laziestgulzzAvatar border
TS
laziestgulzz
Honai, Rumah Adat Papua Berbentuk Jamur, Tempat Tinggal Khusus Para Pria!

 

Berhubung sebentar lagi PON XXakan diselenggarakan di Papua. Ane jadi tertarik membahas salah satu rumah adat yang unik disana, yaitu rumah adat Honai. Honai adalah rumah adat suku Dani yang tinggal di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Keberadaan rumah adat Honai ditemukan di lembah-lembah dan pegunungan pulau Papua, tepatnya di ketinggian 1.600 hingga 1.700 meter diatas permukaan laut.

 

Honai merupakan rumah mungil yang unik dengan bentuk menyerupai jamur. Rumah ini memiliki bentuk dasar lingkaran dengan rangka kayu berdinding anyaman dengan atap kerucut yang terbuat dari jerami. Dilihat dari udara, rumah ini terlihat seperti jamur berwarkan cokelat yang dibungkus jerami.


 

Saat pertama kali ditemukan oleh Richard Archbold pada 1938, rumah Honai disebut sebagai Grand Valley. Karena material yang digunakan penduduk Suku Dani dalam membuat Honai, 100 persen berasal dari bahan alami dan ramah lingkungan, seperti lantai tanah, dinding anyaman, dan atap jerami.

 

Bentuk rumah dengan atap menutup hingga kebawah ini bertujuan untuk melindungi seluruh permukaan dinding agar tidak terkena air hujan. Jerami juga digunakan untuk meredam hawa dingin agar tidak masuk kedalam rumah.

 

Honai tidak memiliki jendela seperti kebanyakan rumah adat lainnya. Hal ini bertujuan untuk menutup celah udara dingin masuk, mengingat suhu disana bisa mencapai 10 hingga 15 derajat celcius pada waktu malam.




 

Honai didesain memilikidua lantai didalamnya. Lantai pertama biasanya digunakan untuk tempat tidur, sedangkan lantai kedua sebagai ruang makan dan aktivitas keluarga lainnya. Walau begitu, rumah adat honai ini hanya boleh ditempati oleh pria. Perempuan diharamkan masuk ke rumah Honai, sekalipun sudah menikah. Para perempuan akan menempati rumah Ebeái dan kandang binatang yang disebut sebagai Wamai.

 

 

Diubah oleh laziestgulzz 25-04-2021 09:24
pulaukapok
antonov07
evywahyuni
evywahyuni dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan