Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Beneran Ada Nih? Mesin Gerak Abadi, Mesin Yang Bergerak Tanpa Bahan Bakar?
Quote:
sumber

Akhir-akhir ini di internet ataupun di berita-berita pada media massa sering digembar-gemborkan dengan penemuan-penemuan yang bersifat energi terbarukan ataupun energi yang tidak terbatas, biasanya berupa siklus tertutup tanpa tambahan energi dari luar dan siklus ini akan berlangsung terus-menerus tanpa berhenti, dan kemudian hal itu akan diklaim sebagai penemuan baru. Sebetulnya ide seperti itu sudah sangat lama dipikirkan dan diriset oleh manusia baik oleh orang awam ataupun oleh ilmuwan, karena hal ini pula ane merasa tertarik untuk membahas atau mengangkat tema berkaitan dengan perpetual motion atau perpetual machine atau mesin gerak abadi. Hal ini menarik jika memang benar mesin gerak abadi bisa ditemukan atau mungkin sudah ditemukan, bayangkan saja manusia akhirnya memiliki mesin yang sepenuhnya tidak membutuhkan input energi yang bersumber dari manapun untuk menggerakkannya, kita tidak perlu lagi menggali tanah yang dalam hanya untuk mencari minyak untuk memenuhi bahan bakar kita atau membeli panel surya yang sangat mahal bahkan energi nuklir yang sangat rentan penggunaannya, semua itu bisa kita acuhkan jika andai kata mesin gerak abadi benar-benar bisa atau sudah ditemukan.

Nah sekarang pertanyaannya apakah mesin gerak abadi sudah ditemukan? Banyak rumor-rumor dan artikel yang beredar kalau mesin gerak abadi sudah berhasil ditemukan bahkan jauh-jauh sebelum era modern seperti sekarang ini. Konon katanya mesin gerak abadi sudah ditemukan seperti contohnya saja pada abad 12 yaitu Bhaskara’s yang berasal dari india sudah melakukan riset mengenai mesin gerak abadi ini kemudian Leonardo Da Vinci sang jenius juga tidak mau ketinggalan merancang mesin ini walaupun jelas masih sangat sederhana, bagaimana di abad ke-21 ini? pengakuannya seorang ilmuwan dari Turki yang bernama Muhammad Yilzid mengklaim sudah menemukan mesin gerak abadi ini, beliau menggunakan magnet sebagai motor penggeraknya dan mesin itu mampu bergerak hingga berhari-hari tanpa berhenti dengan kecepatan yang kencang, tapi tentu saja motor mesin tersebut adalah magnet energi alam yang bisa rusak jika terus-menerus digunakan. Selain mesin perpetual motion jenis magnet seperti yang diklaim ditemukan Muammar Yilzid,  ada beberapa jenis mesin lainnya yaitu mesin gerak abadi jenis gravitasi, prinsip dari kerja mesin ini adalah memanfaatkan energi yang berupa energi dari gaya gravitasi bumi sehingga membuat roda tersebut terus berputar. Kedua mesin gerak abadi jenis low-temperature cara kerja dari mesin ini adalah dengan menggunakan perbedaan suhu udara yang diletakkan di bawah roda dekat piston sehingga menyebabkan roda tersebut terus berputar.

Quote:
sumber

Yang jadi pertanyaannya dari semua penjelasan di awal Apakah benar dan mungkin mesin gerak abadi atau perpetual motion bisa diciptakan? Well, mesin gerak abadi yang merupakan mesin yang memiliki gaya gerak yang terus-menerus tanpa input energi apapun, jika dilihat dari hukum termodinamika pertama dan kedua yaitu kekekalan energi dan entropi sistem, begini bunyi dari hukum termodinamika pertama tentang kekekalan energi : “Kenaikan energi internal dari suatu sistem termodinamika sebanding dengan jumlah energi panas yang ditambahkan ke dalam sistem dikurangi dengan kerja yang dilakukan oleh sistem terhadap lingkungannya” dan bunyi dari hukum termodinamika kedua tentang entropi sistem : “Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan meningkatnya waktu mendekati nilai maksimumnya”. Jika dilihat dari hukum termodinamika nomor 1 dan nomor 2 hal ini sangat tidak mungkin dan jelas-jelas melanggar hukum Termodinamika, hal ini tidak mungkin karena mesin apapun atau gerakan apapun tidak pernah sepenuhnya bisa menghilangkan gaya gesek pada sebuah mesin atau gaya gerak. Menurut siklus carnot dan efisiensi mesin carnot dijelaskan “Efisiensi mesin selalu kurang dari 100% atau tidak mungkin = 100% hal ini berarti selalu ada energi yang didesipasikan ke lingkungannya”, energi desipasi dapat berarti energi yang hilang dari suatu sistem sehingga energi sistem akan terus-menerus berkurang dan pada akhirnya akan habis.

Gerak Abadi adalah gerak tubuh atau sistem yang terus-menerus tanpa batas, dan hal ini tidak mungkin karena gesekan dan proses menghamburkan energi lainnya seperti bunyi hukum termodinamika “Energi tidak bisa diciptakan dan tidak bisa dimusnahkan melainkan hanya bisa diubah bentuknya saja”, jangankan sebuah mesin atau objek tertentu kecil saja, hukum termodinamika pun berlaku pada skala objek yang sangat besar atau raksasa misalnya gerakan dan rotasi benda langit seperti planet yang kelihatannya bergerak secara abadi padahal sebenarnya tunduk pada banyaknya proses yang perlahan-lahan menghilangkan energi kinetik mereka seperti angin surya, ketahanan medium antar bintang, radiasi gravitasi, radiasi termal sehingga mereka tidak akan terus bergerak selamanya.

Quote:
sumber

Bukannya ane meremehkan atau merendahkan temuan-temuan mengenai mesin gerak abadi tersebut, namun sampai saat ini belum ditemukan mesin yang bisa membuat siklus tertutup dan bergerak terus menerus yang gerakannya bisa dimanfaatkan. Walaupun memang secara teoritis hal ini bisa dilakukan dengan syarat tidak ada losses atau energi yang hilang, tapi siapa yang mampu menjamin adanya suatu mesin yang bebas gesekan atau bebas losses atau pergerakan abadi ini memang sesuatu yang eksis di dunia ini, karena tidak ada suatu objek atau benda apapun yang bisa bebas dari gaya gesek dan bebas losses karena sampai kapanpun musuh dari gaya gerak adalah gaya gesek.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa mesin yang mengekstrak energi dari sumber yang terbatas tidak akan bekerja tanpa batas waktu atau tidak terbatas, karena mereka didorong oleh energi yang tersimpan pada sumber yang akhirnya akan habis juga atau akan berhenti dengan total. Sumber tenaga pasti terbatas, ada gesekan ada tahanan lain pula yang harus dilawan menghilangkan satu elemen maka tidak ada elemen yang lain pula.

Nah itulah tadi penjelasan singkat mengenai mesin abadi yang bergerak tanpa bahan bakar. Bagaimana menurut kalian? Kasih komen dibawah ya, mari kita diskusikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

referensi : 12 & 3
Diubah oleh Si.jonii 18-11-2021 07:04
MasterSims
agusrezapratam4
Zainul.arifi314
Zainul.arifi314 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
13.2K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan