diraraAvatar border
TS
dirara
Benarkah lagu Yamko Rambe Yamko Bukan Berasal Dari Papua?

Hai!

 
Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papuayang sempat tertunda karena pandemi covid-19, akhirnya tahun ini mendapat kepastian akan diselenggarakan. Tepatnya pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Karena sering baca informasi tentang PON XX Papua, ane jadi tertarik dengan banyak hal tentang Papua nih. Mulai dari wisata sampai budayanya.
 
Kali ini ane pengen membahas tentang salah satu lagu daerah yang terkenal dari Papua, yaitu Yamko Rambe Yamko.
 
Kalian tau ngga sih kalo lagu Yamko Rambe Yamko yang dikenal berasal dari Papua ternyata bukan menggunakan bahasa Papua. Loh! Kalo bukan bahasa Papua, lantas pake bahasa mana? Dan kenapa lagu ini bisa terkenal menjadi lagu Papua? Kita bahas bareng
 
Banyak netizen yang menyatakan bahwa lagu tersebut tak berasal dari Papua. Dosen Antropologi Universitas Cenderawasih (Uncen), Agus Samori mengungkapkan lagu Yamko Rambe Yamko merupakan lagu yang tumbuh dan berkembang di Papua, tapi untuk bahasanya sendiri belum diketahui berasal dari mana.

Lebih lanjut pemerhati seni musik di Papua itu menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan lagu tersebut memang asli Papua. Serta belum dikethaui bahasa yang digunakan itu dari suku mana di Papua.
 
 
Dia mencontohkan, kata "hey" merupakan hentakan yang menunjukkan semangat. Tapi lirik setelahnya, yaitu "yamko rambe yamko aronawa kombe" tidak diketahui dari bahasa mana. Agus menjelaskan, dari segi melodi, lagu ini mirip dengan lagu-lagu di selatan Papua, yaitu dari Merauke sampai Boven Digoel.
 
Menurutnya, lagu itu populer di Papua dilihat dari 2 peristiwa, yaitu sejak zaman penjajahan dan penyebaran guru Injil dari daerah Ambon, Maluku. Dia mengatakan asal mula lagu ini bisa diteliti. Misalnya oleh Balai Bahasa Papua. "Nantinya akan dilihat kata per kata, apakah yamko itu satu kata atau yamko rambe yamko itu satu kata. Lalu dari bahasa mana. Papua memiliki ratusan bahasa," katanya lagi. Untuk menelaah Yamko Rambe Yamko menurutnya bisa juga dilihat dari tangga nada yang dipakai. "Lagu di Papua biasanya hanya memakai 5 not, yaitu do re mi sol la.
 
Sementara itu fa dan si tidak ada, karena itu melodi eropa," paparnya. Dia melihat dalam lagu Yamko Rambe Yamko yang ditemukan hanya 5 not. Itu sama dengan yang ditemukan di lagu lain terutama di daerah teluk atau selatan Papua.

sumber
 


kakekane.cell
kakekane.cell memberi reputasi
-1
1.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan