dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Mengenal Sejarah Asli April MOP (April Fools).
Hello GanSis selamat pagi, semoga pagi agan dan sista berjalan baik dan tidak halangan satu apapun ya. Kreator juga mau ucapin selamat menunaikan ibadah puasa bagi GanSis yang beragama muslim dan semoga ibadah puasa yang GanSis jalankan diterima Allah dan dapat menambah ketakwaan kita sebagai seorang muslim. GanSis kali ini kreator mau membahas mengenai sejarah yang sering dilakukan perayaan memasukkan tanggal 1 April yakni April Fools atau biasa kita kenal April MOP.



April MOP ini merupakan satu perayaan yang lazim dilakukan oleh kaum barat dengan melakukan semacam prank kepada orang lain. Namun ada beberapa sejarah mengatakan bahwa April MOP ini merupakan perayaan bagi bangsa barat untuk pembataian umat muslim yang dilakukan di Andalusia oleh Ratu Isabella kala terjadinya Reconquista. Jadi sedikit disclaimer untuk GanSis diawal thread ini bahwa kreator tidak bermaksud SARA atau menyinggung pihak manapun, tetapi agar menjadikan GanSis terutama TS yang membuat thread ini dapat belajar dan menjadikan kita lebih jeli terhadap info sejarah yang benar dan meluruskan simpang siur mengenai sejarah April MOP ini. Awal mula April Fools day atau April MOP ini merupakan hari yang dipakai oleh orang-orang untuk melakukan kebohongan atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Menurut halaman history, beberapa sejarahwan mengungkapkan bahwa April MOP dimulai ditahun 1582, saat itu Prancis beralih dari penggunaan kalender Julian menjadi Kalender Georgian. Di Abad Pertengahan, tahun baru dirayakan pada tanggal 25 Maret di seluruh Eropa. Bahkan di beberapa lokasi daerah di Perancis, perayaan tahun baru ada yang sampai 1 April. Setelah Raja Charles IX mengganti kalender, tahun baru pindah menjadi 1 Januari. Mereka yang tetap merayakan tahun baru di musim semi, atau lupa soal pergantian penanggalan ini dijuluki sebagai "Poison D'Avril" atau "April Fish" yang bearti ikan yang mudah ditangkap atau dalam artian orang pada zaman tersebut mudah tertipu.



Ada juga versi dan teori lain tentang April MOP ini bahkan bisa dibilang teori ini lebih awal dari teori sebelumnya yakni Hilaria di Romawi Kuno, perayaan ini dilakukan pada akhir Maret hingga awal April dimana orang-orang akan melakukan cross dressing dan saling mengolok-olok satu sama lain. Kata latin Hilaria artinya "yang ceria", juga menjadi asal kata bahasa Inggris yakni Hillarious yang artinya "lucu". Teori lain ada juga yang menyebutkan bahwa April MOP ini berakar pada Vernal Equinox, dimana pada awal april cuaca sering mempermainkan manusia dengan perubahan-perubahan yang tak terduga. Karena pada waktu itu ada banyak agama kuno yang menggunakan alam sebagian acuan dalam mereka beribadah. Kemudian di Norwegia, ada sebuah perayaan untuk menghormati Dewa Perusak dan Kekacauan, Loki. DIlansir dari Refinery 29 peringatan ini ialah merupakan perayaan untuk menghormati Dewa Perusak dan Kekacauan Norwegia yaitu Loki. Untuk memperingatinya, mereka melakukan perayaan dengan saling menjaili, berbohong atau melempar lelucon hingga tengah hari, tanpa harus merasa bersalah atau dipermasalahkan.



Nah GanSis itu dia beberapa versi dari asal-usul April MOP ini, menambahkan untuk pembantaian umat Islam di Spanyol oleh tentara salib yang sering disangkut pautkan lahirnya April MOP mungkin saja pernah terjadi. Sebenarnya kisah April MOP yang dikaitkan dengan pembataian Muslim dan Yahudi saat terjadi Reconquista di Spanyol pada masa lampau memang banyak faktor dan rentetan sejarah mengenai hal ini sangat panjang dan kompleks lagi, jadi TS berusaha mengambil beberapa teori April MO ini diluar topik yang selalu mengaitkan April MOP dengan pembantaian Muslim dan Yahudi yang ada di Andalusia pada masa silam. Intinya sejarah pembantaian Muslim dan Yahudi memang ada saat itu yang dilakukan oleh Imperium SPanyol dibawah pimpinan Ratu Isabella saat merebut wilayah Andalusia waktu itu. Nah GanSis bagi GanSis yang memiliki objektifitas atau teori lain tentang April MOP ini bisa banget untuk kita berdiskusi di Thread ini agar menambah wawasan GanSis terutama TS pribadi.

Baiklah GanSis sekian TS akhiri thread kali ini sampai jumpa di thread lainnya.

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for Sumber dan Referensi:



palapanusa
iyan.raambo123
iyan.raambo123 dan palapanusa memberi reputasi
2
1.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan