masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Suka Melabeli Diri Gangguan Mental atau Fisik? Awas, Bisa Jadi Factitious Disorder
Tidak sedikit orang pura-pura gangguan fisik atau mental, awas bisa jadi gejala factitious disorder


Gangguan mental, belakangan ini banyak sekali orang yang mendiagnosis dirinya sendiri mengalami hal tersebut dan menjadikannya sebagai bahan pembicaraan di berbagai kalangan termasuk kepada teman-teman atau keluarganya entah itu dengan tujuan untuk mencari perhatian, menggugah rasa simpati, atau bahkan juga kedok untuk melakukan tindak kejahatan tertentu.

Mulai dari depresi, bipolar disorder, kepribadian ganda, dan beberapa jenis gangguan mental lainnya menjadi beberapa jenis gangguan mental yang paling sering diaku-akui oleh seseorang padahal diri mereka belum tentu mengalami gangguan mental tersebut atau bahkan bisa jadi itu hanya kepura-puraan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tapi apakah Agan dan Sista mengetahui bahwa berpura-pura mengalami gangguan fisik atau mental ini sebenarnya juga merupakan gangguan mental?
Pasti banyak orang belum mengetahui bahwa sebenarnya orang yang suka melabeli diri mereka sendiri gangguan mental atau berpura-pura mengalami penyakit tertentu sebenarnya mereka sedang mengalami sebuah gangguan mental yang cukup serius.

Apa istilah gangguan mental bagi orang yang berpura-pura mengalami gangguan mental?
Berikut ini penjelasan singkatnya.




Factitious Disorder, merupakan sebuah penyakit mental yang sangat serius dimana pengidap penyakit mental ini bertindak seolah-olah mengalami gangguan psikologis atau berpura-pura mengalami gangguan penyakit fisik.

Orang yang mengalami factitious disorder mereka dengan sengaja menimbulkan gejala penyakit tertentu dengan tujuan untuk menarik simpati dan perhatian orang lain atau hanya sekedar ingin mendapatkan perawatan atau bahkan agar terlihat keren.

Memang gangguan ini sedikit unik GanSis, sebab munculnya gejala adalah karena kesengajaan dan orang yang mengalami gangguan factitious disorder ini mereka sadar bahwa sebenarnya mereka sehat dan tidak sakit apapun, bahkan untuk meyakinkan orang lain mereka rela untuk melakukan tes kesehatan yang beresiko asalkan orang lain menaruh rasa simpati kepadanya.

Adapun gejala dari gangguan factitious disorder yaitu seseorang pura-pura atau meniru gejala penyakit tertentu, melakukan hal-hal yang membahayakan dan menyakiti diri sendiri, rela melakukan tes atau operasi yang beresiko bahaya tinggi, suka berbohong dengan banyak mengeluh kepada orang sekitar.



Pengidap factitious disorder ini bisa dilakukan perawatan atau dikontrol dengan konseling atau psikoterapi.

Pastinya untuk mengetahui apakah seseorang mengalami factitious disorder ini juga tidak mudah, karena mereka yang memiliki gangguan meniru gejala gangguan mental atau penyakit yang sebenarnya jauh dari gangguan mental yang dialaminya sendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat mengobati rasa penasaran kenapa ada seseorang yang ingin dianggap sakit atau gangguan mental sedangkan menurut pandangan Agan Sista orang tersebut sehat jasmani dan rohani.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
AgusLie007
cheria021
drkhntr3ss
drkhntr3ss dan 20 lainnya memberi reputasi
21
5K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan