si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
[UPDATE] Rusia Sukses Menembakkan Rudal Hipersonik Zircon dari Kapal Selam
Hallo gan sist kembali lagi di segmen update, kali ini TS akan memberikan informasi terkait alutsista. Pada kesempatan kali ini afa kabar menarik dari Rusia, mengutip artikel TheDrive.comdikabarkan bahwa kapal selam milik Rusia sukses melakukan menembakkan rudal jelajah Zircon dari kapal selam Severodvinsk dari Kelas Yasen pada hari Senin (04/10/2021). Sementara itu pihak Kementerian Perrtahanan Rusia tidak memberikan rincian tentang peluncuran uji coba oleh Severodvinsk saat kapal berada di permukaan, tetapi memasukkan beberapa rincian tentang uji coba yang dilakukan saat kapal selam sedang menyelam.

Media Rusia TASS mengatakan jika rudal Zircon berhasil ditembakkan dari kedalaman 40 m, dalam uji coba tersebut Zircon ditembakkan dari kawasan Laut Putih dan berhasil mengenai target yang berada di Laut Barents. Sampai saat ini tidak ada informasi detail yang diberikan oleh Rusia mengenai jarak total serta kecepatan yang ditempuh Zircon baik dalam peluncuran uji coba kali ini. Namun, Kementerian Pertahanan Rusia sudah merilis sebuah video, yang dikatakan menunjukkan peluncuran uji coba dari Severodvinsk yang muncul ke permukaan. Dan baru-baru ini pihak Kementerian Pertahanan Rusia juga telah merilis klip video yang sangat singkat yang tampaknya merupakan peluncuran uji terendam. Untuk videonya ada di bawah sini.


Quote:



Uji coba Zircon kali ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya pada 6 Oktober 2020 rudal diuji dari kapal frigate Project 22350 Admiral Gorshkov. Pada bulan Juli 2021 kapal frigate tersebut juga telah melaksanankan uji coba akhir penembakkan Zircon, namun dalam kedua uji coba tersebut tidak dijelaskan secara detail berapa kecepatan dan jarak yanga berhasil ditempuh.

Sebelumnya pada tahun 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa rudal hipersonik Zircon mampu menembus kecepatan Mach 9 dan mencapai target lebih dari 1.000 kilometer jauhnya, akan segera bertugas. Dan pada 24 Agustus, di forum teknis militer internasional Army-2021, Kementerian Pertahanan menandatangani kontrak untuk memperoleh rudal Zircon. CEO dan kepala desainer NPO Mashinostroyeniya, Alexander Leonov mengatakan kontrak akan dipenuhi pada tahun 2025.

Pada bulan Agustus 2021, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchk mengatakan uji coba rudal Zirkon akan selesai pada akhir tahun ini. Perlu juga dicatat bahwa, pada tahun 2019 Krivoruchk mengidentifikasi kapal selam kelas Project 949A Oscar II Irkutsk  yang diperkirakan tidak akan kembali ke armada dari perombakan besar-besaran hingga tahun depan, dan Project 1155 Udaloy kelas kapal perusak Marshal sebagai salah satu kapal pertama yang diharapkan membawa rudal Zircon secara operasional.

Presiden Putin sebelumnya juga telah mengumumkan bahwa senjata tersebut akan menjadi bagian dari persenjataan yang tersedia untuk frigate Project 22350 Angkatan Laut Rusia. Pada prinsipnya, setiap kapal atau kapal selam Rusia yang dipasang atau dipasang kembali dengan varian sistem peluncuran vertikal 3S14 "universal" yang baru harus dapat menembakkan Zircon diantara rudal lainnya. Kabarnya Zircon akan memasuki layanan Angkatan Laut Rusia pada tahun 2022, dengan uji coba lanjutan akan dimulai pada November tahun ini.


Quote:



Nah, demikian sedikit update informasi ringan dari Rusia. Semoga bisa bermanfaat untuk agan dan sista, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer







Referensi Tulisan: TheDrive.com& TASS
Ilustrasi Foto: Kementerian Pertahanan Rusia & Ainonline
Diubah oleh si.matamalaikat 08-10-2021 11:27
nowbitool
Split Horizon
delfatesting260
delfatesting260 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.1K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan