yoshinta.yoshiAvatar border
TS
yoshinta.yoshi
Penyelenggara PON, Dari Solo Hingga Papua!!

Pekan Olahraga Nasional (PON) adalah gelaran pesta olahraga terbesar tingkat nasional di Indonesia. Pelaksanaannya rutin dilakukan setiap empat tahun sekali dibawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Kota pertama yang menjadi lokasi perdana penyelenggaraan PON adalah Solo, pada tahun 1948. Dulu, ajang ini diselenggarakan dengan cara sederhana dengan berbagai keterbatasan dan hanya diikuti oleh atlet-atlet dari Pulau Jawa. 600 atlet dari 13 Kota dan Keresidenan diturunkan untuk bertanding memperebutkan juara dalam berbagai cabang olahraga.
Sampai 2016, PON telah diselenggarakan sebanyak 19 kali. PON XX yang semula akan dilaksanakan pada tahun 2020, terpaksa harus ditunda karena pandemi covid19 yang terus merajalela. Hingga pada tahun 2021 inilah baru didapat kepastian bahwa PON XX akan digelar pada 2 Oktober 2021 di Jayapura, Papua. Sebelumnya, pada tahun 1965 PON VI juga pernah sampai dibatalkan karena kondisi politik dalam negeri yang tidak stabil akibat dampak peristiwa G30S.

Dibawah ini adalah peta penyelenggara PON dari tahun 1948 sampai sekarang.

Spoiler for spoiler:



PON XX Papua rencananya akan diikuti oleh 6.442 atlet pada 37 cabang olahraga. Sampai saat ini, seluruh kontingen dari 34 provinsi telah menyatakan kesiapannya mengikuti PON XX. Informasi lainnya terkait dengan PON XX 2021 Papua dapat dilihat pada website resminya disini.

Dua hewan khas Papua dipilih menjadi maskot PON XX, yaitu Kangpho dan Drawa. Kangpho atau kepanjangan dari Kanguru Pohon merupakan hewan langka yang ada di Papua. Ternyata, Kanguru tidak hanya ada di Australia, ya.
 
Sedangkan Drawa yang berasal dari kata Cendrawasih atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Paradisaea Raggiana, yaitu jenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang 34 cm.
 
PON XX memiliki tagline Torang Bisa! (Kami bisa) yang bermakna sebagai penyemangat khas Papua untuk mengobarkan semangat kepada para atlet yang akan bertarung pada PON XX.
 


Diubah oleh yoshinta.yoshi 23-03-2021 12:30
0
539
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan