Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Arfansyah812Avatar border
TS
Arfansyah812
Pengalaman setelah operasi wasir 😭 konvensional (BPJS)
Awalnya saya ga pernah tau saya menderita wasir, karna ga ada gejala seperti kebanyakan orang.
Tiba tiba pas BAB saya raba ada benjolan dimana benjolan itu menggangu dan saya khawatir waktu itu,
Posisi benjolan nya ada sebelah kiri deket anus, bentuknya bulet dan ukuran nya lumayan.
Bukan benjolan yg keluar terus bisa masuk ya.

Selang beberapa hari saya memutuskan periksa ke rumah sakit ke dokter bedah tanpa BPJS, setelah diperiksa saya di diagnosa hemoroid external dan dokter langsung menyarankan operasi, disitu saya kaget dan minta di obatin dulu.
Seminggu sudah minum obat2an dari dokter dan ada juga obat yang di masukan ke dalam anus, dan sempet juga beli obat herbal untuk wasir + ambeven + salep herbal + salep dari apotek untuk wasir.

2 minggu berselang ga ada perubahan, mengecil pun tidak, tapi meredakan radangnya, anus ga panas lagi.
Saya coba ke rumah sakit lain ingin tau diagnosa nya apa, ternyata sama aja dan dokterpun menghimbau untuk operasi, disitu saya percaya ga percaya, dan kemudian harus diputuskan hari itu juga, akhirnya saya setuju untuk di cek darah & rongsen untuk kemudian ditindak operasi 4 hari kedapan sambil membawa hasil lab nya. nah untuk cek darah & rongsen itu ga di cover BPJS. Tapi operasi & kamar itu yang di cover BPJS

Jujur gundah gulana menghadapi operasi yang kata orang sakit nya luar biasa. Kepikiran terus, rasa takut menghantui, akhirnya hari itu pas sore hari saya dengan bibi saya yang baik hati menuju IGD RS untuk proses operasi esok hari, prosesnya harus satu hari di rawat sebelum operasi, disitu saya di ambil darah lagi, padahal udah ada hasil pemeriksaan yg kemaren, trus di infus, proses di IGD ke ruang rawat lumayan lama 3 jam. Akhirnya masuk juga di ruang rawat dan saya diwajibkan berpuasa di mulai dari malam hari (tanpa makan & minum) sampai besoknya selesai operasi.

Jeng jeng jeng hari itu tiba, pasrah & takut campur aduk.
Di ingatkan suster waktu operasi saya jam 12 siang, jam 11 siang saya di dorong pakai kursi roda dari rawat inap ke ruang transisi (pokonya di ruang transisi itu sebelah nya ruang operasi)
Sambil nunggu giliran saya disuruh lepas semua pakaian, dan diganti pake baju operasi, naik ke kasur dan dipakein alat tensi ke tangan apa sih yg di cubitin ke tangan, buat kontrol detak jantung gituh,infus mah tetep yah nempel terus.
Tibalah saya dipanggil ke ruang operasi, kesan pertama liat ruangan itu serem, tp coba di bawa enjoy, naiklah saya ke meja operasi, yang di atasnya ada lampu entah berapa warna bikin silau mata, dan lampu nya dipindah posisi ke area anus, beberapa dokter sudah siap, liat gunting banyak bgt gustiii, dan dokter anastesi nyuruh saya duduk, disitu saya disuntik punggung entah sekali apa duakali, saya ngerasa kaya duakali hmmm
10 detik tiba2 kaki saya duadua nya keram & berat.
Oia posisi saya operasi seperti orang mau lahiran tp kaki kaki saya di topang lagi ke atas dua dua nya, udah kaya apa tau, di atas perut saya dipakein kain penghalang.
Dan saya dikasih bantuan selang buat nafas juga.
Waktu itu yang saya rasain kaya dipijit2 dan saya cuman liatin monitor sesekali liat ke atas.

Operasi selesai kurang lebih stengah jam, saya di angkat dari meja operasi ke kasur pasien, di dorong ke ruang transisi lagi,dan keluarga pun boleh masuk, saya diliatin potongan daging nya, ko ada 2. Perasaan benjolan nya waktu itu 1.

Setelah saya kembali ke ruang rawat inap disitu saya fine2 aja banyak menebar senyum,ngerasa lega bgt operasi nya sudah selesai.

Namun itu hanya sesaat 😫 bius hilang penderitaan dimulai. Dimana penderitaan yang belum pernah saya rasakan sebelumya. Bius itu bekerja sekitar 6 jam.
Kaki saya mulai terasa ringan, rasanya ada yang aneh kaya ada selang di bagian kaki saya, dan saya ngerasin kencing tapi terasa berat, ternyata pas diliat. saya sudah pake kateter, saya minta di cabut aja, karna nyeri, akhirnya di cabut, etdahhhh nyeri parah pas keteter itu di cabut, pengen teriak malu sama pasien lain haha maklum BPJS nya kelas 3.disaat berbarengan anus saya sakittttt bener2 sakitttt kaya ada yg nge ganjel, di malam itu saya bener2 kesiksa. Karna kateter udah di cabut, saya kencing ke toilet dan di bopong istri, kalian tau apa yg terjadi, keluar dikit aja kencing nya sakittttt, akhirnya ga jadi saya coba tahan. Kembali ke tempat tidur dengan perasaan sakit yg menyiksa.Ga bisa tidur, tidur2 shubuh.

Hari ke 3 dirumah sakit dan hari ke 2 pasca operasi masih dengan rasa yang sama sakit pake bgt.
Kemudian ada petugas medis datang, dan dia lepasin perban di anus, oke lepas. Hari ke dua ini hari dimana saya takut kencing, karna perih bgt, dengan terpaksa saya kencing keluarin semuanya, dan itu banyak bgt, saya ke toilet sambil nenteng infusan nahan rasa sakitnya luar biasa.

Hari berikutnya harusnya jadwal pulang tp saya stay 1 hari lagi karna ngerasa butuh istirahat dan belum BAB

4 hari dirumah sakit akhirnya saya pulang, dan itu hari dimana saya BAB pertama pasca operasi, luar biasa sakitttttt, toilet saya toilet jongkok, dari posisi jongkok ke berdiri itu luar biasa sakitnya. Fases nya kaya diare ya mungkin ini penyempitan anus.

Sekarang sudah hampir 3 minggu keluhan yang saya alami yaitu ada nanah di bekas operasi saya, dan malah sekarang2 BAB saya kadang berdarah, padahal dulu ga sama sekali, setelah saya check ternyata memang 2 bagian yang dioperasi, saya baru sekali kontrol karna dokternya cuti 😭 saya bingung harus kontrol kemana, ditambah sekarang lagi wabah corona, ada rasa takut untuk berkunjung ke rumah sakit, doakan saya supaya cepet pulih 🤲🏻




anaherlinda123
anaherlinda123 memberi reputasi
1
10.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan