Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hasbyduryeaAvatar border
TS
hasbyduryea 
Kegiatan Pemuda Bogor Membuat Obor Tradisional Menyambut Bulan Suci Ramadhan


Menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H para sekelompok pemuda mengadakan pembuatan obor tradisional yang akan diletakkan disepanjang jalan di kampung Bubulak Gang Pesantren di seluruh wilayah RW 03 Kelurahan Ciluar kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.

Tradisi ini sudah lama dari turun menurun untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H bulan yang penuh berkah penuh ampunan dari Allah SWT. Proses Pembuatan lampu obor ini dipimpin langsung oleh ketua pemuda Agus Setiawan didampingi oleh ahlinya pembuat obor tradisional Muhayar.

Proses buatan obor tradisional di ikuti para pemuda yang ikut membantu pembuatan lampu obor tradisional dari RT 01, RT 02, RT 03 RW 03 kelurahan Ciluar kecamatan Bogor Utara. Semua alat yang dipergunakan sangat sederhana dari bambu. Anggota pemuda mencari dari kebon bambu yang ada disekitar kampung tempat mereka tinggal dan sebagian pemuda mencari botol botol bekas minuman yang terbuat dari kaca sehingga bisa dipergunakan untuk lampu penerangan yang sangat sederhana.

Hanya sebagian alat yang dibeli seperti sumbu dan minyak tanah untuk bahan yang tidak bisa dicari mereka rela patungan buat alat yang gak bisa dicari seperti sumbu dan minyak tanah. Walaupun Sekarang ini minyak tanah sangat sulit didapatkan para pemuda dari kampung Bubulak Gang Pesantren RW 03 Kelurahan Ciluar kecamatan Bogor tetap semangat untuk mendapatkan minyak tanah dan membelinya.

Dengan menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H bulan penuh berkah ini para pemuda dengan penuh semangat untuk proses pembuat obor tradisional dengan alat seadanya seperti gergaji, golok, pisau dapur dan gunting semuanya Dikerjakan dengan gotong royong kumpulan pemuda RW 03.

Setelah nantinya pekerjaan obor selesai ketua pemuda Agus Sutiawan memberi intruksi kepada seluruh anggota pemuda untuk menaruh di sepanjang jalan pintu masuk mulai dari gapura sampai jlan setapak yang ada di kampung Bubulak Gang Pesantren RW 03 kelurahan Ciluar kecamatan Bogor Utara, “Obor obor tradisional tersebut dinyalakan sesudah berpuka puasa jam 18.00 wib sampai jam 22. 00 wib untuk menjaga hal hal yang tidak dinginkan seperti kebakaran dan sebagainya, maka obor obor tersebut selalu dikontrol di batasi waktunya untuk menyalakan dan memadamkanya sampai batas yang sudah ditentukan oleh ketua pemuda Agus Setiawan.” Tutur Agus Setiawan.

Semoga warga masyarakat bisa menikmati bulan suci Ramadhan 14411 H dengan nyala nya obor obor tradisional ini yang selama bulan puasa selalu ada di kampung Bubulak Gang Pesantren RW 03 kelurahan Ciluar Kecamatan Bogor Utara dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT serta bisa menjalankan ibadah puasa dengan penuh ikhlas sabar dan semoga dibulan bulan suci Ramadhan 1441 H ini Kampung Bubulak Gang Pesantren Kelurahan Ciluar Kecamatan Bogor Utara dijauhkan dari bahaya bencana, kejahatan dan dijauhkan dari wabah corona ( covid 19 ) yang saat ini menimpa seluruh dunia termasuk Indonesia.
nyimak92
grander
nona212
nona212 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
637
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan