Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cyoga17Avatar border
TS
cyoga17
TIPS Lancar Interview ( Based On Experience )
Barusan lulus kuliah? atau lagi sibuk mencari kerja? Sama nih, TS juga baru banget wisuda S1 kemarin terus lanjut ngelamar abcdefgh sampe z. Disini aku akan sharing pengalaman interview di beberapa perusahaan yang udah aku coba ikutin. Atau mungkin ada HRD yang tertarik liat postingan dan profil ini lalu merekrut juga boleh nih. 



Tips 1
1. Jangan Pernah Gugup 
Dari interview yang diikutin ts merasa kalau lebih enak ts menjelaskan yang ditanyakan interviewer tanpa rasa gugup. Ts bandingin ketika ts menjawab gugup dengan Ts menjawab dengan lancar. Ts lebih leluasa ketika tidak gugup dan menjawab pertanyaan dengan lancar. Terlepas dari benar atau salah jawabannya, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah jangan gugup. Daripada anda gugup dan tidak ada kata yang keluar dari mulut anda, mendingan anda cas cis cus tanpa rasa gugup. 

Tips 2
2. Jangan Pernah Meremehkan Interview
Karena biasanya kandidat yang sudah terlalu banyak mengikuti interview ini akhirnya tidak belajar lagi mengenai perusahaan yang dia lamar, akhirnya dia menyepelakan interviewnya yang seolah olah pertanyaannya hanya itu itu saja. Nah ini yang jelek nih, karena kita tidak bisa menebak 100% apa yang akan ditanyakan oleh interviewer. Mungkin secara garis besar pertanyaannya itu itu saja tapi alangkah baiknya tetap belajar seluk beluk perusahaan agar siap jika ditanya interviewer. Kadang kalau kita sudah menyepelekan nantinya peroforma yang kita berikan tidak maksimal sehingga akan mempengaruhi cara menjawab kita pada saat interview. Ini yang dirasakan TS waktu coba bandingin yang sebelum interview ni TS mereview perusahaan sama CV ts sama interview yang Ts nggak ada persiapan sama sekali. 



Tips 3
3. Review CV Kalian , Coba Saring Lagi Mana Yang Kira Kira Worth Buat Di Ceritain 
Biasanya ada kandidat yang cvnya bagus banget atau banyak banget isi cvnya. Nah tapi pas interview nih, kan nggak mungkin semuanya di ceritain, bisa 4 jam interview itu, itu interview apa pemeriksaan kpk. Nhah solusinya yang nanti coba di ceritakan itu yang kira kira valuenya paling tinggi, contoh nih ada pengalaman ketua divisi organisasi A, Staff Organisasi B , dan Staff Organisasi C. Udah otomatis yang kalian ceritain awalnya yang di ketua divisi organisasi A dulu. Ntar yang B dan C kalian singgung aja dikit, dan kecuali si HRDnya minta di ceritain. Ini Ts sadarin pas beberapa kali interview karena yang Ts liat HRDnya ambil spotlight di bagian itu itu aja gitu, jadi daripada Ts jelasin semua diawal, mending Ts kasih dulu yang valuenya paling tinggi. 



Nhah ini Ts Share pengalaman Interview di beberapa perusahaan 
1. PT GLOBAL MINERALIUM CORPORINDO 
PT ini emang tergolong baru banget, Dia fokus di laboratorium pengujian mineral dan bahkan bersedia kalau misal diminta sebagai konsultan sebuah proyek. Fokus dia ada di pertambangan ,pengolahan mineral, eksplorasi, dan metalurgi. Waktu interview pertanyaannya seputar kelebihan dan kekurangan, udah pernah ngerjain project apa aja, rencana 5 tahun kedepan mau gimana. 

2. PT Kapuas Prima Coal
Kalau ini TS yang dihubungi HRDnya, waktu itu interviewnya langsung barengan jadi si HRD sama si User. Perusahaan ini bergerak dibidang sesuai namanya coal. Untuk mineralnya fokus di timbal dan zn.Untuk pertanyaan HRD kira kira sama kaya pada umumnya, tapi usernya lebih bertanya pengalaman di dunia metalurgi, kaya penegrtian blast furnace dan pengolahan timbal itu sendiri. 

3. Hasnur Riung 
kalau ini TS cuma sampe di tes psikologi gambar pohon dan gambar orang. Ts kurang ngerti untuk yang tes ini karena TS kurang tahu gimana harusnya yang bener waktu gambar pohon sama gambar orang. 


0
758
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan