mataduniawiAvatar border
TS
mataduniawi
The Brazen Bull, Hukuman Mati Paling Brutal di Yunani Kuno. Cocok untuk Koruptor?
Mungkin kita sudah pernah dengar bahwa aneka hukuman mati di zaman dunia kuno amat bikin bulu kuduk berdiri atau bahkan lemes sekujur badan. Eksekusi mati zaman dulu terkenal jauh dari kata manusiawi. Kenapa? Karena tidak langsung membuat orang mati melainkan akan mengalami penderitaan siksaan terlebih dahulu.

Salah satu hukuman mati paling brutal nan kejam adalah The Brazen Bull. Kalau diterjemahkan bebas ke bahasa Indonesia adalah 'Banteng yang Kurang Ajar'.Terbuat dari logam yang dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi patung berwujud banteng. Di bagian dalamnya sengaja dibiarkan kopong. Ruang di dalam patung inilah yang akan menjadi tempat orang yang dijatuhi hukuman mati menghirup nafas terakhirnya. Kemudian ada saluran pipa yang dirancang khusus sebagai tempat keluar suara jeritan yang dikonversi konon katanya mirip suara banteng lagi ngamuk.

Si terpidana mati sebelum dimasukan ke dalam perut patung banteng akan diikat terlebih dahulu. Kemudian pintunya dikunci. Dalam kondisi tersempal sesak seperti itu saja sudah amat menyiksa. Penderitaan tidak berhenti sampai di situ saja, selanjutnya api dinyalakan persis di bawah perut patung banteng. Terpidana mati sebelum tewas tentu akan menjerit histeris karena dipanggang hidup-hidup. Suara yang keluar-didengar oleh orang-orang yang menyaksikan terdengar seperti suara banteng yang marah melewati saluran pipa khusus yang terpasang.

Hukuman mati mengerikan ini pernah eksis di zaman Yunani kuno. Penemunya bernama Perilaus. Dipersembahkan kepada sang penguasa saat itu, seorang raja tiran bernama Phalaris yang menginginkan rakyat takut (tunduk) pada segala perintahnya sekaligus untuk menakuti musuh-musuhnya.

Saking keji dan kejamnya Phalaris, si penemu setelah panjang lebar menjelaskan cara kerja The Brazen Bull diminta untuk membuktikannya. Si penemu diseret, diikat, dimasukan ke dalam patung banteng, dijadikan korban pertama.

Saat ini patung The Brazen Bull dipamerkan di Torture Museum di Bruges, Belgia

Nah gan sis, gimana menurut kalian. Model hukuman kayak gini cocok gak buat para koruptor si maling uang rakyat? Kalau menurut TS sih cocok pake banget. Karena pastilah horang-horang kaya nan berkuasa itu bakal ciut nyalinya. Gak bakal nafsu lagi untuk memakan hak orang lain. Rasa takut emang sejak dulu terbukti ampuh bikin manusia patuh.

Tapi yaah boro-boro mau pake cara The Brazen Bull, hukuman suntik mati aja yang dinilai paling sedikit sakitnya gak bakalan deh jadi kenyataan di belahan bumi +62 ini. Betul gak?

sumber1



mionggarong
S4ngpecinta
delfatesting260
delfatesting260 dan 35 lainnya memberi reputasi
34
16K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan