terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Bukan Adam Dan Hawa? Inilah Manusia Pertama Dari Berbagai Kepercayaan
emoticon-Baby Boy Hi Gansisemoticon-Baby Boy


Gansis tau nggak sih siapa manusia pertama menurut berbagai kepercayaan yang terkenal? Apa benar mereka itu lebih dulu lahir daripada yang dikisahkan dalam perspektif sejarah? Menurut Agama Islam, tentunya manusia pertama di Bumiadalah Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah Swt dari tanah liat. Kemudian, Allah SWT juga menciptakan Hawa untuk menemani sang Adam. Namun, muncul berbagai  kepercayaan terkait dengan manusia pertama di dunia, sejumlah versi menyebutkannya dalam berbagai sudut pandang.

Namun, dalam sejarah, manusia pertama di dunia adalah manusia purba. Maka dari itu, menarik untuk membahas manusia pertama berdasarkan berbagai kepercayaan berikut ini.

Cekidot!


Adam dan Hawa

      
Dalam Agama Islam, Adam adalah manusia pertama dari tanah liat. Allah SWT menciptakan Adam untuk menjadi khilafah di Bumi sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 30. Sebelum turun ke Bumi, Adam tinggal di surga atau taman Eden. Namun, karena kesepian, Allah Swt. menciptakan Hawa yang tercipta dari tulang rusuk Adam. Mereka menikah dan hidup bersama. Namun, karena melanggar perintah Allah Swt., Adam dan Hawa diusir dari Surga secara terpisah.Namun dipertemukan kembali setelah bertahun-tahun. Akhirnya mereka pun memiliki keturunan ketika berada di Bumi.

Swayambu Manu dan Satarupa


    
Menurut agama Hindu, Swayambu Manu dan Satarupa adalah pria dan wanita pertama di dunia. Keduanya dianggap sebagai nenek moyang pada era kehidupan yang pertama. Hal ini mirip dengan Adam dan Hawa dalam agama Islam, Yahudi, dan Kristen.

  Mashya dan Mashyana



   
Mashya dan Mashyana, menurut kepercayaan Zoroastrianisme atau Majusi. Konon, Mashya dan Mashyana adalah pasangan pertama di Bumi hinggasampai saat ini masih  dikenal sebagai nenek moyang mereka para manusia di Bumi.
      Fuxi dan Nuwa

   
Dalam mitologi China, Fuxi dan Nuwa adalah manusia pertama dan keduanya tinggal di Bumi. Menurut sejumlah literatur, tempat tinggalnya berada di  Gunung Kunlun. Melansir idntimes , wujud keduanya yakni setengah ular. Namun, kemudian mereka mengambil tanah dan membentuknya menjadi manusia.   
Pandora


     
Dalam mitologi Yunani, manusia pertama yang tercipta adalah Pandora. Bahkan dia adalah perempuan pertama di dunia. Pandora tercipta dari tanah liat oleh Hephaestus dan menikah dengan Epimetheus, saudara Prometheus. Namun, Pandora mendapat malapetaka ketika suatu waktu dia membuka sebuah kotak yang seharusnya dijaga. Kotak tersebut berisi segala macam kejahatan, kebencian, penyakit, dendam, dan lainnya. Kini, perbuatan itu dikenal sebagai Kotak Pandora.

Askr dan Embla


   
Dalam mitologi Nordik, Askr dan Embla adalah dua manusia pertama. Mereka adalah laki-laki dan perempuan yang diciptakan oleh para dewa. Mereka dibuat dari batang pohon yang ditemukan di pantai oleh tiga dewa yaitu Odin, Vili, dan Vé.

Tiki dan Marikoriko


     

Mitologi Maori  mempercayaibahwa Tiki dan Marikoriko adalah yang pertama. Mereka diciptakan oleh Tūmatauenga, sang dewa peperangan. Tiki dan Marikoriko adalah laki-laki dan perempuan.

 

Jadi apapun kepercayaan setiap umat manusia, kita harus tetap menghargainya ya gansis

 

TS Pamit dulu, Mohon maaf jika ada salah-salah kata

Babayyyemoticon-Traveller



Spoiler for spoiler:



mboh28
cherokeerose
azhuramasda
azhuramasda dan 15 lainnya memberi reputasi
16
14.5K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan