Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jnychu89Avatar border
TS
jnychu89
Tokopedia Mem-blokir Toko Sesuka Hati Tanpa Bukti !
Salam kenal nama saya Jennifer Belinda pemilik salah satu toko di aplikasi Tokopedia. Saya sudah berjualan di Tokopedia sejak 2015 dan berlangganan Gold Merchant sejak dulu (lupa pastinya) yang kemudian saat ini berubah nama menjadi Power Merchant.

Saya mau berbagi cerita yang saya alami bersama Tokopedia, sbb :
1. Februari 2019 toko saya di moderasi dengan alasan melanggar syarat dan ketentuan tokopedia menjual produk dengan foto-foto vulgar (foto sexy dengan model) namun sempat saya sanggah dan bertanya kepada Tim Tokopedia Care : Kenapa official store bisa menjual produk kategori yang sama dengan saya dan dengan model sexy tapi toko Power Merchant tidak boleh ? Dan sampai saat ini tidak ada alasan karena Tim Tokopedia Care Selalu menjawab bahwa : Toko telah melanggar syarat dan ketentuan point "sekian" dan diulang-ulang terus menerus sampai saya mengalah mengganti semua foto produk dengan patung atau non model.

2. April 2020 Toko saya diblokir / dibanned permanen dengan alasan sudah melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia yaitu "Duplikat item, Duplikat Toko, Manipulasi Produk dan Penyalahgunaan Toko" , dimana toko yang dituduh saya menduplikat adalah Toko saya sendiri yang tidak ada transaksi berjualan sama sekali, dan hanya 1 (satu) produk yang dipermasalahkan tapi Toko saya langsung diblokir permanen tanpa ada bukti dari tim investigasi maupun CS. Saya sudah menghapus 1 (satu) produk tersebut yang dimaksud dan menutup Toko tersebut. Alasan saya membuat Toko Duplikat adalah berencana menjual produk kategori lain agar tidak campur dengan Toko saat ini dan saya sudah buat Toko tersebut sangat lama, saya mencoba upload 1 (satu) barang serupa juga sudah lama hanya coba-coba tapi diindikasi sebagai duplikat dan Toko asli saya diblokir permanen dengan alasan meniru Toko sebelah (Toko saya sendiri) yang tidak ada transaksi penjualan.
Saya minta bukti lain saya tanya berkali-kali pun tetap jawabannya seperti itu, saya tanya produk yang mana lagi? hanya dijawab “Toko melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia point "sekian".
Apakah begini cara Tim Tokopedia Care handle nya? Toko saya tidak pernah ada masalah, sudah Gold II dan reputasi Toko bisa dibilang sangat bagus dengan bintang 4.6 tapi diblokir seenaknya oleh Tokopedia tanpa kejelasan dan bukti. Saya bahkan tidak diberi ruang untuk bertanya diblokir permanen atas dasar apa ? Masa iya hanya karena 1 (satu) item yang sama persis Tokopedia main blokir permanen ? Apalagi toko yang dituduh adalah toko yang sama sekali tidak ada transaksi.
Kemudian saya malah disarankan oleh Tim Tokopedia Care untuk berjualan di toko yang dituduh saya duplikasi. Sangat lucu bukan solusi yang diberikan padahal dalam kasus ini Tokopedia tidak tahu kalau toko tersebut 1 pemilik karena nomor HP, email jelas saya bedakan. Anggap saja saya tidak kenal dengan toko satunya yang tidak ada transaksi, apakah memang begitu cara Tokopedia Care memberikan solusi meminta Toko yang sudah reputasi bagus berjualan di toko orang yang tidak ada reputasi sama sekali ? Alasan nya apa saya diminta berjualan di "Toko Orang Lain" ? Sampai saat ini tidak ada jawaban atau tanggapan maupun bukti nyata atas tuduhan Tokopedia sehingga Toko saya diblokir permanen. Namun setelah 1 minggu lebih toko saya dibuka kembali tanpa ada embel- embel permintaan maaf maupun penjelasan apapun dari Tokopedia.



Spoiler for SS Moderasi:




Spoiler for SS Moderasi:



3. Toko saya kembali dimoderasi pada tanggal 30 Juni 2020 dengan alasan pelanggaran foto produk dengan model secara berulang-ulang. Padahal hanya ada 2 produk yang saya pasang foto model dan itupun 3 hari setelah upload dihapus oleh Tokopedia. Dengan kata lain toko saya bersih dan saya ajukan Buka Toko karena dimoderasi tidak permanen. Tapi saya ajukan juga melalui fitur chat dan pesan bantuan tanggapan tokopedia selalu : Menanggapi pernyataan Ibu, seperti yang sudah rekan Nuna sampaikan sebelumnya bahwa toko Ibu sudah terbukti melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia secara berulang dan melebihi batas toleransi, maka dengan berat hati kami tidak bisa bantu buka toko Ibu kembali ya. 
Kedepannya agar kendala ini tidak terulang kembali, Nuna sarankan Ibu untuk memastikan kembali syarat dan ketentuan Tokopedia pada halaman [url]https://www.tokopedia.com/terms#item [/url]

Saya ajukan berkali-kali untuk meminta toleransinya mengingat kejadian kedua sebelumnya bukan salah saya tapi tidak ada tanggapan dan tetap akan diblokir permanen. Tanpa basa basi pesan bantuan pun ditutup setelah menjawab permohonan saya yang diulang-ulang tanpa ada penjelasan lebih lanjut.


Spoiler for SS Moderasi 2:




Spoiler for SS Moderasi 2:




Spoiler for SS Moderasi 2:




Dan tidak satu kalipun Tokopedia memberikan tanggapan untuk Official Store yang berjualan produk serupa dengan saya menggunakan foto Full Model dan Vulgar berikut foto-foto Official Store.


Spoiler for SS Official Store:




Spoiler for SS Official Store:




Spoiler for SS Official Store:




Spoiler for SS Official Store:


Saya merasa sangat kecewa hanya karena 2 produk dan langsung dihapus Tokopedia tapi toko saya tetap dimoderasi permanen dan Toko yang saya bangun dengan jerih payah sudah lebih dari 5 tahun sejak tahun 2015. Ribuan transaksi berikut ulasan positif yang saya selalu usahakan dari pembeli tidak dihargai sama sekali. 


Demikian saya sampaikan perihal Tim Care Tokopedia yang sama sekali tidak ada tanggung jawab dan tidak profesional dalam memberikan masukan dan penanganan masalah.

Saya harap ada tanggapan dari Tim Tokopedia Care berupa bukti-bukti bukan kata-kata pengulangan telah melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia sebelum melakukan tindakan Blokir Permanen dan juga ketegasan untuk penjual-penjual lain yang menjual produk serupa tapi tidak pernah dimoderasi satu kalipun.

Saya juga membaca beberapa surat terbuka beberapa Toko yang dimoderasi semena-mena dengan indikasi menjual produk terlarang point A, B, C tapi official store boleh menjual. Sangat aneh sekali ya platform bisa begitu sentimen nya dengan penjual-penjual lama tapi Official Store diizinkan. Dan jika semua kategori ada celah untuk dimoderasi lebih baik Tokopedia tidak perlu jadi platform jual beli. Bukannya membantu mitra kecil malah menjerumuskan para penjual kecil !

Besar harapan saya tokopedia bisa melepaskan toko saya dari status moderasi dan juga tidak semena-mena moderasi tanpa ada bukti jelas. Jika memang saya memasang semua foto 600 produk dengan model, bisa dianalisa dengan logika bagaimana mungkin saya bisa ajukan Buka Toko dihari yang sama hanya dalam waktu beberapa jam setelah terkena moderasi.
Diubah oleh jnychu89 31-05-2020 16:27
anang165
nona212
abau.
abau. dan 2 lainnya memberi reputasi
3
5.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan