Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pendaki Pemula, Saat Liburan Jangan Pilih Lokasi Ini Kalau Ingin Mendirikan Tenda!


Hobi orang memang beda-beda, ada yang suka main motor, ketangkasan, piara hewan, merawat tanaman, dan lain sebagainya. Termasuk salah satunya adalah muncak atau naik gunung, tentu ini hobi yang menantang dan sangat menyenangkan.

Tantangan demi tantangan melibas medan yang naik dan turun membuat  setiap perjalanan pemula membutuhkan tenaga super ekstra dan waktu istirahat lebih lama.

Yang perlu diingat adalah ketika sudah benar-benar lelah sebaiknya jangan asal mendirikan tenda, terebih di hutan yang belum kita kenal atau masih jarang di jamah manusia.

Kisah mistis pun tak lepas selama dalam perjalanan di temui oleh para pendaki, jadi agar semua bisa berjalan dengan nyaman, tidur maksimal, dan tidak salah tempat mendirikan tenda ada baiknya ketahui beberapa hal di bawah ini. Cekidot, gan!


HAL PERTAMA



Pilih tanah yang tidak terlalu keras atau terlalu lembab. Namanya sedang berada di luar ruangan cuaca bisa saja berubah secara ekstrem.

Dari awalnya cerah tiba-tiba datang hujan deras, tanah yang terlalu lembab menyulitkan kita saat hujan semakin deras, bisa jadi kita berada di tengah-tengah 'palung' sungai yang kering. Bahaya jika tiba-tiba ada tumpahan air yang deras.


Sedangkan bila memilih tanah yang terlalu keras sederhananya adalah akan menyulitkan kita saat menancapkan pasak tenda. Tanah yang cadas akan semakin menguras tenaga kita, ini tidak disarankan karena tenaga dan air sangat dibutuhkan saat mendaki.



HAL KEDUA



Carilah permukaan tanah yang sebisa mungkin permukaannya rata dan berumput, meskipun jarang ditemukan permukaan tanah yang benar-benar rata tanah dan berumput setidaknya tidak ada gundukan batu atau akar-akar besar yang apabila tikar atau karpet di gelar tidak ada ganjalan yang akan mengganggu istirahat kita.

Hindari juga tanah yang gembur, permukaan tanah yang miring karena tentu saja membuat tidur kita semakin tidak nyaman, jikapun terpaksa posisikan bagian kaki berada dibagian menurun dan kepala berada di bagian tertinggi permukaan tanah.


HAL KETIGA



Pilihlah lokasi yang benar-benar tenang dan jauh dari gangguan. Periksalah kondisi sekitar dengan cara berkeliling, apakah sudah cukup memenuhi syarat untuk mendirikan tenda.

Penting juga untuk menghindari jalur traking atau rute pendakian karena di jam-jam tertentu biasanya akan ada pendaki yang lewat. Sapaan atau suara-suara langkah mereka biasanya cukup mengganggu waktu istirahat kita.


HAL KEEMPAT



Menghindari dataran yang tepiannya terlalu rendah atau bahkan jurang, tentu saja sangat tidak dianjurkan. Kita sudah tahu seperti apa bahayanya jika kita sampai terperosok atau jatuh ke jurang, lagi enak-enak mimpi indah tiba-tiba kita sudah di berada di dasar jurang tentu bukan kemauan kita semua, kan.



HAL KELIMA



Tentukan konsep mendirikan tenda, apakah ingin suasana yang tenang ataukah ingin suasana kebersamaan. Tentu mudah kita tebak kita butuh ketenangan dan menghindari suara-suara gaduh yang timbul dari tenda 'sebelah', lenguhan, lolongan, atau derik hewan yang sepertinya sepanjang malam enggan berlalu.

Selain mengganggu jam istirahat kita, juga akan membuat fisik dan fikiran tidak fresh esok harinya. Qualitas tidur kita jadi memburuk karenanya.



HAL KEENAM



Jangan terlalu jauh dari sumber mata air. Air penting bagi kebutuhan manusia, tentu saja disaat yang tidak terduga air benar-benar dibutuhkan daripada sumber karbohidrat, untuk itu air harus selalu tersedia oleh para pendaki dikondisi apapun.


HAL KETUJUH



Sebelum benar-benar mendirikan tenda perhatikan datangnya arah angin lebih dominan kemana. Setelah itu dirikanlah tenda dengan arah pintu menghadap berlawanan arah dari datangnya angin.

Tujuannya agar pintu tenda tidak sering kemasukan angin, terlebih angin malam cukup berbahaya dan mengundang hewan datang ke tenda karena mencium aroma yang mereka sukai.



HAL KEDELAPAN



Lokasi yang dianggap horor. Ini sih tidak perlu di jelaskan panjang kali lebar, untuk itu ketahui informasi di post sebelumnya atau cari info dari teman-teman sesama pendaki, biasanya mereka akan memberitahu.

Lokasi lain yang cukup mencurigakan adalah jangan terlalu dekat dengan lokasi dimana hewan buas seperti harimau atau babi tinggal, lebih baik menjauh dan cari lokasi yang benar-benar aman.


Buat @lapar.bangsegini cukup?emoticon-Big Grin

Referensi.sebuah opini, teman pendaki
Img.google img






Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Diubah oleh iskrim 19-12-2020 13:25
l4r20
silent.keeper
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.3K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan