan Moderasi Beragama
Dau, Kabupaten Malang - Mahasiswa PMM UMM Kelompok 50 Gelombang 10 melaksanakan pengabdian di Masjid Khadijah yang berlokasi di berlokasi di Jalan Mulyorejo Nomor 42, Dusun Jetak Lor, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 50 Gelombang 10 dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) I’anatut Thoifah, S.Pd.I., M.Pd.I. 


Kelompok 50 Gelombang 10 PMM UMM terdiri atas lima mahasiswa. Yaitu Rifqy Naufan Alkatiri, Muhammad Annas Firdaus, Ikhsanul Amal, Heriyanto, dan Siti Putrie Zulaikha. Kesemuanya merumakan mahasiswa semester tujuh pada program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Agama Islam (FAI) UMM.


Tema yang diangkat dalam PMM UMM Kelompok 50 Gelombang 10 adalah "Peningkatan Moderasi Beragama Melalui Optimalisasi Pengembangan Karakter dan Spiritual." Ada beberapa program kerja yang diselenggarakan oleh Kelompok 50 PMM UMM ini. Dua di antaranya adalah pembelajaran TPQ dan kajian moderasi beragama.



Salah Satu Foto Kegiatan Pembelajaran TPQ di Masjid Khadijah


Kegiatan pembelajaran mengaji di TPQ yang dilaksanakan mulai setelah ashar di Masjid Khadijah. Kegiatan pembelajaran ini juga diselingi dengan latihan menulis huruf arab, hafalan surat-surat pendek, hafalan doa sehari-hari, bercerita, bermain, dan kuis. Peserta didik pada TPQ Masjid Khadijah ini adalah anak-anak yang tinggal di sekitaran kompleks Masjid Khadijah dengan usia beragam.


Mahasiswa PMM UMM Menyampaikan Khutbah Jumat


Sedangkan program kajian moderasi beragama dilaksanakan dengan dua metode, yaitu melalui khutbah jumat dan melalui kajian rutin. Penyampaian khutbah Jumat mengenai moderasi dilaksanakan dengan menjelaskan mengenai pentingnya moderasi beragama dan bagaimana cara melaksanakan moderasi beragama dalam hidup bermasyarakat. Diharapkan melalui dua program kerja yang dilaksanakan ini dapat benar-benar terwujud apa yang menjadi tujuan dan harapan dari dilaksanakannya PMM UMM ini.  [rna]
0
579
1
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan