Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asikesokasikAvatar border
TS
asikesokasik
Begini Mengatasi Kontaminasi Silang di Kulkas


Kamu pernah mendengar istilah kontaminasi silang? Ini merupakan sebuah proses perpindahan bakteri dari makanan mentah ke makanan siap santap. Tentu kamu nggak ingin ini terjadi di kulkasmu dong, salah satu cara untuk mengindarinya juga bisa dengan menghindari penggunaan talenan yang sama untuk makanna mentah dan makanan jadi. Untuk kulkas, beberapa tips berikut bisa kamu praktekan lho!


Daging dan ikan

Simpan kedua bahan makananmu ini dalam wadah yang tetutup dan kedap udara, karena kalau nggak tingkat kontaminasi dari kedua bahan ini bisa membahayakan produk makanan lainnya yang kamu simpan dalam kulkas. Kalau nggak ada kamu bisa menggunakan piring lalu tutup dengan plastic wrap.


Produk susu

Berikutnya ada produk susu yang cukup mudah rusak kalau nggak disimpan dengan benar, kerusakan produk susu juga bisa bikin kontaminasi silang lho di kulkas. Makanya simpan juga semua produk kaya keju, yoghurt, dan susu di dalam kotak yang memang bawaan dari produk tersebut atau simpan di wadah tertutup


Sayuran dan buah-buahan

Simpan buah-buahan dan sayuran di laci yang memang khusus untuk kedua jenis bahan makanan ini, gunakan plastic wrap untuk beberapa jenis sayuran. Hindari untuk mencuci buah dan sayuran sebelum disimpan, karena justru akan membuatnya lembab dan mudah rusak.


Makanan sisa

Mungkin hari itu kamu masak dan masih ada sisa, sayang untuk dibuang karena masih bisa dihangatkan untuk besok. Kamu boleh-boleh saja menyimpannya di dalam kulkas, tapi usahakan untuk menyimpannya di dalam wadah tertutup atau tutup dengan plastik wrap sebelum disimpan dalam kulkas, hindari juga meletakkannya bersebelahan dengan produk mentah


NadarNadz
eyefirst2
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
531
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan