Cloud99Avatar border
TS
Cloud99
[WARNING]Hati-hati dengan tukang servis AC penipu
Hi Agan2,

Mau berbagi informasi mengenai pengalaman pribadi ane sama beberapa tukang penipu service AC yang biasa sebar brosur dirumah.

1. Kejadiannya ditempat ane dulu sering ada pemadaman karena gardu listrik meledak jadi ada pemadaman bergilir. Nah gara-gara listrik sering mati mendadak, jadilah AC ane tiba-tiba beberapa fungsi gak bisa dinyalain, walaupun masih dingin. Ane pikir dari pada tambah parah mendingan dicek aja. Kebetulan ane pernah simpan selebaran servis AC yang ditempel dipager rumah ane. Ane telpon dah tukang AC dan janjian buat ngecek AC..

Singkat cerita dibongkar lah tuh ac.. cek sana-sini katanya modulnya ada yang rusak dan harus ganti semua dengan total 450rb. Ane bilang nanti dulu aja, acnya masih dinging. dan dipasanglah kembali tuh AC.
Anehnya habis dipasang,malamnya AC nya jadi gak dingin. ane baru pakai AC malam karena siang jarang dirumah. Akhirnya ane tanya sama istri ane untuk cari tukan AC lain.dan ketemulah tukang AC Saudara temen istri ane untuk mengecek kembali
.
Pas dicek ternyata ada yang nyumbat saluran pipanya dan modulnya gak rusak. Cukup cabut stop kontaknya dan diemin aja selama 1jam. dan bener aja semuanya kembali normal.
disini ane bersyukur gak ketipu sama tukang AC abal-abal.. selamat 450rb. hehehe.

2. Ane gak kapok nih sama tukang AC yang nempel brosur di pager. kebetulan ac dah 3 bulan belum dicuci dan tukang AC saudara temen istri ane lagi pulkam, jadi terpaksa panggil tukang ac brosur yang lain dengan harapan kali ini bener. dan dipanggillah tukang AC dengan brosur yang beda, datang nyuci. terus dia nanya. begini percakapannya

A= Tukang AC
S= Ane

A: Pak, mau dicek freon juga gak?
S: Oh ok, dicek aja
-------dicek lah unit outdor ane
A: Pak freonnya kurang nih, tinggal 25% mau diisi gak
S: kalau isi berapaan mas?
A: 120rb sampai full pak, kalau gak diisi nanti AC nya cepet rusak kompressornya.
S: Wah mahal banget.. gak usah deh
A: Ya udah pak 75rb aja gpp, dari pada AC bapak rusak.
S: Nanti aja mas, belum punya uang saya..
A: Beneran pak, nanti rusak loh
S: iya gpp
A: Ya udah pak, tapi jangan dihidupin lama-lama ya nanti AC nya rusak.

Nah selesai di cuci, malamnya AC ane gak berfungsi sama sekali. kamar serasa sauna. Akhirnya besoknya ane tanya2 tetangga soal tukang AC yang bisa dipercaya. dan akhirnya dapatlah tukang AC tersebut dan ane minta dicek AC nya.

Habis dicek dibilang freonnya gak apa2 mas, masih full, cuma salurannya aja yang dikecilin, jadi freonnya keluar dikit2. Dia kasih lihat ke ane cara kecilinnya dah cara menormalkan lagi saluran AC yang ada di unit outdoor. ternyata tukang AC sebelumnya sengaja mengecilkan saluran AC agar dikira freonnya kurang.dan akhirnya setelah dinormalkan lagi salurannya, AC nya kembali menjadi dingin.

setelah kejadian ke-dua kali itu ane kapok sama tukang AC yang suka taro brosur dipager rumah ane.

Ane gak generalisasi semua tukang AC yang suka naro brosur di rumah2 itu gak bener. Cuma berhati-hati aja tidak ada salahnya.

Semoga bermanfaat untuk kita semua

Spoiler for Yang senasib:


Dapat ilmu baru nih seputar freon

Quote:

Diubah oleh Cloud99 09-06-2016 01:56
1
35.5K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan