Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

safiradnugrohoAvatar border
TS
safiradnugroho
MUI: Pesantren Pilihan Pendidikan Terbaik untuk Anak-anak


Adanya beberapa kasus pelecehan seksual yang mencuat belakangan ini hendaknya tidak membuat para orangtua surut niat untuk mengirimkan putra-putri mereka belajar di pondok pesantren (ponpes). Selektif saja saat memilihkan ponpes untuk sang buah hati.

Demikian imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI), di mana orangtua disarankan tak perlu khawatir mengirim anak-anak ke pesantren untuk menempuh pendidikan.

“Saya mengimbau segenap orang tua untuk tidak ragu menempatkan anaknya di pesantren sebagai alternatif terbaik tempat pendidikan dan pengasuhan putra-putrinya,” kata Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh dilansir dari laman MUI.or.id, Senin (18/7/2022).

Dia mengatakan pesantren tetap pilihan pendidikan terbaik untuk anak-anak. Karena pengasuhan di pesantren berbasis keteladanan, dengan semangat kebersamaan, kesederhanaan, dan kedisiplinan dengan pembiasaan akhlak baik.

“Pesantren tetap pilihan terbaik untuk pendidikan karakter. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan formal, informal dan nonformal dengan pendekatan keteladanan serta pengasuhan yang terintegrasi,” ungkapnya.

Lebih jauh, dia menyarankan kepada setiap orang tua agar lebih selektif dalam memilih pondok pesantren sebelum menempatkan putra putrinya di sana. Minimal dengan mengetahui kurikulum dan metode yang dipakai untuk pengajaran.

“Sebelum menempatkan anak, orang tua harus memahami dan mengetahui kondisi faktual pesantren, mulai dari siapa saja pengasuhnya, mata pelajaran yang diajarkan, serta aktifitas kesehariannya,” kata pengasuh Pesantren Al-Nahdlah itu.

Ni’am juga menjelaskan terkait solusi efektif yang menurutnya bisa membebaskan lingkungan pondok pesantren dari kekerasan seksual. Salah satunya dengan memperkuat tata kelola dan optimalisasi pelayanan pesantren.

“Pengasuh pesantren juga perlu menguatkan tata kelola kepesantrenan untuk mengoptimalkan khidmat dan layanan pendidikan dan pengasuhan,” imbuhnya.[ros]


https://www.moeslimchoice.com/read/2...tuk-anak-anak-

Slama pesantren masih tertutup, takut banget gak sih masukkin anak ke pesantren. Bukan kita curiga ya, tapi ntar anak kita ga bisa minta tolong kalau terjadi apa-apa. emoticon-Takut
bodohwi
viniest
viniest dan bodohwi memberi reputasi
19
3.7K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan