Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrojambiAvatar border
TS
metrojambi
Pendaki Gunung Kerinci Wajib Bawa Sampah Turun, Jika Tidak KTP Ditahan
KERINCI - Guna mengurangi sampah di jalur pendakian Gunung Kerinci, para pendaki diharuskan membawa kantong plastik dan membawa sampah pada saat turun ke pos penjagaan.

Bahkan, jika pendaki yang saat turun tidak membawa sampah, maka petugas akan menahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ditinggalkan di pos penjagaan.

Hendi, salah seorang pencinta alam mengatakan, bahwa petugas TNKS Kerinci saat ini telah memberlakukan jaminan KTP yang dititipkan di petugas saat akan melakukan pendakian ke Gunung tertinggi di Sumatera itu.

"Alhamdulillah, setelah kita melakukan kegiatan pendakian bersama membersihkan sampah di jalur pendakian Gunung Kerinci beberapa waktu lalu, direspon cepat dari Taman Nasional Kerinci Seblat. Mereka mewajibkan pengunjung meninggalkan KTP sebagai jaminan," ujarnya, Selasa (4/12).
Tidak hanya meninggalkan KTP, pendaki juga harus membawa kantong plastik dan membawa kembali sampahnya dan sampah gunung 1 kg per orangnya. "Kalau nggak mampu atau nggak mau, ya ngak usah naik gunung Kerinci," ucapnya.

Sementara itu, Reno salah seorang anggota DPRD Kerinci yang ikut membersihkan sampah di jalur Pendakian Gunung Kerinci mengatakan, bahwa dari hasil pembersihan beberapa waktu lalu, sebanyak 34 karung sampah dibawa turun ke bawah.

"Sampah hari pertama sebanyak 15 kantong dan kedua 19 kantong, total 34 karung yang berhasil diturunkan dari Gunung Kerinci. Jadi saat ini masih ada ratusan kantong lagi yang belum diturunkan," sebutnya.
Dia berharap, dengan kehadiran pengunjung di libur natal dan tahun baru ini yang biasanya menembus 2 ribu orang, akan dan bisa mengurangi sampah di Gunung Kerinci. Dua ton sampah siap diturunkan oleh pengunjung di akhir tahun ini.

"Mari kita ingatkan dan awasi bersama SOP pendakian gunung Kerinci ini yang baru dikeluarkan oleh pihak Taman Nasional Kerinci Seblat," pungkasnya.

0
1.4K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan