Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adininggarVirAvatar border
TS
adininggarVir
Komcad Penting Bantu Pertahanan Negara, Cek Negara Lain Ya

Bicara keamanan negara sudah serahkan saja kepada ahlinya. Toh, mereka paham apakah negara itu dalam keadaan bahaya atau tidak.

Ketika eskalasi ancaman pada negara sudah bergerak menuju derajat yang membahayakan.

Secara paralel negara pasti akan membutuhkan sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melindungi kepentingan negara, oleh karenanya menjadi logis bila dibuat instrument yang berujud undang-undang khusus yang mengatur sumber daya nasional pertahanan Negara, untuk mendukung kekuatan TNI. 

Kalau soal pertahanan negara penting. Ini skala prioritas yang harus dilakukan. Seperti pembentukan Komponen Cadangan (Komcad).

Komcad ini merupakan perintah Presiden Joko Widodo. Yang memegang tanggungjawab adalah Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Saat ini Kemhan RI sedang menyusun draft RUU Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara sebagai payung hukum yang demokratis bagi negara dalam menggunakan sumber daya nasional bagi pertahanan negara.

Jadi kalau sudah dibuat seperti ini, sesuatu hal yang urgent. Penting banget. Ketika suatu saat negara dalam keadaan genting. Susah untuk membuat Komcad. Yang ada fokus dalam situasi genting.

Kalau ada yang biaca soal tidak penting. Dipastikan tidak paham soal pertahanan negara.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa hampir setiap Negara telah mempunyai instrument Komponen Cadangan baik yang berkategori Wajib Militer maupun yang sifatnya Militer Sukarela.

Sebagaimana Malaysia dengan Askar Wataniah, Singapura dengan National Service, Amerika Serikat mengubah wajib militernya dari conscript menjadi voluntir kemudian berubah pada tahun 1973 menjadi Milsuk (militer sukarela) Komcad AS tercatat ada sejak masa awal kemerdekaan, ketika militia terlibat dalam perang kemerdekaan dan tentara reguler dibentuk.

Saat ini AS memiliki 1,1 juta Komcad, yang merupakan 45 % dari total militer AS. AS memiliki 5 Komcad Federal (Komcad Angkatan Darat (US Army Reserve), Komcad Angkatan Laut(US Naval Reserve), Komcad Angkatan Udara(US Air Force Reserve), Komcad Korp Marinir (US Marine Corps Reserve), dan Komcad Garda Penjaga Perairan (the US Coast Guard Reserve) serta mengorganisir militia (Garda Nasional Darat (Army National Guard) dan Garda Nasional Udara (Air National Guard) yang bisa dikerahkan untuk pelayanan Federal maupun negara bagian.

The Coast Guard adalah pasukan militer di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri (Department of Homeland Security) yang hanya memiliki fungsi pertahanan di masa perang. Seluruh Komcad bersifat sukarela, mereka bukan wajib militer (military conscripts).

Di Inggris wajib militer, disebut dengan dinas militer dan diatur dengan undang-undang dinas nasional tahun 1948, dan tahun 1963 berganti menjadi voluntir, sejalan denga Inggris dan Amerika Serikat pada tahun 2011 Jerman juga mengubah wajib militer menjadi voluntir, Mesir menerapkan wajib militer bagi warga negaranya yang sudah berumur 18 sampai dengan 30 tahun, sedangkan Indonesia masih dalam proses dalam program legislasi nasional. 


Sumber : Kemhan.go.id 
Diubah oleh adininggarVir 18-02-2021 06:25
0
2.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan