Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

teofilusSWAvatar border
TS
teofilusSW
Sony Berhasil "Menguasai" Industri Anime, Manga, Game & Idol Sekaligus di 2021?
Quote:


Jepang, 
Mungkin banyak orang di Indonesia sangat paham bahwa salah satu industri dari Jepang yang cukup 'mendunia' dan diminati oleh banyak orang Indonesia adalah industri kreatif atau industri budaya populer, alias industri pop culturenya, atau biasa disebut sebagai J-Pop. Nah, di dalam kultur J-Pop, ada beberapa karya yang paling populer di antara banyak karya di dalam kultur ini, yaitu anime (atau animasi), manga (komik a la Jepang), light novel (game, dan idol. 

Nah, di tahun 2021, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, produksi dan distribusi anime di Jepang itu dirilis berdasarkan 4 musim di Jepang, yaitu musim dingin (Winter/Fuyu), musim semi (Autumn/Haru), musim panas (Summer/Natsu), dan musim gugur (Fall/Aki), dengan rincian bahwa satu musim penayangan adalah biasanya 12-13 minggu (terutama bagi anime yang hanya menayangkan 1 cour atau hanya tayang dalam 1 musim), sedangkan untuk produksi manga, game, dan idol, juga berdasarkan pola iklim di Jepang tersebut, hanya saja mereka tidak terikat oleh batasan waktu tayang atau distribusi. Untuk saat ini, kita masih dalam jadwal  penayangan musim panas (Summer 2021), walaupun kita sudah di pertengahan musim saat ini. Secara keseluruhan, di tahun 2021, kita sudah melewati 2,5 musim beserta musim dingin dan musim semi (Winter 2021 dan Spring 2021).Karena kita sudah melewati banyak sekali minggu di tahun ini, kita telah melihat banyak sekali karya anime, manga, game, dan idol yang telah dirilis sejauh ini. 

Nah, mungkin banyak pecinta anime, manga, game, dan idol Jepang yang merasa bahwa produksi anime, manga, game, dan idol Jepang di tahun 2021 ini terasa unik. Banyak sekali bahan cerita, artstyle, serta soundtracks yang menarik, unik, inovatif, dan bahkan beberapa di antaranya dibuat dengan latar belakang tema dan sinopsis yang cukup berani dan anti-mainstream. Pada musim kemarin, misalnya, pada musim Spring 2021, fans Indonesia, terutama yang biasa mantengin Muse Asia alias fans anime jalur legal, dibuat kagum oleh anime Hige wo Soru, Soshite Joshi Kosei wo Horu (Higehiro, Tokyo Revengers, Zombie Land Saga Revenge, hingga Fruit Basket The Final yang bahkan berhasil meraih rating tertinggi sepanjang sejarah di banyak website seperti MyAnimeList.net atau Anilist. Namun, sebenarnya banyak sekali anime bagus, unik, bahkan 'berani' yang telah dirilis sejak Winter 2021 hingga sekarang, Summer 2021, seperti Wonder Egg Priority, Idoly Pride, Vivy: Flourite Eye's Song, hingga Tantei wa Mou Shindeiru (Tanmoshi) dan Magia Record: Puella Magi Madoka Magica Season 2 di musim sekarang. 


Nah langsung saja ke point utama nya ... 
Ada yang menarik dari 5 judul anime yang disebutkan di atas (beberapa di antaranya juga merupakan franchise media-mix, yaitu franchise kreatif yang terdiri atas beberapa karya seperti anime, manga, dan game, seperti Idoly Pride, Magia Record, atau Tanmoshi). Sekilas, bagi kalian yang telah menyaksikan setidaknya 2 judul dari 5 judul anime yang telah disebutkan itu, kalian mungkin akan sulit menemukannya. Alasannya, tema cerita yang berbeda-beda, artstyle yang berbeda-beda, dan plotting cerita yang berbeda-beda satu sama lain, sama seperti umumnya produksi berbagai anime. Misalnya saja pada Wonder Egg Priority

Quote:


Bandingkan dengan Idoly Pride.

Quote:


Lihat, ada yang 'terasa janggal'? 

Mengapa ini bisa terjadi, dan apa yang terjadi sebenarnya?

Oke, sebelum kita lebih jauh membahas ini, kita harus menemukan lagi apa yang sebenarnya di balik 2 anime ini, yaitu dengan memperbandingkan catatan sumber daya yang digunakan di dalam Idoly Pride juga Wonder Egg Priority. Kita akan menggunakan riwayat catatan produksi (production notes) yang dimiliki oleh Anime News Network. 



Selain itu, kita harus mempertimbangkan bahwa Idoly Pride dan Wonder Egg Priority sama-sama dihadirkan oleh Sony Music Japan, walaupun melalui 2 anak perusahaan yang berbeda, MusicRay'n dan Aniplex. 


Ya, sebenarnya secara pribadi, waktu dapat kesempatan buat nonton 2 series sekaligus dalam satu musim yang sama, sudah terasa bahwa Idoly Pride dan Wonder Egg Priority 'dikendalikan' dalam ruang yang sama, apalagi ketika kita sudah berhasil menemukan catatan-catatan produksi seperti yang sudah ditampilkan di sini. Namun, sebenarnya, apa sesungguhnya efek yang hendak dicapai dari fenomena ini? Mari kita analisis satu per satu. 

Kamu harus tahu, sebelumnya, bahwa di dalam produksi anime, ada beberapa produser dan perusahaan produksi yang lebih suka membangun karyanya tidak berdasarkan pada kualitas atau kepopuleran cerita, seni animasi, maupun reputasi studio animasi yang menjadi partner dalam membangun sebuah karya, melainkan pada sumber daya manusia yang dimiliki dalam sebuah proyek, seperti staff-staff yang menjadi penulis cerita, series compotition, (general) director, chief animation director, sound director, episode director, hingga casting atau para pengisi suara atau seiyuu yang bekerja untuk sebuah anime. 

Perlu diketahui, pada umumnya, perusahaan-perusahaan seperti ini adalah perusahaan yang bisnisnya tidak hanya murni di dalam industri animasi, game, manga, dan light novel saja, melainkan berbagai macam termasuk terlibat di dalam industri musik dan televisi Jepang.
Bahkan, dalam perusahaan-perusahaan yang bekerja di dalam industri animasi, game, manga dan light novel tertentu, profil perusahaannya sebenarnya merupakan anak perusahaan dari perusahaan yang lebih besar, bahkan tidak terlibat langsung dalam industri anime, manga, game, light novel, bahkan industri hiburan di Jepang. Nah, Sony Music Japan, sebuah perusahaan yang bergerak di produksi musik dan artists management, juga melakukan hal yang sama.Untuk management produksi dan aset atas anime, Sony Music Japan membuat sebuah anak perusahaan baru yang disebut sebagai Aniplex. Kemudian, pada perkembangannya, Aniplex turut membentuk studio-studio animasi baru untuk keperluan produksi, maka lahirlah A-1 Pictures yang kemudian disusul A-1 Koenji Studio yang kelak mengalami rebranding menjadi CloverWorks. Nah, Aniplex dan CloverWorks inilah yang bertanggung jawab atas produksi anime Wonder Egg Priority, khususnya dalam keperluan produksi secara umum serta produksi animasinya. 

Nah, sekarang, kita lihat kembali tabel perbandingan antara Wonder Egg Priority dan Idoly Pride ini ... 

Di divisi casting atau voice acting atau sulih suara, ada satu nama yang hadir di 2 anime yang sama, dia adalah Aikawa Kanata. 


Foto kerja Aikawa Kanata.
Copyright 2021 MusicRay'n/Majalah Seiyuu Grand Prix

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita bahas profilnya terlebih dahulu dan mengapa posisinya menjadi sesuatu yang menarik, sampai pada ranah yang berhubungan dengan judul thread ini emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Quote:




MusicRay'n? Idoly Pride? Ooto Ai? Wonder Egg Priority? Yes, anda tidak salah membaca!

MusicRay'n sendiri adalah sebuah perusahaan produksi kreatif, agensi talenta dan label musik, yang dimiliki oleh Kabushiki-gaisha Sony Music Entertainment Japan alias Sony Music Japan itu sendiri!

(Kabushiki-gaisha ini adalah bentuk Perseroan Terbatas versi Jepang). 


Selama ini, MusicRay'n dikenal sebagai perusahaan produksi yang menaungi TrySail (Amamiya Sora, Asakura Momo, Natsukawa Shiina), Sphere (Kotobuki Minako, Toyosaki Aki, Tomatsu Haruka, dan Takagaki Ayahi), halca, CHiCO with HoneyWorks, dan HoneyWorks itu sendiri. 

Nah, pada masa sekarang, MusicRay'n juga dikenal sebagai perusahaan produksi yang membidani Idoly Pride, sebuah idol multimedia project di mana semua anggota TrySail dan Sphere bergabung menjadi cast, tapi juga menjadi sarana debut bagi anggota baru MusicRay'n hasil audisi yang ke-3, termasuk 'si Ooto Ai,' Aikawa Kanata!

Nah! Selamat datang di inti threadnya. 

Kalau kalian membaca dengan seksama dari awal, khususnya dalam kalimat-kalimat yang dibold, khususnya bagi kalian yang telah menonton dan mengetahui bagaimana suksesnya dan hypenya Wonder Egg Priority dan Idoly Pride, baik anime, game dan manga, selama tahun 2021 ini, kalian akan menemukan suatu kesimpulan bahwa Sony sangat powerful di industri-industri ini!


Dari pemilihan tanggal premiere di mana jadwal premiere serial anime Idoly Pride (10 Januari 2021) dan Wonder Egg Priority (13 Januari 2021), pemilihan casting, hingga adanya kesamaan kontraktor dalam teknis produksi animasi Idoly Pride dan Wonder Egg Priority,awalnya membuat saya bertanya-tanya dan merasa heran sendiri, terutama ketika waktu Wonder Egg Priority pertama kali tayang dan menjadi viral hingga ke penggemar anime-anime Jepang di negara-negara Barat di musim Winter 2021 kemarin. 

Kemudian, saya baru memahami sesuatu ... 

Mungkin kalian pernah mendengar Love Live School Idol Project
dan The Idolmaster sebelumnya. 2 franchise media-mix ini menjadi 2 franchise yang cukup sukses dan terkenal di Jepang.

Misalnya saja, Love Live, yang dianggap sebagai proyek atau franchise multimedia paling sukses saat ini di Jepang, sudah mencapai hingga 4 serial sejak diluncurkannya Love Live School Idol Project pada tahun 2011 (10 tahun yang lalu), yaitu µ's /Muse (School Idol Project),  Aqours (Sunshine), Nijigasaki School Idol Doukoukai (Nijigasaki School Idol Club), dan Liella (Superstar), dengan catatan yang tidak dapat diremehkan. 

Quote:


Lalu apa yang bisa dipelajari dari fenomena ini? 
Aku coba melemparkan topik ini kepada semua pembaca, terutama para Kaskuser, untuk mengambil hikmah dari bisnis ini, sebelum aku mengemukakan pandanganku di kemudian hari, sambil kita melatih berpikir kritis agar dapat membangun pemikiran yang sejalan dengan topik.
Barangkali, kita bisa terapkan di industri kreatif negara yang kita cintai ini, Indonesia.


 Pendapat terbaik akan ditaruh di first page dan akan turut dimasukkan dalam konten sambungannya di kemudian hari ... 

Quote:


Diubah oleh teofilusSW 22-08-2021 02:24
jerrystreamer1
EriksaRizkiM
recktry
recktry dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan