5484848Avatar border
TS
5484848
PON XX Papua Bakal Dibagi Jadi 4 Klaster


Halo gan, balik lagi bareng ane nih.
Kali ini ane mau bahas mengenai PON XX Papua 2021 di thread ini.

Perlu agan ketahui, kalau pada pelaksanaan PON kali ini, Papua selaku tuan rumah membagi lokasi penyelenggaraan atau venue menjadi 4 Klaster. Dan 4 klaster itu adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Pertanyaannya kenapa harus dibagi 4 klaster? Jadi begini penjelasannya gan, Papua itu besar banget, lebih besar daripada jawa. Nah pilihannya sebenernya menumpuk semua pada satu klaster/tempat atau membaginya menjadi beberapa klaster. Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing masing. Biar singkat, ane jelasin keuntungan dibagi 4 klaster dulu aja ya.

Kenapa akhirnya diputuskan dibagi jadi 4 klaster? Pertama supaya terjadi pemerataan. Apanya yang rata? Yap, pembangunannya supaya rata. Semua kebagian pembangunan untuk kemajuan daerah.

Dengan dibagi 4 klaster, jadi ada lebih banyak wilayah di papua yang dibangun dan memiliki venue olahraga yang memadai. Kedua, Meningkatkan dampak ekonomis. Dengan dibagi jadi 4 klaster akan ada lebih banyak mobilitas, bukan dari kalangan atlit dan official, tapi dari kalangan jurnalis dan supporter. Kalo sudah ada mobilitas pasti ada transaksi.


Kemudian pembagian klasternya itu sendiri nih gan, jadi kan kita udah tahu ya dibagi 4 klaster. Dan pembagian dan cabang olahraganya tuh kaya gini :

1. Klaster Kota Jayapura menjadi lokasi 15 cabang olahraga dengan 21 nomor disiplin.
2. Klaster Kabupaten Jayapura menjadi tempat 14 cabang olahraga dan 22 nomor disiplin.
3. Klaster Mimika akan mempertandingkan 9 cabang olahraga dan 12 nomor disiplin.
4. Klaster Merauke akan mempertandingkan 6 cabang olahraga dengan 6 disiplin cabang olahraga.


Gimana nih gansis, jadi pada semakin penasaran kan sama gelaran PON Papua di 2021 ini? Yuk kita tunggu gelarannya dan dukung atlet atlet favorit atau atlet dari provinsi kita. Supaya gelaran PON Papua bisa semakin semarak. Untuk informasi yang lebih jelas dan up to date, Agan dan Sista bisa langsung aja kepoin akun media sosial penyelenggara PON di bawah ini, jangan lupa difollow atau subscribe ya biar dapet informasi terupdate langsung diberanda agan :

https://www.instagram.com/ponxx2020p...=1vkmytiud9m4l

https://www.youtube.com/channel/UCK1...V-0LHnhODF9Bwg

https://twitter.com/ponxx2020papua?s=11

https://web.facebook.com/ponxx2020papua

https://www.ponxx2020papua.com/


Diubah oleh 5484848 27-07-2021 08:36
0
546
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan