Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Waduh! Haji 2021 Dilangsungkan Tanpa Batasan, Benarkah?




Hallo Agan Sista, menjalankan ibadah haji saat sudah mampu tentu menjadi impian besar bagi umat islam. Termasuk orangtua ane, ataupun ane sendiri.

Bicara tentang ibadah haji, tentu di zaman pandemi covid19 akan berbeda dibandingkan di waktu sebelum pandemi. Termasuk jumlah jamaahnya tentu tak bisa disamakan ketika kondisi normal. Sangat disayangkan memang, kuota yang sedari awal terbatas setiap tahunnya itu, di masa pandemi semakin dibatasi. Sedangkan yang mengantri untuk menjalankan salah satu rukun islam itu begitu banyak.



Belum lama ini beredar pesan berantai yang berisikan informasi bahwa ibadah haji 2021 akan dilangsungkan tanpa batasan. Tak tanggung-tanggung, pada pesan tersebut dituliskan bahwa raja Salman langsung yang meyakinkan informasi ini. Mendengar berita ini, tentu banyak jamaah yang terlanjur bergembira, hingga kabar tersebut diteruskan berkali-kali dari Whatsapp ke Whatsapp.



Menyikapi berita viral ini Kementerian Agama langsung memutuskan untuk bersilaturahim dengan Duta Besar Arab Saudi, Esam bin Ahmad bin 'Abid at Tsaqafi di kantornya.

Melalui pertemuan tersebut didapatkan informasi bahwa berita akan diadakannya ibadah haji 2021 tanpa batasan, merupakan berita yang tidak jelas, dan hoax.

Masih pada pertemuan itu, Duta Besar Arab Saudi tersebut menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi negara pertama yang menerima informasi kepastian haji 2021.



Tak hanya Kemenag, Kominfo-pun ikut menyatakan bahwa berita diberlangsungkannya haji 2021 tanpa batasam tersebut adalah Disinformasi (HOAX).



Nah, jadi buat yang udah pada ngantri mau berangkat haji mohon bersabar dulu ya. Tunggu saja informasi resmi dari Kemenag. Belajar dari kasus ini dan kasus yang terbukti hoax lainnya. Ayolah bersama-sama kita menjadi manusia yang cerdas dalam memilah dan meneruskan informasi.

Kalaupun ada ketemu pesan yang kurang jelas sumbernya, janganlah latah untuk meneruskan ke Whatsapp keluarga atau grup lainnya. Periksa sumber informasi tersebut. Lebih baik lagi jika setelah memastikan berita tersebut HOAX untuk segera mengedukasi si penerus pesan. Dengan demikian bersama kita bisa untuk menyetop peredaran berita HOAX. #HansipHoax

referensi : Kemenag.go.id

Gambar : Google
Junmai92
senjakita09
nibrasulhaq
nibrasulhaq dan 39 lainnya memberi reputasi
40
4.6K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan